Belum Punya Pengalaman Kerja? Ini Cara Agar Tetap Bisa Mendapat Pekerjaan!

Belum Punya Pengalaman Kerja? Ini Cara Agar Tetap Bisa Mendapat Pekerjaan!

TAGS : Karir
font size A Ǎ

Bagi kamu yang baru lulus kuliah atau belum memiliki pengalaman kerja, mencari pekerjaan adalah kegiatan yang cukup ditakuti. Rasa takut ini sangat wajar terjadi ketika mencari kerja atau memasukan resume di perushaan.

Meski begitu, berpikir demikan bukan berarti yang belum punya pengalaman kerja tidak bisa mendapatkan pekerjaan. Ada banyak cara lainnya untuk membuat perusahaan yang kamu inginkan tertarik dengan lamaran kerjamu.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menyusun resume semenarik mungkin. Sebutkan pengalaman- pengalaman yang relevan seperti pekerjaan sukarela, proyek sekolah, atau pengalaman kamu saat berorganisasi saat kuliah atau sekolah. Kemudian, jangan lupa untuk tuliskan keterampilanmu dan Pendidikan yang sudah kamu jalani. Hal ini tentu akan menarik perhatian HRD perusahaan yang kamu inginkan.

Dan selain hal- hal tersebut, berikut ini beberapa poin lain yang harus kamu perhitungkan untuk melamar pekerjaan jika kamu belum memiliki pengalaman kerja. Diantaranya:

1. Lamar pekerjaan yang memenuhi kualifikasi

Belum Punya Pengalaman Kerja? Ini Cara Agar Tetap Bisa Mendapat Pekerjaan!

Credit: collegegrad.com

Banyak pelamar yang belum memiliki pengalaman kerja tidak diterima karena mereka salah alamat. Banyak yang tidak paham bahwa setiap pekerjaan memiliki kualifikasi mendasar, seperti pengalaman kerja di bidang yang sama, jurusan kuliah, hinggga memiliki suatu keterampilan khusus.

Jika kamu tidak ingin gagal memasukkan resume tanpa pengalaman kerja, pastikan kamu memenuhi sebagian besar kualifikasi. Dengan memahami kemampuan diri sendiri, kemungkinan kamu untuk diterima di perusahaan pun semakin besar.

2. Masukkan pengalaman organisasi

Belum Punya Pengalaman Kerja? Ini Cara Agar Tetap Bisa Mendapat Pekerjaan!

Credit: lifehack.org

Jika kamu belum memiliki pengalaman kerja, kamu bisa mencantumkan kegiatan sekolah, pengalaman volunteer atau organisasi, hobi, atau event yang pernah kamu jalani. Cantumkan hal- hal relevan yang dapat menunjukkan prestasi atau keterampilan. Nah, pengalaman yang relevan tersebut akan membuat kamu semakin memiliki nilai plus di mata perusahaan yang bersangkutan.

3. Tunjukkan kemampuan atau keterampilan di suatu bidang

Belum Punya Pengalaman Kerja? Ini Cara Agar Tetap Bisa Mendapat Pekerjaan!

Credit: assuper.com.au

Jika kamu belum memiliki pengalaman kerja, kemampuan atau keterampilan akan dilihat sebagai salah satu nilai tambah. Kemampuan yang dimaksud adalah yang hanya dimiliki oleh sebagian orang. Misalnya, seperti memahami bahasa pemrograman, bisa mengoperasikan media sosial, dan tahu cara mendapatkan klien.

Sebutkan bahwa kamu pernah menggunakan kemampuan tersebut di sebuah proyek, misalnya saat menyelesaikan tugas akhir atau ketika kamu magang di perusahaan lain.

 

Itu dia berbagai cara untuk melamar dan mendapatkan pekerjaan bagi kamu yang belum memiliki pengalaman kerja. Jangan lupa untuk dicoba ya!

 

Featured Image - medium.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!