Menjadi seorang pebisnis mungkin merupakan keinginan sebagian besar pekerja, apalagi generasi milenial. Apakah kamu setuju? Namun, menjadi wirausaha tentu tidak bisa sembarangan, lho. Diperlukan berbagai keahlian – dan langkah tepat agar usaha yang dibangun dapat sukses.

Berwirausaha bisa dikatakan sebagai membangun bisnis sendiri, sehingga akhirnya dapat menjadi penerus dalam menciptakan lapangan kerja di masa mendatang. Tapi, gimana caranya agar bisa mencapai kesuksesan dalam membangun bisnis?

Jika sebelumnya Enervon sudah membahas soal apa manfaat seorang wirausaha? Kali ini ada informasi soal tips menjadi seorang wirausaha sukses yang dapat diterapkan. Yuk, simak informasinya sampai habis!

 

 

Apa Itu Wirausaha?

Credit Image - news.unair.ac.id

Disebut juga sebagai entrepreneur – atau pengusaha, yaitu seorang pelaku bisnis yang menjalankan wirausahanya. Seorang entrepreneur mengambil risiko finansial – yang secara umum lebih besar daripada pelamar kerja.

Kemampuan, dan keberanian, untuk mengalkulasi dan mengambil risiko inilah yang tak dimiliki kebanyakan orang. Itulah sebabnya jumlah pelamar kerja cenderung lebih banyak daripada jumlah entrepreneur – yang lebih dikenal sebagai pengusaha atau wirausahawan dalam Bahasa Indonesia

Untuk menjadi wirausaha, kamu tak harus menunggu lulus sekolah atau kuliah, lho. Dengan kata lain, kalau cita-citamu menjadi pengusaha sukses atau wirausahawan sukses, Sobat bisa memulainya sejak... sekarang!

 

Dunia Butuh Seorang Wirausaha, Lho! Mengapa Demikian?

Credit Image - suara.com

Bagi sebagian, atau bahkan kebanyakan, orang rencana hidup setelah sekolah itu kuliah dan melamar kerja. Kamu kebayang nggak, kalau teman-temanmu satu sekolah semua melamar kerja? Siapa yang bakal ngasih kerja?

Sebenarnya sesederhana supply dan demand itu sih, kenapa kita butuh entrepreneur. Bahkan jika memungkinkan, kamu butuh pengusaha muda, lho!

Namun sayangnya, kamu juga nggak banyak belajar tentang bagaimana menjadi entrepreneur saat sekolah maupun kuliah – at least, tidak banyak orang yang belajar dan mengembangkan diri biar kompeten saat melamar kerja setelah lulus. Alhasil, kamu harus belajar sendiri kalau ingin menjadi wirausahawan sukses.

 

Tips Menjadi Wirausaha Sukses

Credit Image - idcloudhost.com

Lantas, bagaimana caranya menjadi wirausaha yang sukses? Berikut ini tips yang bisa diterapkan!

1. Yakin dan Percaya Diri

Ketika sebagian besar teman-temanmu bercita-cita bekerja di perusahaan besar, kamu yang ingin memiliki dan menjalankan perusahaan, misalnya. Menjadi orang yang anti mainstream itu tidak gampang, lho.

Intinya, kamu harus menjadi orang yang percaya diri – dan ini merupakan modal terpenting jika kamu ingin menjadi seorang wirausaha yang sukses.

 

2. Ketahui Passion atau Minatmu

Minatmu itu di bidang apa, sih? Makanan? Teknologi? Fashion? Kita selalu punya semangat dan energi melimpah – alias passionate kalau mengerjakan sesuatu yang sesuai dengan passion. Misalnya suka fotografi, maka kamu rela menyisihkan uang jajan demi membeli tas buat kameramu yang berharga. Berburu foto di saat hujan sampai malam sekalipun.

Semangat juang pantang menyerah itulah jurus atau cara menjadi orang sukses, apapun bidang pilihanmu. Itulah sebabnya, mengetahui minat diri sendiri amat penting.

 

3. Jalani Bisnis yang Disukai dan Dikuasai

Suka fotografi saja, misalnya, takkan membuat kualitas fotomu luar biasa. Maka, belajar dan tingkatkan lagi skills yang dibutuhkan untuk memulai dan menjalankan bisnismu. Ikuti pelatihan, workshop, atau kelas-kelas hobi untuk mengasah kemampuanmu.

Bahkan terkadang untuk menjalankan sebuah bisnis, kamu akan membutuhkan lebih dari satu jenis workshop. Misalnya ingin menjalankan sebuah online shop di bidang fashion, kamu harus tahu bagaimana menghasilkan foto yang menarik dengan berbekal smartphone saja.

Kreativitas juga penting agar online shop-mu lebih tampil lebih menarik dari shops yang lain, dan masih banyak lagi persiapan yang harus dilakukan. 

 

4. Lihat Peluang dan Target Pasar

Jangan abai dengan peluang bisnis. Pada masa resesi akibat pandemi seperti sekarang, misalnya, seberapa baguskah prospek bisnis fashion? Siapa yang kamu inginkan untuk membeli dan menggunakan produkmu nanti? Ingat, salah satu syarat untuk menjadi wirausahawan yang baik dan sukses adalah mampu melihat peluang dan tahu siapa calon konsumen.

 

5. Siapkan Modal

Yang terakhir, kamu butuh modal finansial untuk memulai kegiatan wirausaha, bisnis, atau entrepreneurship. Namun untuk menjadi entrepreneur yang sukses, modal finansial bukan segala-galanya. 

Dalam menjalani bisnis, selain mengetahui tips menjadi wirausaha yang baik,  kamu juga perlu memerhatikan aspek lainnya, termasuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah ketika melakukan aktivitas harian.

Kamu pasti tahu bahwa mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap – dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Tak hanya itu, tapi multivitamin, terutama yang mengandung vitamin B kompleks – juga berfungsi untuk menjaga stamina tubuh, lho.

Kalau stamina tubuh sudah terjaga dengan baik, pastinya kamu bakal lebih mudah menjalani bisnis online, apalagi yang bergerak di bidang kuliner. Biasanya bisnis makanan bakal lebih sibuk, sehingga kamu butuh tenaga ekstra.

Nah, dalam hal ini, kamu direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active – multivitamin tepat untuk menemani berbagai rutinitas harian, dan pastinya nyaman di lambung. Kamu bisa meminumnya di waktu sahur dan berbuka puasa.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya produktivitas tidak akan terganggu, ya.

Untuk mendapatkan produk Enervon, kamu bisa segera kunjungi e-commerce di Tokopedia, ya.

 

Itulah beberapa tips sukses menjadi seorang wirausaha. Jadi tunggu apa lagi? Untukmu yang ingin membangun usaha, yuk, jangan terlalu lama bergumul dengan ide-ide tentang cara memulai bisnis – dan segera realisasikan rencanamu!

 

 

Featured Image – mitrapost.com

Source – akupintar.id