Apakah kamu tahu bahwa Indonesia berada di peringat kedua dengan negara paling banyak membuang sisa makanan di dunia? Berdasarkan Food Sustainability Index 2017, mengungkap bahwa Indonesia menepati urutan kedua setelah Arab Saudi untuk negara dengan kategori limbah makanan yang terbuang.

Selain ada negara yang paling banyak limbah makanan, ada pula negara yang memiliki caranya sendiri dalam mengatasi limbah makanan. Yuk, simak negara yang memiliki cara unik dalam mengatasi sisa makanan.

1. Texas

Credit: visitdallas.com

Di Texas, Austin mengharuskan setiap penjual makanan memiliki metode untuk mengelola sampah sisa makanan. Ada dua pilihan, yaitu dengan menyumbangkan makanan sisa ke orang yang membutuhkan, atau mendaur ulang sisa makanan menjadi pupuk yang di proses oleh tempat peternakan.

2. Italia

Credit: matadornetwork.com

Pemerintah Italia mewajibkan keluarga membawa kantung setiap kali makan di luar rumah. Kantung ini berguna untuk membawa makanan sisa yang tidak habis makanan. Dan penjual makanan akan di sanksi apabila membuang banyak sisa makanan berupa pajak limbah.

3. Denmark

Credit: worldatlas.com

Masalah sampah sisa makanan di Denmark membuat penjual makanan mengurangi ukuran dari makanan yang mereka jual. Bahkan toko roti di Denmark mengambil jalan alternative dengan cara membelah ukuran roti menjadi dua sebelum dijual.

4. Inggris

Credit: unsplash.com

Pemerintah Inggris membuat inisiatif untuk masyarakat yang suka membuang sisa makanannya dengan cara mengajak masyarakat untuk mengonsumsi buah dan sayuran. Selain karena harga yang lebih mudah, sampah sisa sayur dan buah lebih mudah terurai sehingga bisa didaur ulang menjadi pupuk ramah lingkungan.

5. Swedia

Credit: nusantaranews.co

Swedia tidak memiliki sampah sisa, yang menjadi bukti kedisiplinan masyarakatnya dalam memilah sampah sesuai jenisnya. Sehingga, nantinya sampah yang sudah dipilih dapat didaur ulang dan dijadikan sumber listrik serta pemanas bagi rumah tangga disana.

6. Rusia

Credit: authentic-scandinavia.com

Rusia mengharuskan masyarakatnya untuk membawa atau menghabiskan sisa makanannya, jika kamu berkunjung ke restoran atau gerai makanan. Jika hal tersebut tidak kamu lakukan, kamu akan terkan sanksi sosial berupa mendapat tatapan yang tidak mengenakkan dari pengunjung dan pegawai restoran.

 

Nah, itu dia negara yang melarang keras masyarakatnya untuk membuang sampah sisa makanan. Hal ini perlu dijadikan contoh untuk negara lain, termasuk di Indonesia. Meskipun terbilang rumit dan banyak aturan, tapi hal ini sangat ampuh untuk mengurangi sampah di suatu negara.

 

Featured Image - channelnewsasia.com