Motorik halus merupakan salah satu kemampuan yang perlu diasah sejak anak berusia dini. Motorik halus adalah tindakan Si Kecil dalam menggunakan otot-otot keclnya, seperti di bagian tangan dan jari untuk mengontrol benda berbagai bentuk dan ukuran.

Si Kecil menggunakan keterampilan motorik halus, misalnya dengan memegang benda kecil di antara jari – dan jempolnya, atau bisa juga menggunakan mulutnya untuk mencicipi makanan dengan rasa yang berbeda.

Motorik halus adalah keterampilan yang biasanya berkembang seiring tubuh anak menjadi stabil ketika bergerak, serta saat kognitif dan sosialnya berkembang. Sejumlah hal ini merupakan dari perkembangan motorik anak, karena ia perlu belajar menggunakan tangannya dengan baik untuk dapat mengontrol objek dan memperoleh kemandirian, seperti saat makan dan berpakaian.

Berikut ini tahapan perkembangan motorik halus anak berdasarkan usianya.

 

 

Tahapan Perkembangan Motorik Anak Usia 1 Tahun

Credit Image - sehatq.com

Begitu Si Kecil mencapai umur 1 tahun, ia akan memiliki kontrol yang lebih baik atas jari-jari mungilnya dan kontrol otot tangan yang lebih baik dari sebelumnya. Keingintahuan Si Kecil akan membuatnya semangat mempelajari dunia sekitar.

Alat musik yang bisa ia goyangkan dan pukul akan membuatnya senang, seperti halnya mainan dengan kancing, roda, dan bagian yang berwarna-warni lainnya yang bergerak.

Tumpukan balok juga menjadi permainan favorit di usia ini, terutama bagian di mana Ia bisa merobohkan sebuah menara yang moms dan dads serta anak bangun bersama. Kegiatan yang dapat membantu perkembangan keterampilan motorik halus anak yang berumur 1 tahun:

  • Bantu Si Kecil mengisi dan mengosongkan wadah dengan benda dengan berbagai bentuk dan ukuran adalah salah satu kegiatan mengasah keterampilan motorik halus anak usia dini.
  • Duduklah berhadapan dengan si kecil dan ajak ia untuk menggelindingkan bola ke arah moms dan dads.
  • Mintalah Si Kecil untuk menunjuk berbagai bagian tubuh saat moms dan dads mengucapkan nama bagian tubuh tersebut.
  • Bantu dia menciptakan bentuk seperti bola dan ular dengan play dough.
  • Tunjukkan kepadanya sebuah foto keluarga dan minta ia untuk menunjukkan anggota keluarga yang berbeda.
  • Bermainlah ‘cilukba’ dengannya dan ajak Ia untuk meniru tindakan moms dan dads.
  • Sembunyikan mainan di bawah kain dan biarkan ia menemukannya sendiri.

 

Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 2 Tahun

Pada usia ini, Si Kecil sudah lebih bisa menggerakkan jari mereka secara mandiri, menggunakannya dalam tugas yang lebih rumit misalnya memegang peralatan makan seperti orang dewasa, memotong menggunakan gunting yang aman bagi anak, juga membuat gambar yang lebih rumit dan presisi.

Ia sekarang berkembang berdasarkan apa yang dipelajari di tahun pertamanya, dan kamu akan melihatnya kini menjadi lebih mandiri dalam kegiatan, dan akan berinisiatif mencoba lebih banyak tugas dan aktivitas sendiri.

Kegiatan yang dapat membantu perkembangan keterampilan motorik anak usia dini Si Kecil yang berumur 2 tahun:

  • Ajak dia untuk membangun menara dengan empat atau lebih balok.
  • Tempatkan makanan kecil seperti kacang polong atau jagung di piring dan biarkan si kecil menggunakan garpu bayi untuk memakannya, yang mana ini akan membantunya menguasai koordinasi tangan dan mata.
  • Nyanyikan lagu anak-anak saat Ibu membantunya mencuci tangan.
  • Libatkan ia dalam mengatur meja makan (menempatkan piring dan alat makan miliknya sendiri di atas meja).
  • Tunjukkan padanya bagaimana melipat serbet besar dan ajak untuk meniru contoh dari moms dan dads.
  • Taruh play dough dengan warna berbeda di atas meja agar Ia bisa membuat berbagai bentuk seperti bola dan ular.

