Olahraga teratur merupakan salah satu hal terbaik yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan. Manfaat olahraga pun bisa dirasakan pada berbagai bagian tubuh, memperkuat otot dan tulang, meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi stres, meningkatkan memori, dan meningkatkan kualitas tidur.

Namun, semua manfaat ini hanya bisa didapatkan jika olahraga dilakukan dengan benar. Sebaliknya jika kamu melakukan berbagai kesalahan ketika olahraga – hal ini justru akan membahayakan kesehatan. Lantas, apa saja kebiasaan saat olahraga yang perlu dihindari?

Berikut informasinya.

 

 

Kurang Minum

Credit Image - rey.id

Cairan bermanfaat dalam melindungi sendi dan menstabilkan tekanan darah serta detak jantung. Selama berolahraga, kamu mengalami kehilangan air dan elektrolit dalam bentuk keringat. Ini juga menyebabkan asam laktat menumpuk di otot, yang dapat menyebabkan kram otot. Karena alasan ini, tidak mencukupi kebutuhan cairan tubuh bisa mengubah olahraga yang seharusnya bermanfaat menjadi berbahaya.

Menurut Harvard Health Publishing, individu yang sehat membutuhkan enam hingga delapan cangkir cairan per hari, kebutuhan ini meningkat seiring dengan tingginya aktivitas fisik. Selain dengan minum lebih banyak air, kamu juga bisa menggantikan kehilangan cairan dan elektrolit selama olahraga dengan minum minuman elektrolit setelah berolahraga.

 

Tak Menerapkan Teknik atau Postur yang Tepat

Mempelajari cara berolahraga yang benar sangat penting untuk mendapatkan hasil yang kamu inginkan. Postur tubuh yang tepat memang penting, terutama saat melakukan latihan kekuatan. Diterangkan dalam laman Verywell Fit, postur atau teknik yang salah meningkatkan kemungkinan cedera dan nyeri.

Salah satu kesalahan postur yang masih dilakukan banyak orang selama berolahraga adalah membiarkan punggung dan bahu dalam keadaan membungkuk. Padahal, postur membungkuk dan bahu membulat menempatkan kamu pada risiko cedera punggung dan bahu. Jadi, pastikan kamu menarik bahu sedikit ke belakang, jaga punggung tetap lurus, dan tanyakan pada instruktur bagaimana postur yang tepat untuk setiap gerakan.

 

Tak Makan dengan Benar

Credit Image - suara.com

Hindari melakukan latihan berat dengan perut kosong. Menurut laman Forbes, penting untuk mengatur waktu asupan makanan dengan benar. Idealnya, kamu perlu makan sesuatu tidak kurang dari 45 menit sebelum berolahraga. Ini akan memberi kamu gula darah yang dibutuhkan untuk energi dan mencegah semua darah masuk ke perut untuk mencerna makanan, yang dapat mengganggu pengiriman oksigen ke otot saat berlatih. 

Untuk mendapatkan bahan bakar yang tepat sebelum berolahraga, kamu perlu makan karbohidrat dan makanan kaya protein, seperti biskuit gandum utuh, buah segar, telur rebus, atau oatmeal. Setelah berlatih, tubuh akan mengalami stres sehingga kamu perlu mendapatkan nutrisi pasca-latihan yang akan digunakan sebagai bahan bakar yang tepat untuk pulih dari stres.

 

Tidak Cukup Tidur

Mendapatkan tidur yang cukup sama pentingnya dengan olahraga teratur. Menurut laman Aaptiv, tidak mendapatkan tidur yang cukup berkontribusi pada perasaan lelah, lekas marah, stres, dan bahkan depresi. Kurang tidur juga dapat meningkatkan nafsu makan yang berpotensi membuat kamu mengalami kenaikan berat badan.

Untuk istirahat dan pemulihan yang tepat, tubuh membutuhkan delapan jam tidur setiap malam. Ketika kamu kurang tidur, maka tingkat kortisol akan meningkat, yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon stres. Ini dapat menciptakan masalah lebih lanjut, seperti metabolisme yang melambat, yang mengakibatkan kerusakan tiroid dan kelelahan adrenal.

 

Tidak Mengistirahatkan Otot

Credit Image - health.detik.com

Dilansir laman Harvard Health Publishin, otot membutuhkan setidaknya 48 jam setelah latihan kekuatan untuk pulih. Tanpa hari istirahat, otot, persendian, dan struktur penting lainnya tidak memiliki waktu yang cukup untuk memperbaiki diri yang kemudian meningkatkan risiko cedera. Selain itu, tidak memberikan tubuh istirahat juga akan membuat kamu lelah secara mental dan lebih rentan membuat kesalahan saat berlatih. 

Untuk itu, hindari berlatih dengan kelompok otot yang sama setiap hari. Ganti kelompok otot yang kamu latih dari hari ke hari, seperti lengan dan bahu pada hari Selasa dan Kamis, kaki pada hari Senin dan Rabu.

Yang terpenting, dalam mengoptimalkan kesehatan tubuh, pastikan kamu sudah mengonsumsi multivitamin yang dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, seperti rangkaian suplemen dari Enervon.

Konsumsi multivitamin Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat ini dapat membantumu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Nah, kamu bisa minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg vitamin C, atau Enervon-C Effervescent — dengan kandungan vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra dan sensasi rasa segar sepanjang hari.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Kandungan vitamin B kompleks dalam multivitamin Enervon dapat membantu mengoptimalkan metabolsime, sehingga tubuhmu mampu memperoleh energi yang maksimal. Dan pastinya vitamin C dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, ya.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa segera membelinya di official store di Tokopedia, ya.

 

Itulah kelima kesalahan dalam berolahraga yang penting untuk dihindari agar manfaat baiknya semakin terasa!

 

 

Featured Image – klikdokter.com

Source – idntimes.com