Baru- baru ini ditemukan bahwa adanya hubungan antara desain ruang kerja kantor dengan efek positif atau negative yang ditimbulkan, terutama terhadap kinerja karyawannya. Hal ini membuktikan bahwa konsep ruang kerja kantor yang baik dapat memberikan pemikiran kreatif dan meningkatkan produktivitas kepada karyawan yang bekerja.

Seperti apa kriteria ruang kerja kantor yang ideal dan efektif agar bisa memberikan dampak positif terhadap para pekerja? Berikut ini ulasannya!

1. Jendela

Credit: tribunnews.com

Sebuah ruangan tanpa jendela akan terasa sangat pengap dan tidak nyaman. Keberadaan jendela ini erat hubungannya dengan pencahayaan dan sirkulasi udara. Tidak adanya jendela akan menyebabkan seseorang hanya terpapar cahaya lampu artifisial saja, dan ini berdampak buruk pada kesehatan tubuh.

Keberadaan jendela juga baik untuk merangsang otak. Selain itu, adanya banyak jendela juga mampu menjadikan ruangan terasa lebih luas.

2. Warna

Credit: artikel.rumah123.com

Warna dapat memberikan efek mental kepada para pekerja kantoran. Perusahaan disarankan untuk menggunakan perabotan berwarna biru karena dipercaya berfungsi sebagai stimulant kecerdasan.

Selain biru, warna lain yang direkomendasikan adalah kuning. Warna ini dapat menginspirasi kreativitas. Atau warna hijau yang bisa menciptakan unsur ketenangan.

3. Sentuhan personal di meja kerja

Credit: workstore.com.sg

Memberikan kebebasan kepada karyawan untuk menghias atau menata ulang meja maupun ruang kerja mereka masing- masing dapat memberikan dampak yang positif. Hal ini terbukti dapat meningkatkan konsentrasi, membuat suasana jadi nyaman, dan peningkatan produktivitas karyawan.

4. Peredam kebisingan

Credit: kaskus.co.id

Jika kantor terletak di kota yang besar dimana isu kebisingan menjadi problem utama, hal ini bisa berdampak pada produktivitas karyawan. Jika Gedung kantor tidak kedap suara, akibatnya konsentrasi dan fokus karyawan bisa terganggu. Sebaiknya, rancang ruang kerja kantor dengan menggunakan peredam suara. Isu kebisingan merupakan salah satu hal yang sulit ditoleransi jika kamu ingin memiliki produktivitas yang baik.

5. Tanaman

Credit: liputan6.com

Di ruang kerja kantor yang menggunakan tanaman hijau, dapat menyegarkan suasana dan membuat mood pekerja jadi lebih baik. Tanaman memang merupakan salah satu elemen dekoratif ruangan yang baik. Ruang kerja kantor disarankan untuk memiliki banyak tanaman hijau jika ingin meningkatkan produktivitas kerja karyawan.

 

Featured Image - wework.com