 

Perkembangan Motorik Anak Usia 3 Tahun

Credit Image - sehatq.com

Mulai usia tiga tahun, perkembangan motorik, verbal, kognitif, dan interaktif si kecil berubah secara signifikan. Ia sekarang bisa mendengarkan apa yang Ibu katakan serta memahami percakapan, cerita dan lirik lagu. Sepanjang tahun, coretan acaknya mulai terlihat seperti huruf yang bisa dikenali dan bahkan mungkin mulai menyusun "huruf" untuk membuat kata-kata. Si Kecil menjadi sadar akan kegunaan untuk menulis dan mungkin meminta orang dewasa untuk menuliskan kata-kata untuknya.

Kegiatan yang dapat membantu perkembangan keterampilan motorik halus si kecil yang berumur 3 tahun:

  • Berikan Ia senar / tali dan manik-manik besar, dan bantu si kecil memasang manik-manik tersebut
  • Bantu Si kecil menyendok pasir atau kerikil dari satu wadah ke wadah lainnya
  • Ajak ia untuk membuat bentuk yang lebih kompleks dengan menggunakan play dough, misalnya membuat kue berlapis-lapis
  • Tunjukkan padanya bagaimana menumpuk gelas plastik dengan berbagai warna dan memintanya untuk mengulang kegiatan tersebut
  • Tuliskan namanya di atas kertas dan mintalah ia untuk menempelkan stiker pada garis di masing-masing huruf.
  • Minta Si kecil untuk mengambil potongan kertas menggunakan pinset

 

Perkembangan Motorik Anak Usia 4 tahun

Pada usia ini, Si Kecil dapat terlibat dalam permainan aktif dalam jangka waktu yang lebih lama. Ia sekarang memiliki kontrol lebih terhadap benda dengan berbagai bentuk dan ukuran – serta moms dan dads akan melihat bahwa ia kini mampu melempar, menangkap, menendang, dan memantulkan bola.

Peningkatan terhadap kontrol jarinya memungkinkannya untuk memegang alat tulis dengan pegangan tripod yang lebih baik, menggunakan tiga jari. Kemajuannya dalam koordinasi mata dan tangan akan memampukan Si Kecil untuk menyelesaikan mainan puzzle yang lebih kompleks, memainkan benda atau mainan yang memiliki bagian kecil, serta berpakaian dan melepasnya tanpa bantuan orangtua.

Kegiatan yang dapat membantu perkembangan keterampilan motorik halus si kecil yang berumur 4 tahun:

  • Bimbing saat ia menuangkan air ke cangkirnya sendiri
  • Bantu si kecil menggunakan gunting khusus anak yang aman untuk memotong gambar dari majalah dan menempelkannya di lembar terpisah
  • Lempar bola kecil kepadanya dari dekat dan minta ia melemparkannya kembali padamu.
  • Buat aktivitas dengan menempelkan pasta yang belum dimasak ke atas lembaran kertas untuk membuat benda yang sudah dikenal, misalnya: menggambar rumah dan menempelkan pasta di dalam garis.
  • Tempatkan pasir ke dalam wadah dan mintalah Si Kecil menggambar garis atau bentuk tertentu di pasir tersebut menggunakan jarinya.

 

Perkembangan Motorik Anak Usia 5 tahun

Credit Image - orami.co.id

Pada usia ini, Si Kecil penuh energi dan memiliki minat pada permainan dan lingkungan yang aktif karena kini Ia memiliki kemampuan motorik yang meningkat dalam menyeimbangkan dan mengoordinasikan gerakan yang memungkinkannya melakukan sebagian besar kegiatan bermain menggunakan bola.

Anak juga bisa menggunakan jari-jarinya untuk kegiatan lebih kompleks seperti mengendalikan alat tulis dan melukis, mengenakan dan melepas pakaian boneka, serta memperbaiki/melepaskan risleting dan kancingnya.

