Pernahkah kamu mendengar istilah senam irama? Mungkin jenis aktivitas fisik yang satu ini sudah tidak lagi asing lagi. Meski terdengar simple, namun manfaat senam irama tentu saja tidak perlu diragukan lagi, lho.

Senam irama adalah jenis latihan fisik yang sistematis dengan bantuan peralatan tangan seperti tali, simpai, bola, tongkat, dan pita. Senam irama merupakan salah satu dari tiga disiplin ilmu dalam olahraga senam, dua lainnya, yaitu senam artistik dan trampolin.

Seperti yang sudah disebut, dibalik keindahannya tentu ada berbagai manfaat senam irama yang bisa kamu peroleh, apalagi jika kegiatan fisik ini dilakukan sejak ini – maka bisa membantu mendorong gaya hidup sehat.

Berikut ini 5 manfaat senam irama yang perlu kamu ketahui.

 

 

1. Menjadikan Tubuh Lebih Kuat

Credit Image - hot.liputan6.com

Adapun manfaat senam irama yang pertama, yaitu menjadikan tubuh lebih kuat. Orang yang menjalani senam irama akan mengembangkan kekuatan, fleksibilitas, keseimbangan, serta koordinasi yang membantu membentuk postur yang benar, mengembangkan otot, meningkatkan fungsi motorik. 

Nah, perlu kamu ketahui bahwa anak yang mengikuti kelas senam ini akan tumbuh menjadi anak yang luwes, kuat dan kokoh. Sebab, senam irama membutuhkan latihan fisik yang teratur dan kebiasaan hidup sehat. 

 

2. Menerapkan Kebiasaan Sehat

Seperti yang sudah disebutkan bahwa manfaat senam irama juga berdampak pada penerapan kebiasaan sehat. Memulai senam irama di usia dini membantu menerapkan pola hidup sehat untuk anak, sehingga secara tidak langsung membentuk kebiasaan dan keterampilan yang baik sejak kecil.

Terlibat sejak dini dalam senam irama membantu mendorong gaya hidup sehat, termasuk aktivitas fisik secara teratur dan mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang. Dengan begini, tentu saja kesehatan tubuh dapat semakin terjaga, kan?

 

3. Membangun Kepercayaan Diri yang Baik

Credit Image - cerdika.com

Senam ritmik melibatkan gerakan tubuh yang anggun, kelincahan, kelenturan, dan keseimbangan. Dengan demikian, senam ritmik membantu siapapun yang melakukannya untuk bergerak dengan percaya diri dan anggun. 

Selain itu, karena kebutuhan untuk melakukan rutinitas di bawah tekanan yang kuat dan melatih keterampilan yang sama berulang-ulang, pesenam irama mengembangkan karakter yang kuat. Senam adalah olahraga dengan dedikasi dan tekad yang kukuh. Pesenam perlu berlatih keras untuk dapat mempertahankan kualitas yang dibutuhkan.

 

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Olahraga senam merupakan aktivitas yang direkomendasikan oleh American Heart Association – bahkan, olahraga ini sangat direkomendasikan bagi orang-orang yang memiliki risiko terkena penyakit jantung. Manfaat senam irama dapat membantu menguatkan jantung dan membantu kinerjanya. Hal ini juga bisa membuat darah terpompa secara maksimal ke seluruh tubuh.

Selain itu, manfaat senam irama pun dapat membantu menjaga pembuluh darah agar bersih dengan meningkatkan kolesterol baik – atau disebut sebagai HDL. Sementara, senam secara rutin juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL di dalam darah.

Untuk memperoleh manfaat senam yang satu ini, kamu direkomendasikan melakukannya sebanyak lima kali dalam seminggu, dengan durasi 30 menit setiap sesinya.

 

5. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Credit Image - bola.com

Manfaat senam irama yang bisa kamu peroleh, yaitu sistem kekebalan tubuh dapat semakin kuat. Para peneliti di Pennysylvania State University meneliti kelompok wanita aktif – dan tidak aktif, serta dampak olahraga terhadap sistem kekebalan tubuh para peserta penelitian. Hasil penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurnal Neuroendocrinology Letters.

Peneliti mengamati satu kelompok berolahraga di atas treadmill selama 30 menit, sementara kelompok lainnya melakukan aktivitas intens selama 30 detik, dan kelompok terakhir tidak berolahraga. Hasilnya, peneliti menemukan bahwa olahraga senam yang dilakukan dalam intensitas sedang – dan secara teratur dapat meningkatkan antibodi tertentu dalam darah yang disebut sebagai imunoglobin.

Sementara itu, kelompok wanita yang tidak berolahraga tak menunjukkan peningkatan fungsi sistem kekebalan tubuh dan kadar kortisol pun jauh lebih tinggi, dibandingkan dengan kelompok aktif. Jadi bisa disimpulkan bahwa manfaat senam termasuk bisa meningkatkan imun tubuh.

Nah, selain dengan melakukan senam irama, menjaga imunitas tubuh pun perlu diimbangi dengan gaya hidup sehat lainnya, seperti menerapkan pola makan seimbang, istirahat yang cukup, serta mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral harian.

Vitamin dan mineral berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Kedua nutrisi ini bisa diperoleh dari sumber makanan sehat, seperti sayur dan buah, serta memaksimalkan asupannya dengan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu ya!

Dan, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active – dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas ya!

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya.

 

Wah, gimana? Sekarang kamu sudah tidak lagi penasaran terhadap manfaat senam irama, kan? Aktivitas yang satu ini bisa mendatangkan berbagai manfaat baik di atas, lho.

 

 

Featured Image – tirto.id

Source – halodoc.com