Tak bisa dipungkiri, percaya diri adalah sesuatu yang penting dimiliki oleh seseorang. Hal ini pun penting, karena bisa membantu perkembangan jenjang karir di dunia kerja, lho. Rasa percaya diri bisa membuatmu menjadi yakin sepenuhnya dengan kemampuan diri sendiri – sekaligus membantumu tidak ragu dalam membuat keputusan besar.

Meski demikian, sayangnya percaya diri adalah hal yang tidak bisa dimiliki begitu saja, bahkan banyak orang yang sering mempermasalahkan rasa percaya diri yang rendah. Permasalahan ini pun bisa semakin parah jika kamu melakukan berbagai kebiasaan yang bisa menurunkan percaya diri.

Apa saja kebiasaan yang bisa menurunkan rasa percaya diri? Berikut ini informasinya!

 

 

Berlebihan dalam Bermain Media Sosial

Credit Image - detik.com

Melihat banyak orang yang mengunggah pencapaian hidupnya di media sosial, kamu menjadi kurang percaya diri dengan hidupmu sendiri. Misalnya saja, saat kamu melihat beberapa orang berlomba untuk mengumbar besaran gaji yang dimiliki.

Hal ini lantas membuatmu merasa insecure dan mempertanyakan kemampuan dirimu sendiri. Kalau merasa seperti ini, tak ada salahnya untuk membatasi waktumu dalam bermain media sosial. Ingat, sesuatu yang ada dalam dunia maya tidak menggambarkan sepenuhnya kehidupan nyata seseorang.

 

Terlalu Sering Berpikir Negatif

Berpikir negatif atau disebut juga negative thinking sebenarnya tidak sepenuhnya buruk. Kadang kala, memikirkan sesuatu terburuk dibutuhkan untuk menjaga pikiran yang realistis. Namun demikian, lain ceritanya apabila kamu sudah terlalu banyak berpikir negatif. Kebiasaan ini bisa membuat kepercayaan dirimu menurun drastis.

 

Sikap Perfeksionis Berlebihan

Credit Image - kumparan.com

Pribadi yang mempunyai perfeksionis biasanya akan berusaha sekuat tenaga untuk menampilkan sesuatu yang sempurna. Ketika melakukan pekerjaan, mereka bisa penuh ambisi untuk merevisi lagi dan lagi pekerjaannya agar bisa sesempurna mungkin.

Sayangnya, hal ini bisa menguras energi dan pikiranmu juga, lho. Selain itu, melihat pekerjaan yang tak kunjung kelar akibat sikap perfeksionis berlebih pun dapat berpengaruh terhadap menurunnya rasa percaya diri. Kamu menjadi tidak yakin dengan apa yang tengah kamu kerjakan.

 

Hanya Fokus dengan Pencapaian Orang Lain

Kebiasaan berikutnya yang jarang disadari bisa membuat rasa percaya diri menurun berkaitan dengan kebiasaan pada nomor satu tadi, yakni hanya fokus dengan pencapaian orang lain. Kamu terlalu mudah untuk melihat ke luar dibanding melihat ke dalam.

Orang lain sudah berhasil mencapai ini dan itu, sedangkan kamu merasa bahwa sedang jalan di tempat. Setiap orang mempunyai waktunya masing-masing. Daripada hanya fokus dengan hal yang sudah diraih orang lain, mengapa tidak memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk mengembangkan dirimu sendiri?

 

Tidak Menjaga Stamina Tubuh

Credit Image - halodoc.com

Mungkin kamu bertanya-tanya, apa kaitan stamina tubuh dengan rasa percaya diri yang tinggi? Perlu diketahui, menjaga kepercayaan diri bisa membantu meningkatkan produktivitas dan semangat dalam bekerja, lho. Sayangnya, masih banyak yang menanggap sepele hal yang satu ini!

Nah, agar stamina sekaligus produktivitas tetap terjaga maksimal, memiliki rasa percaya diri tidak cukup. Kamu juga perlu menerapkan gaya hidup sehat yang meliputi beristirahat yang cukup, mengonsumsi makanan bergizi, serta rutin melakukan aktivitas fisik, kamu juga perlu mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral harian.

Vitamin dan mineral dapat membantu proses metabolisme – yang berperan untuk membentuk energi tubuh sehingga membuatmu lebih produktif.

Nah, tak hanya dari sumber makanan saja, tapi vitamin dan mineral dapat diperoleh dari konsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active yang pastinya aman diminum setiap hari dan nyaman di lambung.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan bisa semakin produktif dalam menjalani aktivitas harian.

Untuk mendapatkan produk Enervon, kamu bisa segera kunjungi e-commerce di Tokopedia.

 

Rasa percaya diri adalah suatu hal yang penting dimiliki setiap orang, karena bisa membantu jenjang karir di dunia kerja. Untukmu yang masih memiliki masalah terhadap kepercayaan diri, cobalah hilangkan deretan kebiasaan di atas, ya!

 

 

Featured Image – codemi.co.id

Source – yoursay.suara.com