Kegiatan yang dapat membantu perkembangan keterampilan motorik halus si kecil yang berumur 5 tahun:

  • Ajak Si Kecil untuk membantu menyiapkan meja makan untuk makan malam
  • Minta Si Kecil mempersiapkan diri untuk mandi dengan melepaskan pakaiannya sendiri
  • Tempatkan beberapa play dough dengan warna berbeda di atas meja dan mintalah Si Kecil untuk membuat wajah dengan semua detilnya (mata, hidung, mulut dan telinga)
  • Biarkan ia membuat gambar yang mencakup bagian detail. Misalnya, lingkungan pantai dengan gambar matahari, air, pasir, dan orang-orang.
  • Tunjukkan padanya bagaimana memainkan alat musik yang berbeda yang membutuhkan gerakan lengan yang berbeda. Misalnya, drum dan piano.

 

Perkembangan Motorik Anak Usia 6 tahun

Si Kecil berusia enam tahun sangat senang aktif bergerak di berbagai kegiatan. Meski keterampilan motorik halusnya masih berkembang, Ia sangat antusias untuk mengeksplorasi dan mencoba aktivitas dan olahraga baru.

Pada usia ini, perkembangan keterampilan Si Kecil akan bervariasi berdasarkan paparan terhadap berbagai aktivitas yang memberinya stimulasi. Si Kecil yang berpartisipasi dalam kegiatan seperti kelas tari, olahraga berkelompok, atau bahkan bermain di kebun mungkin menunjukkan tanda-tanda perkembangan keterampilan yang lebih cepat daripada mereka yang kurang aktif.

Kegiatan yang dapat membantu perkembangan keterampilan motorik halus si kecil yang berumur 6 tahun:

  • Minta Si Kecil untuk menggambar berdasarkan lingkungan sekitarnya sedetail mungkin.
  • Ajak Si Kecil berlatih menuliskan namanya sendiri.
  • Tunjukkan padanya bagaimana mengikat tali sepatu dan minta ia untuk meniru contoh dari moms dan dads.
  • Minta ia untuk menaruh bola di atas sendok kemudian memegang sendok tersebut sambil berjalan di garis atau pola, ia harus menjaga keseimbangan agar tidak menjatuhkan bola.
  • Berikan selembar kertas kosong dan pensil warna yang berbeda dan mintalah ia untuk menggambar keluarganya secara rinci.

 

Tetap Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anak untuk Dukung Pertumbuhannya

Credit Image - beritagar.id

Melakukan berbagai langkah untuk mendukung kemampuan motorik halus Si Kecil – memang perlu dilakukan. Selain itu, moms dan dads juga perlu memenuhi kebutuhan nutrisi anak, agar pertumbuhannya semakin optimal.

Moms dan dads disarankan melakukan sejumlah hal berikut ini:

  • Penuhi kebutuhan nutrisi anak sehari- hari. Pastikan ia mendapat makanan bergizi seimbang, yang kaya akan sejumlah vitamin dan mineral penting, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, asam folat, zinc, kalsium, selenium, omega 3, dan omega 6.
  • Perhatikan asupan cairan anak. Jangan sampai si kecil mengalami dehidrasi.
  • Berikan ia camilan sehat seperti buah – kamu bisa mengolahnya dalam bentuk jus.
  • Beri multivitamin khusus anak untuk optimalkan pertumbuhannya.

Berkaitan dengan multivitamin anak – kamu bisa berikan multivitamin sirup yang mengandung sejumlah vitamin penting, seperti Enervon-C Plus Sirup yang memiliki kandungan vitamin lengkap untuk si kecil, yaitu, Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Sejumlah vitamin tersebut, dapat membantu anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

Untuk memperoleh produk Enervon yang asli, kamu bisa segera mengunjungi kunjungi official store-nya di Tokopedia, ya.

 

Perkembangan motorik halus adalah kemampuan yang harus diasah sejak dini. Dalam hal ini, kamu bisa melakukan berbagai cara di atas untuk memaksimalkan kemampuan anak yang satu ini!

 

 

Featured Image – berkeluarga.id

Source – nutriclub.co.id