Ketika merasa sedih atau jenuh, pernahkah kamu merasa tergoda untuk mengonsumsi makanan manis, seperti es krim agar suasana hati menjadi membaik? Ya, mood booster adalah hal yang dibutuhkan dalam situasi tersebut.

Meski demikian, beberapa makanan manis dan berkalori tinggi memiliki dampak buruk bagi kesehatan, lho. Suasana hati yang buruk pun bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti tingginya tuntutan pekerjaan, lingkungan, kurang tidur, hingga kekurangan nutrisi.

Nah, sebagai gantinya, ada berbagai alternatif makanan mood booster yang tinggi akan kandungan nutrisi – dan pastinya sehat bagi tubuh. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

 

 

Ikan Berlemak

Credit Image - tthme.com

Untukmu yang sedang suntuk dengan kehidupan, mood booster adalah hal yang dibutuhkan, lho. Jenis makanan pertama, yaitu ikan berlemak – yang tentu sehat dan kaya akan kandungan nutrisi baik.

Ikan berlemak seperti salmon merupakan sumber asam lemak omega-3 yang penting untuk kesehatan. Salmon kaya akan omega-3 asam docosahexaenoic (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EPA) yang dapat menurunkan risiko depresi.

Dilansir Medical News Today, salmon merupakan sumber vitamin D yang sangat penting untuk tulang, gigi dan otot yang kuat. Dalam 3,5 ons salmon atau sekitar 100 gram menyediakan 2260 mg EPA dan DHA. Sebagian ahli menyarankan setidaknya dalam sehari orang dewasa mendapatkan 250-500 mg kombinasi EPA dan DHA. 

Mengonsumsi dua ikan salmon dalam satu minggu dapat memberikan triptofan yang cukup untuk kesehatan.

 

Cokelat Hitam

Mood booster berikutnya adalah cokelat. Makanan yang satu ini kaya akan senyawa yang dapat meningkatkan zat kimia perasaan senang di otak. Ia memiliki rasa, tekstur, dan aroma yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik.

Kandungan gula dalam cokelat merupakan sumber cepat bahan bakar untuk otak anda. Ia juga melepaskan senyawa yang dapat membuat anda merasa lebih baik seperti kafein, theobromine, dan N-acylethanolamine, zat yang mirip dengan cannabinoid yang dikaitkan dengan peningkatan suasana hati.

Kandungan Flavonoid yang terdapat dalam coklat dapat meningkatkan aliran darah ke otak, mengurangi peradangan serta meningkatkan kesehatan otak. Karena cokelat susu mengandung tambahan seperti gula dan lemak, sebaiknya pilih cokelat hitam yang memiliki flavonoid lebih tinggi dan gula lebih rendah dibanding jenis cokelat lainnya.

 

Pisang

Credit Image - marthastewart.com

Berikutnya, makanan mood booster yang dapat kamu konsumsi, yaitu pisang. Buah yang satu ini memang kaya akan vitamin B6 yang dapat meningkatkan hormon dopamin dan serotonin. Pisang juga termasuk sumber probiotik yang sangat baik. Buah ini mengandung serat dan gula. 

Saat dipasangkan dengan serat memungkinkan kadar gula dalam darah stabil dan dapat mengontrol suasana hati yang baik. Kekurangan kadar gula juga dapat menyebabkan iritabilitas dan perubahan mood.

 

Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung banyak protein nabati, lemak sehat dan serat yang baik. Tak hanya itu, mereka juga menyediakan triptofan untuk memproduksi serotonin. Almond, kacang mete, kacang tanah, kenari, labu, wijen dan biji bunga matahari adalah sumber triptofan yang baik.

Kacang-kacangan dan biji-bijian tertentu seperti kacang Brazil, almond dan kacang pinus merupakan sumber seng dan selenium yang baik. Kekurangan mineral ini dikaitkan dengan tingkat depresi yang lebih tinggi.

 

Buah Beri

Credit Image - foodal.com

Mengonsumsi buah dan sayuran yang cukup ternyata dikaitkan dengan tingkat depresi lebih rendah. Buah beri mengandung antioksidan dan senyawa fenolik yang memiliki peran dalam memerangi stres oksidatif. Buah ini tinggi akan antosianin yang dapat melawan penyakit dan menurunkan risiko depresi.

 

Makanan Tinggi Vitamin B Kompleks

Selain sejumlah makanan di atas, mood booster adalah sesuatu yang bisa kamu peroleh dari asupan vitamin B kompleks, lho.

Vitamin B kompleks sejatinya terdiri dari 8 jenis vitamin, yaitu vitamin B12 (kobalamin).

Lebih spesifik – gabungan vitamin tersebut memang dapat meningkatkan suasana hati dan energi dalam tubuh. Tapi, dari kedelapan vitamin B kompleks, terdapat empat jenis vitamin yang benar- benar berpengaruh pada mood seseorang, lho.

Dimulai dari vitamin B3 atau niasin yang memiliki peran dalam produksi serotonin, yaitu sebuah neurotransmiter yang memungkinkan sel otak dan sel saraf lainnya berkomunikasi. Jika kadar serotonin terlalu rendah, seseorang menjadi lebih mudah stres dan depresi.

Kemudian, ada juga vitamin B6 yang dikenal perannya untuk fungsi tubuh, fisik, dan psikologis. Vitamin B6 sangatlah penting, karena vitamin ini juga dapat memelihara kesehatan fungsi saraf. Hal ini juga seringkali dikaitkan dengan gangguan mental, termasuk depresi.

Vitamin B6 memiliki peran untuk metabolisme estrogen – yang berdampak pada mood seseorang. Sehingga, kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan suasana hati yang mudah berubah. Bahkan, pada wanita, kekurangan vitamin ini dapat menimbulkan gangguan pre-menstruasi dan depresi akibat ketidakseimbangan hormon.

Kemudian, vitamin B9 juga tidak kalah pentingnya dalam produksi sel baru di dalam tubuh. Jadi, kekurangan vitamin B9, tak hanya dapat memengaruhi fungsi tubuh, tetapi juga memicu timbulnya depresi.

Asam folat dapat bantu memiliki peran dalam mengatur suasana hati seseorang. Instruktur Kesehatan Nutrisi, Kerri Axelrod mengatakan bahwa banyak orang yang mengalami depresi – disebabkan oleh kurangnya kadar vitamin B12 dan vitamin B9.

Yang terakhir, vitamin B12 juga berperan penting dalam meningkatkan suasana hati. Vitamin ini dikenal sebagai nutrisi yang dapat membantu mendongkrak mood, sekaligus membentuk energi positif di dalam tubuh.

Untuk memperoleh sejumlah vitamin B kompleks, kamu bisa memperoleh asupan ini dari ikan salmon, daging sapi, susu, yogurt, sayuran berdaun hijau, dan telur. Selain itu, kamu juga direkomendasikan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap seperti Enervon Active.

Minum Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg – yang satu ini dapat berikan perlindungan ekstra, terlebih untukmu yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

Untuk yang punya masalah lambung sensitif, kamu bisa minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Sudah pasti, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C maupun Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama – serta berperan sebagai mood booster.

Dan, kandungan vtamin C di dalamnya bisa membantu menjaga sistem imun tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya, ya.

Untuk memperoleh produk Enervon yang asli, kamu bisa segera mengunjungi kunjungi official store-nya di Tokopedia, ya.

 

Mood booster adalah hal yang dapat kamu peroleh dari sejumlah makanan di atas. Jika suasana hatimu sedang memburuk, cobalah konsumsi asupan tersebut!

 

 

Featured Image – vegnews.com

Source – idntimes.com