Seperti diketahui, sistem imunitas tubuh merupakan fungsi kekebalan yang berperan untuk melindungi tubuhmu dari berbagai macam serangan penyakit. Kekebalan yang melemah dapat membuatmu lebih mudah sakit, lho.

Sebenarnya, untuk mempertahankan imunitas kamu hanya memerlukan cara sederhana – bahkan asyik dilakukan. Lalu, apa saja berbagai hal menarik yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh? Yuk, simak informasinya di bawah ini!

 

 

Berkebun

Credit Image - dekoruma.com

Kamu ingin melakukan kegiatan yang menyenangkan sekaligus membakar kalori? Coba saja untuk berkebun di sekitar pekarangan rumah. Kegiatan menggali, menyapu, dan memotong rumput sangat efektif untuk membakar kalori, lho.

Berkebun bahkan mampu membakar kalori setara dengan olahraga yang dilakukan di gym, seperti dikutip dari laman American Heart Association. 

Selain mampu membakar kalori, berkebun juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dilansir National Geographic, tanah mengandung bakteri-bakteri baik yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah jatuh sakit. Meskipun begitu, tetap jaga kebersihan tubuh, ya. 

 

Menari

Menari merupakan kegiatan seru yang ternyata dapat membantu meningkatkan sistem imun. Dilansir Texas Children's Hospital, menari merupakan aktivitas fisik menyenangkan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

Meskipun demikian, menari tidak berhubungan secara langsung dengan sistem kekebalan tubuh. Namun, menari termasuk aktivitas fisik yang ampuh untuk melepaskan stres – yang memiliki kaitan dengan sistem kekebalan tubuh. Dilansir Cleveland Clinic, saat mengalami stres maka tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon kortisol.

Tingginya hormon kortisol dalam tubuh dapat menurunkan kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan kuman penyakit. Akhirnya, membuatmu menjadi lebih rentan terserang penyakit. 

 

Yoga

Credit Image - tokopedia.com

Salah satu jenis olahraga yang dapat dilakukan di dalam rumah adalah yoga. Olahraga yang satu ini memang lebih fokus terhadap kelenturan dan kekuatan tubuh, serta melatih pernapasan. Manfaat yoga tak perlu dipertanyakan lagi karena yoga mampu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, termasuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dilansir Yoga Journal, melakukan yoga secara rutin dapat membantu menurunkan hormon stres (kortisol) sekaligus merangsang sistem limfatik untuk mengeluarkan racun dari tubuh. 

Ditambah lagi, latihan pernapasan yang dilakukan pada saat melakukan beberapa pose yoga juga mampu mempertahankan dan meningkatkan kapasitas paru-paru, sehingga nantinya tubuh tidak akan mudah lelah. 

 

Tidur yang Cukup

Tidur merupakan waktu tubuh beristirahat serta melakukan proses regenerasi sel-sel tubuh. Maka, jangan heran jika tidur yang cukup memiliki begitu banyak manfaat. Salah satunya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Experimental Medicine tahun 2019, istirahat yang cukup dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan memperbaiki kinerja sel imun, khususnya sel limfosit T. 

Perlu kamu ketahui, sel limfosit T itu sendiri berfungsi untuk menyerang dan melawan infeksi penyakit. Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk memperbaiki jam tidur yang berantakan.

 

Konsumsi Vitamin Pendukung Kekebalan

Credit Image - health.kompas.com

Selain melakukan deretan kegiatan di atas, menjaga kekebalan tubuh bisa dilakukan dengan mengonsumsi sejumlah vitamin yang bisa mendukung sistem kekebalan tubuhmu, seperti kombinasi vitamin B kompleks dan vitamin C.

Tak hanya dari sumber makanan, kedua jenis vitamin tersebut bisa diperoleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin. Dalam hal ini, kamu direkomendasikan mengonsumsi rangkaian suplemen multivitamin dari Enervon.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Multivitamin Enervon-C dapat dikonsumsi dalam bentuk tablet – yang punya kandungan 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk perlindungan ekstra, sekaligus memberikan sensasi segar sepanjang hari.

Untuk yang punya masalah lambung sensitif, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tak mudah lelah – dan pastinya menjaga imunitas tubuh tetap optimal, berkat kandungan vitamin C dan zinc-nya.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuat tubuh makin produktif selama beraktivitas.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya.

 

Wah, gimana? Meningkatkan kekebalan ternyata tidaklah sulit dilakukan, ya? Kamu bisa melakukan deretan hal di atas – dan diimbangi dengan pola hidup sehat agar kesehatan makin maksimal!

 

 

Featured Image – parapuan.co

Source – idntimes.com