Tahukah kamu bahwa sistem imunitas anak masih lemah, sehingga sangat rentan terkena serangan virus, bakteri, dan kuman penyebab penyakit? Ya, untuk itu mendapatkan asupan vitamin anak yang bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh sangat penting, lho.

Ketika imunitas anak sedang menurun, maka ia pun akan lebih mudah jatuh sakit. Vitamin anak yang bagus untuk meningkatkan kekebalan juga sangat penting guna menambah nutrisi dalam tubuh Si Kecil, mengingat ia juga membutuhkan asupan nutrisi penting agar tumbuh kembangnya optimal.

Lantas, apa saja jenis vitamin anak yang bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh – sekaligus memaksimalkan tumbuh kembangnya? Simak informasinya di bawah ini, yuk!

 

 

Vitamin A

Credit Image - klikdokter.com

Vitamin anak yang bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya, yaitu vitamin A. Jenis vitamin yang satu ini mungkin dikenal sebagai nutrisi untuk menjaga kesehatan mata. Padahal, vitamin A juga termasuk vitamin daya tahan tubuh yang bagus untuk anak.

Vitamin A berperan dalam pembentukan sel darah putih yang mampu melawan virus, bakteri, dan kuman yang masuk ke dalam tubuh. Jika tubuh anak memproduksi sel darah putih dengan baik, maka kemampuannya sebagai antibodi pun akan lebih optimal. Sumber vitamin daya tahan tubuh yang bagus ini bisa didapatkan dari hati sapi, ubi jalar, wortel, brokoli, labu, tomat, dan semangka.

 

Vitamin B

Vitamin B juga termasuk jenis vitamin anak yang bagus untuk daya tahan tubuh, lho. Ini termasuk vitamin B1, vitamin B6, vitamin B9, dan vitamin B12.

Selain meningkatkan daya tahan tubuh, kelompok vitamin B ini memiliki manfaat lain, seperti vitamin B1 yang berfungsi menjaga kesehatan otak dan jantung, vitamin B6 untuk menjaga daya tahan tubuh juga berperan untuk meningkatkan produksi sel darah merah.

Lalu, ada pula vitamin B9 yang berperan dalam meningkatkan metabolisme DNA, serta vitamin B12 maupun vitamin B kompleks yang berperan dalam pembentukan protein, sel darah, dan jaringan tubuh. Vitamin B banyak terdapat pada daging ayam, ikan, hati sapi, telur, kacang-kacangan, biji-bijian, brokoli, bayam, buncis, tomat.

 

Vitamin C

Credit Image - liputan6.com

Vitamin C merupakan vitamin anak yang bagus untuk meningkatkan kekebalan. Manfaat yang satu ini juga sudah dikenal banyak orang. Peranan vitamin C dalam menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh memang sudah terbukti. Selain membentuk antibodi untuk melawan serangan bakteri, virus, dan kuman dalam tubuh. 

Vitamin C juga mengandung antioksidan yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi, membantu produksi kolagen untuk kesehatan kulit, mencegah kerusakan sel, serta mempercepat proses penyembuhan luka. Sumber vitamin C yang bisa kamu berikan kepada si kecil antara lain jeruk, stroberi, mangga, kiwi, jambu biji, pepaya, bayam, dan brokoli.

 

Vitamin D

Vitamin D memang terkenal bisa membantu menguatkan tulang dan otot pada anak. Namun, bisa juga sebagai vitamin daya tahan tubuh yang bagus untuk anak lho. Sebuah penelitian menunjukkan orang yang kekurangan vitamin D lebih rentan terkena influenza dan gangguan pernapasan lainnya. 

Nah, kamu bisa mendapatkan manfaat vitamin D dari sumber makanan, seperti ikan salmon, ikan sarden, ikan tuna, udang, jamur, kuning telur. Vitamin D juga bisa didapatkan dengan cara berjemur di bawah sinar matahari pagi. 

 

Lengkapi Asupan Vitamin Anak dengan Memberi Suplemen Tambahan

Credit Image - review.bukalapak.com

Tidak hanya dari sumber makanan, namun vitamin anak yang bagus untuk daya tahan tubuh juga bisa diperoleh dengan mengonsumsi suplemen tambahan. Ini juga disarankan guna memaksimalkan pemenuhan nutrisi agar tumbuh kembang Si Kecil makin maksimal.

Kamu direkomendasikan memberi suplemen tambahan, seperti Enervon-C Plus Sirup, lho. Multivitamin andalan ini memiliki kandungan lengkap, seperti Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Deretan vitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuhnya agar tidak mudah sakit, menjaga anak tetap aktif selama masa pertumbuhan, meningkatkan napsu makan, sekaligus dapat membantu pembentukan tulang dan gigi.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya.

 

Wah, gimana? Sekarang kamu sudah tahu ya beragam macam vitamin anak yang bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Pastikan Si Kecil sudah memperoleh sejumlah nutrisi tersebut secara rutin, ya!

 

 

Featured Image – genpi.co

Source – ibudanbalita.com