Sebagian besar pekerja mungkin sering merasa suntuk dan jenuh, apalagi jika pekerjaan sedang menumpuk. Kalau sudah begini, rasanya tidak ingin melakukan apapun, kan? Untuk mengatasinya, mood booster adalah hal yang penting untuk didapatkan.

Memang, bad mood bukanlah perasaan yang tidak bisa dihindarkan. Mau tidak mau, suka tidak suka, maka kamu masih harus menyelesaikan pekerjaan sebagai bentuk tanggung jawab. Tenang, ada berbagai mood booster yang dapat membantu, kok.

Berikut deretan mood booster di kantor untuk hilangkan rasa suntuk!

 

 

Menyediakan Hiasan di Ruang atau Meja Kerja

Credit Image - sxcco.com

Siapa bilang ruang kerja yang penuh hiasan dan dekorasi itu buruk? Menurut penelitian yang dilakukan oleh Maastricht University, ruang kerja yang dihiasi oleh beberapa pernak-pernik adalah mood booster terbaik. Ruang kerja yang diberi dekorasi bahkan juga bisa membantu karyawan jadi lebih produktif.

Dikatakan bahwa karyawan yang menghiasan dan mendekor meja kerjanya ternyata 40 persen lebih bahagia dibanding yang tidak. Meski demikian, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan keuntungan dari pernak-pernik dan dekorasi ruang kerja.

Di antaranya adalah dekorasi yang digunakan harus berwarna cerah dan pernak-pernik yang ditaruh setidaknya tidak mengganggu, seperti foto dan vas bunga.

 

Mendengarkan Musik

Mood booster adalah hal yang penting didapatkan ketika sedang merasa suntuk. Nah, sudah bukan rahasia lagi kalau mendengarkan musik adalah mood booster lazim pilihan banyak orang. Sambil mendengarkan musik, bisa saja ikut sedikit bersenandung.

Mulai dari lagu-lagu bergenre metal hingga jenis klasik, segala jenis musik bisa memberikan dampak besar untuk otak dan produktivitas kamu di ruang kerja.

Menurut riset dari Science Daily, mendengarkan musik di ruang kerja bisa membuat kamu fokus. Salah satu contoh jenis musik yang bisa membuat kamu fokus adalah musik klasik. Dengan rata-rata tempo 60 bpm (beats per minute), otak kamu jadi lebih mudah mengelola informasi yang masuk ke kepala.

Tidak hanya itu, mereka juga menyimpulkan bahwa musik adalah alat bagi kamu yang ingin kreatif dan relaks. Mendengarkan sedikit musik bisa membuat jantungmu dipompa. Dari sana, aliran darah menjadi lancar dan bermanfaat besar bagi kamu yang sedang membutuhkan mood booster.

 

Konsumsi Permen Karet atau Makanan Ringan

Credit Image - doctoranywhere.com

Oleh banyak ahli, permen karet dianggap mampu merelaksasi otak yang mulai tak konsenstrasi. Oleh karena itu, mereka pun menganjurkan orang-orang yang membutuhkan mood booster di ruang kerja atau sedang penat untuk mengkonsumsi permen karet.

Alan Hirsch, pendiri Smeel & Taste Treatment and Research Foundation mengungkapkan bahwa permen karet yang memiliki rasa mint dan jeruk akan membantu menstimulasi saraf di otak. Gerakan mulut yang aktif juga akan membuat kamu jadi lebih produktif dan tak lagi mengantuk. Bukan cuma itu, ini juga akan membuat napas kamu jadi lebih segar.

Tak cuma permen karet, makanan ringan juga kerap menjadi senjata kamu yang sedang membutuhkan mood booster. 

Meski demikian, makanan ringan yang dimaksud di sini adalah makanan ringan yang mengandung antioksidan tinggi. Penelitian membuktikan bahwa makanan ringan dengan oksidan tinggi akan membantu mengembalikan kekuatan dan fokus.

 

Pelihara Tanaman

Di siang hari, tanaman mengeluarkan karbon dioksida dari udara dan menggantinya dengan oksigen. Hal tersebut membuat kualitas udara dalam ruang kerja kita pun bakal ikut membaik. Oleh karena itu, para ahli tak segan menawarkan tanaman sebagai mood booster di dalam ruang kerja.

