Semakin bertambahnya usia, tubuh pun semakin rentan. Agar kesehatan tetap terjaga, minum air putih di pagi hari menjadi salah satu tips yang dapat diterapkan. Mengapa demikian? Tentunya, ada beberapa alasan kamu harus minum air putih di pagi hari seiring bertambahnya usia.

Pada dasarnya, sebagian besar tubuh terdiri dari air. Untuk itu, pemenuhan kebutuhan cairan memang diperlukan. Meski terdengar sepele, tetapi kebiasaan mencukupi kebutuhan air setiap harinya termasuk sulit dilakukan, lho.

Dilansir dari WebMD, semakin lanjut usia, seseorang akan semakin sulit mengenali rasa haus. Saat tidak merasa haus, orang pun cenderung tidak minum. Kondisi ini pun bisa mengarah pada dehidrasi. Diketahui, setidaknya seseorang perlu memenuhi kebutuhan cairan sekitar 6-8 gelas per-harinya.

Berikut ini alasan mengapa kamu mesti rajin minum air putih di pagi hari seiring bertambahnya usia.

 

 

Mengurangi Buang Air Kecil di Malam Hari

Credit Image - alodokter.com

Selain menghindari dehidrasi, minum air putih di pagi hari akan mengurangi frekuensi kencing di malam hari. Menurut Christie E. Kistler, profesor rekanan di divisi kesehatan geriatri di UNC School of Medicine, pada malam hari orang lebih cenderung khawatir bangun untuk ke toilet, jadi orang membatasi cairan untuk menghindari buang air kecil.

Kebiasaan membatasi cairan di malam hari pun bisa memicu dehidrasi. Namun, dengan minum air putih di pagi hari, kamu sudah mulai memasok cairan buat tubuh sehingga saat malam konsumsi cairan tidak perlu banyak.
 

Menjaga Suhu Tubuh

Orang berusia lanjut kerap dihadapkan pada cuaca ekstrem seperti panas. Suhu tubuh yang meningkat akan memengaruhi kesehatan jantung dan ginjal. Dengan hidrasi yang terjaga, organ-organ tubuh akan terhindari dari tekanan cuaca ekstrem.
 

Mengeliminasi Racun Tubuh

Credit Image - rey.id

Aktivitas buang air kecil merupakan salah satu mekanisme tubuh mengeliminasi racun. Namun, ini tidak akan terjadi kalau kamu dehidrasi.

Racun tubuh, termasuk urea, akan menumpuk dan memicu masalah, termasuk gangguan elektrolit dan infeksi saluran kemih. Segelas air putih di pagi hari akan membantu menyiram kandung kemih dan membuang racun tubuh.
 

Melindungi Kesehatan Jantung

Cukup melakukan kebiasaan sesederhana minum air putih di pagi hari, kamu sudah turut menjaga kesehatan jantung. Air diperlukan untuk operasional organ-organ tubuh, termasuk jantung. Dalam studi yang dipresentasikan di European Society of Cardiology Congress 2021 menyebut, hidrasi yang baik akan membantu mencegah gagal jantung.

 

Mendukung Daya Ingat

Credit Image - clobas.co.id

Pelupa hingga pikun kerap dimaklumi saat terjadi pada orang dengan usia lanjut. Padahal, pikun bukan hal yang normal. Salah satu cara menjaga daya ingat adalah dengan hidrasi cukup. Saat tubuh kekurangan cairan, otak terkena dampak cukup berat. Kamu akan mengalami kesulitan dalam mengingat, kebingungan, dan kadang disorientasi.

 

Membantu Menjaga Berat Badan

Karena hambar, orang kerap mengganti air putih dengan minuman berpemanis. Anggapannya, minuman ini sama-sama memberikan hidrasi buat tubuh. Padahal, minuman berpemanis bak kalori kosong yang dimasukkan ke tubuh.

Minuman ini mengandung kalori tanpa nutrisi berarti. Artinya, minuman malah bisa memicu kenaikan gula darah serta masalah-masalah kesehatan lain. Justru, air putih terbilang aman, sebab tidak menambah kalori tubuh, tetapi memberikan kepuasan lebih sehingga kamu terhindari dari makan berlebihan.

Jadi, menjaga berat badan tetap sehat jadi salah satu alasan harus minum air putih di pagi hari.

Tidak hanya dengan minum air putih yang cukup – agar kesehatan tubuh tetap terjaga, kamu disarankan untuk menerapkan kebiasaan sehat lainnya, seperti memiliki pola makan bergizi seimbangrutin berolahraga, hingga istirahat yang cukup.

Kemudian, yang tidak boleh dilupakan, kamu juga disarankan rutin mengonsumsi multivitamin yang mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks, seperti multivitamin dari Enervon.

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Dan tentunya, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C – dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas ya!

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg, lho. Keduanya sama baiknya untuk kesehatan tubuh.

Bagimu yang punya masalah lambung sensitif, direkomendasikan minum Enervon Active – yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan imunitas tubuh.

Selain menjaga daya tahan, kandungan vitamin B kompleks di dalam multivitamin Enervon juga dapat memaksimalkan metabolisme makanan, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama.

Nah, untuk memperoleh produk Enervon yang tepat, kamu bisa segera kunjungi official store-nya di Tokopedia, ya!

 

Jadi, itulah alasan mengapa kamu mesti rajin minum air putih di pagi hari setelah bangun tidur, apalagi seiring bertambahnya usia.

 



Featured Image – klikdokter.com

Source – cnnindonesia.com