Pegal dan nyeri otot merupakan keluhan yang seringkali dirasakan. Kondisi ini pun berupa rasa tidak nyaman – atau nyeri yang biasanya timbul di bagian bahu, punggung, lengan, lutut, dan pergelangan kaki. Dari sini, tubuh pun bisa terasa sakit, untuk menghilangkannya, ada berbagai cara mengatasi badan sakit semua yang bisa dilakukan, lho.

Rasa pegal dan nyeri otot biasanya terjadi karena adanya gangguan pada sendi atau jaringan di sekitarnya, seperti tendon, ligament, tulang, dan otot. Tingkat keparahannya pun berbeda-beda, mulai dari ringan, sedang, dan parah.

Namun, sebenarnya apa penyebab rasa pegal dan nyeri pada otot dan bagaimana cara mengatasi badan sakit semua? Berikut ini informasinya!

 

 

Penyebab Otot Terasa Pegal dan Sakit

Credit Image - health.kompas.com

Sebelum memasuki ulasan mengenai cara mengatasi badan sakit semua, berikut ini deretan penyebab otot terasa pegal dan nyeri yang penting untuk kamu ketahui.

1. Olahraga berlebihan

Olahraga yang dilakukan secara rutin memang baik untuk menjaga kebugaran tubuh. Namun jika dilakukan secara berlebihan, olahraga justru dapat menyebabkan pegal dan nyeri otot. Hal ini karena sendi, tulang, dan otot, dipaksa berkerja lebih keras, sehingga menyebabkan bagian-bagian tersebut menegang.

 

2. Mengangkat beban berat

Mengangkat beban yang terlalu berat juga bisa menjadi penyebab munculnya pegal dan nyeri otot. Hal ini karena saat mengangkat beban yang terlalu berat, otot di punggung akan berkontraksi atau menegang. Hal ini membuat area tersebut menjadi pegal dan nyeri otot.

Tidak hanya itu, memindahkan barang dengan posisi tubuh yang salah juga bisa menyebabkan pegal dan nyeri otot pada bagian punggung.

 

3. Berdiri atau duduk terlalu lama

Berdiri dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan pegal dan nyeri otot. Pada saat berdiri, beban tubuh akan dipusatkan pada sendi-sendi tungkai, terutama lutut. Hal inilah yang membuat lutut kamuterasa pegal dan nyeri otot.

Selain itu, duduk terlalu lama juga bisa menyebabkan munculnya pegal dan nyeri otot, karena sendi tidak digerakkan. Apalagi jika posisi duduknya salah, di mana sendi tertentu pada tulang belakang tertekuk atau harus menopang tubuh dalam posisi yang tidak nyaman.

 

4. Cedera

Cedera yang terjadi saat olahraga atau terjatuh bisa menjadi penyebab munculnya rasa pegal dan nyeri otot di area tubuh yang mengalami benturan. Risiko cedera saat berolahraga akan semakin besar jika kamu tidak melakukan peregangan atau pemanasan terlebih dahulu.

 

Cara Mengatasi Badan Sakit Semua

Credit Image - halodoc.com

Untukmu yang mengalami kondisi ini, ada beragam cara mengatasi badan sakit semua yang dapat kamu lakukan:

1. Beristirahat

Mengistirahatkan bagian tubuh yang terasa pegal dan nyeri otot merupakan cara paling sederhana untuk meredakan keluhan ini. Dengan beristirahat, kamu memberi waktu bagi sendi untuk melakukan pemulihan, sehingga rasa pegal dan nyeri otot juga akan berkurang.

 

2. Mengompres bagian tubuh yang pegal

Kamu bisa mengompres bagian tubuh yang terasa pegal dan nyeri otot menggunakan es. Selain membantu meredakan pegal dan nyeri otot, mengompres juga bisa mengurangi pembengkakan. Kompreslah bagian tubuh yang terasa pegal dan nyeri otot selama 10-20 menit, menggunakan es batu yang dibungkus kain atau handuk. Ulangi beberapa kali sehari hingga rasa pegal dan nyeri otot reda.

 

3. Konsumsi Vitamin B Kompleks

Cara mengatasi badan sakit semua bisa dilakukan dengan mengonsumsi vitamin B kompleks yang bekerja langsung pada otot. Seperti vitamin B1 yang dapat membantu mengurangi rasa pegal dan capek pada bagian otot.

Selain itu, vitamin B3 juga mampu menghilangkan capek dan pegal, termasuk pegal pada kaki. Ini karena vitamin B3 ternyata mampu mengolah asupan karbohidrat, lemak, dan protein menjadi energi. Dengan jumlah energi yang cukup, maka kamu akan terhindar dari rasa lelah.

Mengonsumsi vitamin B6 juga dianggap penting sebagai cara mengatasi badan sakit semua. Mengutip Alternative Medicine Review, vitamin B6 erat kaitannya dengan anemia. Vitamin B6 sebagai vitamin untuk kaki pegal hadir dalam bentuk pyridoxal 5' phosphate. Senyawa ini nyatanya telah terbukti membantu produksi hemoglobin pada tubuh.

Bagi orang dengan anemia defisiensi hemoglobin, ia akan merasakan gejala letih dan pusing, padahal hemoglobin sangat dibutuhkan dalam membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan tubuh, termasuk kaki.

Dan vitamin B12 juga dapat membantu mengurangi rasa lelah dan pegal pada bagian otot. Saat kamu alami kekurangan B12, maka otot akan menjadi lemah dan refleks gerak berkurang. Di sisi lain, kekurangan vitamin ini juga bisa menyebabkan otot malah menegang. Ketika otot menegang, maka ini akan membuat area tubuh seperti kaku menjadi pegal. Sementara otot yang lemah adalah tanda kelelahan.

Oleh karena itu, kamu perlu mengonsumsi suplemen biar tidak gampang capek yang memiliki kandungan vitamin B12 di dalamnya untuk mencegah tubuh terasa pegal.

 

Tips Memenuhi Kebutuhan Vitamin B Kompleks

Credit Image - suara.com

Cara mengatasi badan sakit semua bisa dilakukan dengan mengonsumsi vitamin B kompleks. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin yang satu ini, tidak hanya dari sumber makanan, sejumlah asupan suplemen biar tidak gampang capek di atas juga bisa kamu dapatkan dari konsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active setiap harinya.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Kandungan vitamin C di dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu menjaga kesehatan, sekaligus mendukung fungsi organ tubuh. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

Untuk mendapatkan produk Enervon, kamu bisa segera kunjungi e-commerce di Tokopedia.

 

Nah, gimana? Sekarang kamu sudah mengetahui berbagai cara untuk mengatasi badan sakit semua – yang mudah dilakukan, ya. Jika kamu sedang mengalami rasa lelah dan pegal di bagian tubuh, yuk, coba terapkan tips di atas!

 

 

Featured Image – hot.liputan6.com

Source – alodokter.com