Tak dapat dipungkiri, saat ini, banyak orang yang rela menggadaikan waktu tidur hanya untuk menonton film atau menyelesaikan pekerjaan kantor. Padahal, nyatanya hal tersebut bisa berdampak buruk bagi kesehatan, bahkan memengaruhi kondisi kognitif otak.

Dilansir dari Cleveland Clinic, olahraga teratur dan pola makan yang baik tidak cukup untuk menjaga kesehatan jika kamu tidak mencukupi waktu tidur. Demi kesehatan, kamu disarankan tidur minimal 7 jam setiap malamnya.

Namun, apakah kamu masih sering begadang? Berikut deretan risiko kesehatan yang mengintai, simak selengkapnya di bawah ini!

 

 

Meningkatkan Kadar Gula Darah

Credit Image - alodokter.com

Sebuah studi yang dilakukan di tahun 2015 menemukan bahwa orang yang terlalu sering begadang berisiko memiliki kadar gula darah yang tinggi. Gula darah yang tinggi bisa memicu berbagai kondisi kesehatan lainnya seperti kelelahan dan sakit kepala hingga kondisi yang lebih serius seperti penyakit kardiovaskular dan kerusakan ginjal.

 

Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung

Tidur mempengaruhi proses yang menjaga jantung dan pembuluh darah tetap sehat, termasuk yang mempengaruhi gula darah, tekanan darah, dan tingkat peradangan. Hal ini juga memainkan peran penting dalam kemampuan tubuh kamu untuk menyembuhkan dan memperbaiki pembuluh darah dan jantung. Oleh karena itu, orang yang kurang tidur rentan terkena penyakit jantung.
 

Gangguan Hormon

Credit Image - sehatq.com

Produksi hormon tergantung pada tidur. Untuk produksi testosteron, kamu membutuhkan setidaknya tiga jam tidur tanpa gangguan. Begadang sepanjang malam dapat memengaruhi produksi hormon. Gangguan ini juga dapat mempengaruhi produksi hormon pertumbuhan, terutama pada anak-anak dan remaja. Hormon-hormon ini membantu tubuh membangun massa otot dan memperbaiki sel dan jaringan.
 

Mudah Jatuh Sakit

Dilansir dari Mayo Clinic, tidur berdampak pada sistem kekebalan tubuhmu. Karena, tidur merupakan momen di mana tubuh menyembuhkan dirinya sendiri. Jika jatuh sakit – dan tidak mendapatkan waktu tidur malam yang nyenyak, tubuh tidak memiliki waktu untuk melawan penyakit atau infeksi.

Nantinya, hal tersebut bisa menyebabkan sakitmu menjadi lebih parah. Tubuh memproduksi lebih banyak sel imun untuk membantu melawan infeksi saat sakit. Kerja tubuh yang lebih keras ini menyebabkan tubuh kelelahan sehingga tidur diperlukan untuk tubuh memproduksi energi kembali.

Selain itu, kurang tidur juga dapat membuat tubuh rentan terhadap penyakit. Tubuh dan sistemnya memerlukan waktu istirahat untuk mengisi energi kembali setelah lelah melakukan banyak aktivitas seharian. Tetapi, jika tidak memberikan waktu yang cukup bagi tubuh untuk istirahat, maka tubuh dapat menjadi lemah dan rentan terhadap penyakit.

Tak hanya mencukupi waktu tidur, agar kesehatan tubuh tetap terjaga pastikan kamu juga menjalani pola hidup sehat lainnya, ya.

Ada pun berbagai hal lainnya yang juga penting dijadikan sebagai kebiasaan, yaitu stres juga dapat melemahkan kekebalan tubuh.

Selain itu, lengkapi pula hidup sehat dengan rutin mengonsumsi multivitamin yang kaya akan kandungan vitamin C, vitamin B kompleks, maupun zinc. Kombinasi vitamin dan mineral tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

Untuk multivitamin yang direkomendasikan, kamu dapat mengonsumsi Enervon Active – yang punya kandungan lengkap, sekaligus bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C yang lebih tinggi, serta mampu memberikan perlidungan ekstra terhadap tubuh, sekaligus membuat tubuh terasa segar sepanjang hari!

Untuk kamu yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, multivitamin Enervon-C dan Enervon Active juga dapat menjaga metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya. Dengan manfaat ini, tubuh pun bisa lebih produktif dalam menjalani rutinitas harian.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya.

 

Jadi, itulah deretan risiko buruk yang mengintai ketika kamu sering begadang. Pastikan kamu sudah sudah mendapat waktu istirahat yang cukup!
 

 

Credit Image – beritagar.id

Source – kompas.com