Cara mencari topik pembicaraan dengan rekan kerja di kantor, terdengar bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, ya? Bagi kamu yang memiliki kepribadian extrovert, mencari topik obrolan mungkin lebih mudah, namun berbeda dengan si introvert, lho.

Nah, dalam cara mencari topik pembicaraan, acara kantor mungkin dapat menjadi salah satu ajang untuk mengenalkan personal dirimu lebih kuat. Dengan hadirnya rekan kerja, kolega, sampai atasan menjadikan acara kantor adalah momen yang tepat untuk bersosialisasi.

Biar kegiatan sosialisasi di acara kantor lebih mudah dilakukan, berikut 5 cara mencari topik pembicaraan yang bisa diterapkan.

 

 

1. Senyum, Salam, dan Sapa

Credit Image - journal.sociolla.com

Senyum, salam, dan sapa, mungkin ini adalah kata-kata yang sering kamu dengar namun terkadang sulit untuk di lakukan, terlebih jika kamu tidak terlalu mengenal pribadi lawan bicara.

Namun jangan takut, acara kantor memang diadakan agar seluruh penghuni kantor mampu saling mengenal satu sama lain lebih dekat. Sehingga tidak salah jika kamu memberikan senyum, salam, dan sapaan kepada orang lain yang hadir.

Berikan senyum terbaikmu dalam memulai percakapan, menunjukan pribadi yang bersahabat dan tidak kaku. Jabat tangan lawan bicaramu dengan erat lalu ucapkan salam. Jangan lupa tanyakan kabar lawan bicara, mungkin sesuatu yang biasa tapi paling tepat dalam memulai pembicaraan, selanjutya

Jika kamu menganggap langkah awal ini basa-basi yang tidak perlu mungkin kamu salah. Menjadi ramah kepada penghuni kantor di acara yang ringan bukan suatu hal yang aneh dan tidak perlu dilakukan bukan? Silahkan mencoba!

 

2. Topik yang Ringan

Dalam cara mencari topik pembicaraan, sebaiknya kamu pilih topik yang ringan agar suasana tidak terlalu serius. Pilih topik yang dekat dengan kehidupan kantor yang bernilai ringan agar mampu ditanggapi dengan mudah oleh lawan bicara.

Misalnya tentang acara kantor yang sedang dihadiri atau topik lain yang dibawakan dengan santai dan ringan. Topik-topik ringan lain seperti olahraga, hobi, musik, dan lain sebagainya juga mampu digunakan dalam memulai percakapan agar percakapan terasa lebih ringan dan hangat.

 

3. Sisipkan Lelucon

Credit Image - glints.com

Cara mencari topik pembicaraan di acara kantor berikutnya, yaitu menyisipkan lelucon. Hal ini boleh dilakukan untuk menunjukkan pribadi yang cair dan menyenangkan. Namun, bukan berarti kamu harus terlihat sangat berusaha melawak di depan lawan bicara ya. Lelucon bisa digunakan sehubungan dengan topik yang sedang dibicarakan agar lebih ringan.

Lelucon bisa disisipkan dalam percakapan dengan tidak menyinggung lawan bicara atau orang lain serta tidak perlu terlihat aneh dengan menggunakan gimik dan gestur yang berlebihan yang mungkin bisa membuat kamu dicap aneh.

 

4. Mendengarkan dengan Baik

Menjadi pribadi yang menyenangkan tidak selalu harus memimpin percakapan, jadilah pemerhati dan pendengar yang baik akan pembicaraan lawan bicara, tunjukan rasa ketertarikan dengan menanggapi beberapa topik yang kamu memang tahu atau bertanya lebih dalam jika kamu belum mengerti.

Menjadi pendengar yang baik disini bukan berarti kamu hanya menjadi pendengar cerita, yang dimaksud adalah memperhatikan pembicaraan lawan bicaramu hingga selesai. Selain itu, jangan potong pembicaraan karena terasa tidak sopan dan mungkin kamu akan melewati poin penting dalam cerita lawan bicaramu yang akhirnya  menjadi miskomunikasi.

Menjadi pendengar yang baik menunjukan kepedulian, kamu juga pasti tidak suka jika ada yang tidak memperhatikanmu ketika bicara. Karena percakapan berisi pertukaran informasi, cerita, dan cara pandang bukan hanya tentang satu orang.

 

5. Gunakan Pujian

Credit Image - diadona.id

Memberikan pujian adalah salah satu cara yang cocok digunakan dalam percakapan. Pujian harus sesuai dengan apa yang kita  lihat dan nilai dari diri lawan bicara. Gaya berpenampilan, hasil kinerja, hingga nilai positif lainnya yang dimiliki oleh lawan bicara dapat dijadikan sebagai pujian untuk menunjukan perhatian kepada lawan bicara.

Namun, jangan memberikan pujian berlebihan dan tidak sesuai dengan lawan bicara ya. Hal ini mampu memberikan kesan yang tidak baik pada orang disekitar, pujian boleh diberikan dengan sesuai dan jujur.

 

6. Menjaga Konsentrasi

Cara mencari topik pembicaraan yang terakhir, yaitu pastikan kamu sudah menjaga konsentrasi denga baik.

Agar pembicaraan dengan rekan kerja bisa dijalani dengan maksimal, pastikan kamu sudah menjaga fokus dengan mempertahankan energi tubuh. Dalam hal ini, kamu bisa rutin mengonsumsi multivitamin yang punya kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu. Multivitamin tepat untuk menemani rutinitas harian – dan pastinya nyaman di lambung sensitif!

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa membuat kamu makin produktif, serta bisa mempertahankan tingkat fokus selama bekerja, ya.

Tak hanya baik untuk menjaga stamina tubuh, namun kombinasi kandungan vitamin di dalam Enervon Active juga ampuh dalam menjaga sistem kekebalan agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Manfaat yang satu ini bisa membuatmu tetap aktif, tanpa harus takut mudah jatuh sakit.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya.

 

Gimana, nih? Sekarang kamu sudah tak lagi bingung untuk mencari obrolan di acara kantor, kan? Silahkan mencoba deretan cara mencari topik pembicaraan di atas, ya!

 

 

Featured Image – facetofeet.com

Source - glints.com