Memiliki IP tinggi saat kuliah bukanlah acuan utama yang membuat kamu diterima di suatu perusahaan. Lebih dari itu, perusahaan akan membutuhkan skill.

Perlu disadari, skill biasanya tidak dipelajari secara formal, tetapi diasah dan dikembangkan melalui kegiatan organisasi, latihan kepemimpinan, atau saat bersosialisasi dengan orang lain. Apapun bidang yang kamu sukai, setidaknya ada 5 skill yang perlu diasah sebelum memasuki dunia kerja. Apa saja?

1. Blogging

Credit: searchenginejournal.com

Bagi sebagian orang, menulis adalah sesuatu yang menyenangkan. Selain bisa menceritakan isi kepala lewat tulisan, kamu juga bisa mencari penghasilan tambahan. Dengan kemampuan ini, kamu bisa menjadi blogger, book reviewer, content writer, membuat buku, menerjemahkan artikel, dan lain sebagainya.

Kamu bisa meningkatkan skill menulis dengan mengikuti berbagai kelas dan banyak berlatih untuk menciptakan konten berkualitas.

2. Mengedit foto dan video

Credit: videomaker.com

Saat ini, kamu hidup di dunia digital, dimana Youtube, Instagram, Facebook, dan media lainnya sangat membutuhkan foto dan video. Bahkan, media sosial tidak terlalu menekankan pada teks.

Untuk mengedit foto, software utama yang bisa digunakan adalah Photoshop. Sementara untuk mengedit video gunakanlah Final Cut Pro, Adobe Premiere, dan iMovie. Dan kamu direkomendasikan untuk mencoba ­software lainnya sehingga kemampuanmu bertambah.

3. Bahasa Inggris

Credit: yogajournal.com

Tingkatkan rasa percaya dirimu ketika akan melamar pekerjaan di perusahaan multinasional dengan kemampuan berbahasa Inggris yang baik.

Kamu bisa mempelajari bahasa Inggris dari berbagai medium, bahkan jika kamu rajin, kamu bisa belajar sendiri lewat Youtube, sembari mempraktikannya dengan orang- orang di sekitarmu. Namun, jika kamu butuh dibimbing dan ingin lebih disiplin saat belajar, kamu bisa ikut les bahasa Inggris.

4. Public Speaking

Credit: ultimagz.com

Public speaking merupakan salah satu keterampilan yang perlu diasah sebelum memasuki dunia kerja. karena, berbicara di hadapan orang lain tidaklah mudah. Jika tidak terbiasa, orang yang kamu ajak bicara bisa kehilangan minatnya. Dan hal ini tentu tidak baik jika kamu sedang bernegosiasi, meeting bersama klien, dan melakukan presentasi di hadapan banyak orang.

Kamu bisa melatih public speaking dengan sering bercermin dan mengobrol dengan orang baru. Jika merasa gugup, Tarik napas dan tetaplah tenang. Tidak perlu terlalu banyak berpikir soal bagaimana lawan bicara meresponmu, yang penting latihan.

5. Marketing

Credit: yourstory.com

Marketing merupakan salah satu bidang yang paling banyak dicari oleh perusahaan. Bagi kamu yang ingin bekerja di dunia marketing tapi tidak memiliki background di bidang tersebut, kamu bisa mengikuti kursus digital marketing. Dengan begitu, kamu bisa meningkatkan penjualan bisnis online, membuat agensi sendiri, atau berkarier di bidang marketing.

 

Nah, itulah 5 skill yang perlu kamu asah sebelum memasuki dunia kerja. Tidak ada salahnya untuk semakin memperkaya diri dengan berbagai kemampuan yang bisa membuat nilai jual dirimu semakin tinggi.

 

Featured Image - threegirlsmedia.com