Ketika kadar oksigen meningkat, tingkat kecemasan seseorang berkurang. Penelitian telah menunjukkan bahwa kecemasan dan depresi terkait dengan tingkat racun yang tinggi. Tanaman tertentu bahkan mampu menghilangkan logam berat dan racun lain seperti formaldehida dari udara.

Penelitian juga menunjukkan bahwa mikroba di tanah yang disebut M. vaccae atau “outdoorphins”, bisa meningkatkan suasana hati dan mengurangi tingkat stres. Meskipun hutan atau kebun menawarkan manfaat paling banyak terhadap mikroba ini, keberadaan tanaman di dalam ruang kerja tak jadi salah, kan?

 

Peroleh Asupan Vitamin B Kompleks

Credit Image - realsimple.com

Selain deretan hal di atas, mood booster adalah sesuatu yang bisa kamu peroleh dari asupan vitamin, lho. Dalam hal ini kamu bisa mengonsumsi vitamin B kompleks.

Vitamin B kompleks sejatinya terdiri dari 8 jenis vitamin, yaitu vitamin B1 (tiamin)vitamin B2 (riboflavin)vitamin B3 (niasin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6 (pyridoxine), vitamin B7 (asam folat), dan vitamin B12 (kobalamin).

Lebih spesifik – gabungan vitamin tersebut memang dapat meningkatkan suasana hati dan energi dalam tubuh. Tapi, dari kedelapan vitamin B kompleks, terdapat empat jenis vitamin yang benar- benar berpengaruh pada mood seseorang, lho.

Dimulai dari vitamin B3 atau niasin yang memiliki peran dalam produksi serotonin, yaitu sebuah neurotransmiter yang memungkinkan sel otak dan sel saraf lainnya berkomunikasi. Jika kadar serotonin terlalu rendah, seseorang menjadi lebih mudah stres dan depresi.

Kemudian, ada juga vitamin B6 yang dikenal perannya untuk fungsi tubuh, fisik, dan psikologis. Vitamin B6 sangatlah penting, karena vitamin ini juga dapat memelihara kesehatan fungsi saraf. Hal ini juga seringkali dikaitkan dengan gangguan mental, termasuk depresi.

Vitamin B6 memiliki peran untuk metabolisme estrogen – yang berdampak pada mood seseorang. Sehingga, kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan suasana hati yang mudah berubah. Bahkan, pada wanita, kekurangan vitamin ini dapat menimbulkan gangguan pre-menstruasi dan depresi akibat ketidakseimbangan hormon.

Kemudian, vitamin B9 juga tidak kalah pentingnya dalam produksi sel baru di dalam tubuh. Jadi, kekurangan vitamin B9, tak hanya dapat memengaruhi fungsi tubuh, tetapi juga memicu timbulnya depresi.

Asam folat dapat bantu memiliki peran dalam mengatur suasana hati seseorang. Instruktur Kesehatan Nutrisi, Kerri Axelrod mengatakan bahwa banyak orang yang mengalami depresi – disebabkan oleh kurangnya kadar vitamin B12 dan vitamin B9.

Yang terakhir, vitamin B12 juga berperan penting dalam meningkatkan suasana hati. Vitamin ini dikenal sebagai nutrisi yang dapat membantu mendongkrak mood, sekaligus membentuk energi positif di dalam tubuh.

Hal ini juga dibenarkan oleh seorang Naturopath di Metro Integratate Pharmacy, Sally Warren, yang menyebutkan bahwa memenuhi kebutuhan vitamin B Kompleks harian, termasuk vitamin B12, dapat mempertahankan energi baik dalam tubuh.

Untuk memperoleh sejumlah asupan vitamin B kompleks tersebut, kamu direkomendasikan untuk meminum multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C maupun Enervon Active.

Direkomendasikan untuk minum Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet – dengan kandungan Vitamin C 500 mg. Atau, Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg – yang satu ini dapat berikan perlindungan ekstra, terlebih untukmu yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

Untuk yang punya masalah lambung sensitif, kamu bisa minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Sudah pasti, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C maupun Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama – serta berperan sebagai mood booster.

Dan, kandungan vtamin C di dalamnya bisa membantu menjaga sistem imun tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya, ya.

Untuk memperoleh produk Enervon yang asli, kamu bisa segera mengunjungi kunjungi official store-nya di Tokopedia, ya.

 

Bagi kamu yang sedang merasa suntuk di kantor, deretan mood booster di atas dapat dilakukan, lho. Cukup mudah untuk dilakukan, kan?

 

 

Featured Image – klikdokter.com

Source – glints.com