Diketahui, olahraga merupakan aktivitas yang bisa memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Selain itu, olahraga pun dapat membantu menurunkan berat badan – biasanya, jika kamu memiliki tujuan ini, diperlukan jenis aktivitas fisik yang mampu membakar kalori lebih banyak.

Biasanya, semakin intens olahraga, maka semakin banyak pula kalori yang terbakar. Namun, kalori yang dibakar pun tetap bergantung pada beberapa faktor, seperti durasi latihan, kecepatan, intensitas, serta berat dan tinggi badan.

Dilansir dari Medical News Today, ini 5 jenis olahraga yang paling banyak membakar kalori.

 

 

1. Lari

Credit Image - verywellfit.com

Lari diyakini sebagai olahraga untuk pembakaran kalori terbaik. Berlari dengan intensitas tinggi dalam waktu yang lama dapat membakar lebih banyak kalori daripada rutinitas lainnya. Jika kamu berlari dengan kecepatan 6 mil per jam (mph) dengan berat badan 72,5 kilogram (kg), maka kalori yang akan terbakar dalam 30 menit sekitar 364 kalori.

Kamu dapat memvariasikan latihan dengan melakukan joging lalu lari cepat, atau sebaliknya, dan melakukannya secara berulang. Hal tersebut dapat meningkatkan jumlah kalori yang terbakar dalam tubuh.

 

2. Berenang

Tak hanya untuk membakar kalori, berenang juga dapat meningkatkan kekuatan otot, aliran darah, kapasitas paru-paru dan jantung. Berenang santai selama 30 menit dapat membakar kalori yang sama dengan joging selama 30 menit.

Dalam 30 menit dapat membakar sekitar 198 hingga 294 kalori. Untuk meningkatkan pembakaran kalori selama renang, kamu dapat melakukan aerobik air atau berenang dengan cepat di awal dan memutar kembali dengan berenang santai.

 

3. Lompat Tali

Credit Image - ob-fit.com

Lompat tali dapat meningkatkan detak jantung dan membakar kalori. Tak hanya itu, lompat tali juga dapat membangun kekuatan kaki bagian bawah. Kalori yang dibakar per menit saat melakukan lompat tali sebanyak 7,6 hingga 9,8. Seseorang dengan berat badan 72,2 kg dapat membakar kalori sekitar 291 dalam waktu 30 menit lompat tali.

Untuk mengatasi kebosanan saat lompat tali, kamu dapat melakukannya dengan mendengarkan musik atau mengubah kecepatan dari cepat ke lambat atau mengubah gaya dengan melompat satu kaki.

 

4. Bersepeda

Bersepeda merupakan olahraga yang menyenangkan. Dengan bersepeda secara intens, baik dengan sepeda stasioner atau bersepeda dengan navigasi bukit dapat memperkuat tubuh bagian bawah dan membakar banyak kalori. Jika kamu melakukan bersepeda stasioner, maka kalori yang terbakar dalam 30 menit sekitar 210 hingga 311 kalori. 

 

5. HIIT

Credit Image - freeletics.com

High-intensity interval training (HIIT) diyakini sebagai olahraga paling efisien dan cepat untuk membakar kalori. Olahraga HIIT merupakan kombinasi latihan aerobik dengan anaerobik. Tak hanya itu, HIIT juga meningkatkan kebutuhan oksigen tubuh sehingga menyebabkan kalori yang terbakar lebih banyak. 

Cara melakukan olahraga HIIT misalnya dengan menggabungkan sprint dan joging, sprint selama 30-60 detik kemudian melanjutkan joging selama 3 menit, dan mengulanginya. Menambahkan latihan beban dalam latihan aerobik, misalnya 1 menit sepeda stasioner kemudian angkat beban setiap beberapa menit.

Melakukan olahraga secara rutin memang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Aktivitas fisik dianggap mampu mempertahankan kondisi tubuh, hingga menguatkan sistem kekebalan.

Yang terpenting, dalam mengoptimalkan kesehatan tubuh, pastikan kamu sudah mengonsumsi multivitamin yang dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, seperti rangkaian suplemen dari Enervon.

Konsumsi multivitamin Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat ini dapat membantumu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Nah, kamu bisa minum Enervon-C Effervescent — dengan kandungan vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra dan sensasi rasa segar sepanjang hari.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Kandungan vitamin B kompleks dalam multivitamin Enervon dapat membantu mengoptimalkan metabolsime, sehingga tubuhmu mampu memperoleh energi yang maksimal. Dan pastinya vitamin C dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, ya.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa segera membelinya di official store di Tokopedia, ya.

 

Jadi, itulah deretan jenis olahraga yang mampu membakar banyak kalori. Apakah kamu ingin segera mencoba rutin melakukannya?

 

 

Featured Image – see.news

Source – idntimes.com