Bagi karyawan yang sudah berkecimpung dalam dalam dunia kerja, skill – atau kompetensi adalah suatu keahlian yang harus terus ditingkatkan. Begitu pula dengan lulusan baru alias fresh graduate yang juga mesti punya kemampuan tersendiri agar perusahaan bisa tertarik padamu.

Meskipun masih minum pengalaman, tapi setidaknya kompetensi adalah hal yang harus dimiliki oleh fresh graduate, lho. Berbicara soal kompetensi, sebenarnya keahlian dapat diasah sejak kamu duduk di bangku kuliah. Lebih cepat lebih baik, ya?

Lantas, apa saja kompetensi yang sebaiknya dimiliki oleh fresh graduate? Berikut 6 di antaranya, yuk simak informasinya sampai habis!

 

 

1. Komunikasi

Credit Image - duniakaryawan.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kompetensi adalah hal yang perlu dimiliki setiap pekerja, termasuk fresh graduate yang baru akan memasuki dunia kerja. Nah, kemampuan yang pertama adalah komunikasi.

Sebagian besar dari kamu mungkin sudah memperdalam keterampilan komunikasi saat kuliah ketika mengikuti beragam organisasi di dalamnya. Skill ini harus dimiliki oleh seorang fresh graduate. Memiliki keterampilan komunikasi yang baik dapat membantumu dalam menyelesaikan pekerjaan.

Banyak perusahaan mencari kandidat karyawan yang pandai dalam berkomunikasi, baik secara verbal maupun nonverbal. Untungnya, keterampilan ini dapat kamu pelajari secara autodidak sehingga kamu bisa mempersiapkan diri dari sekarang.

 

2. Kerja Tim

Selain komunikasi, penting bagi kamu untuk menguasai keterampilan teamwork atau kerja sama tim. Dilansir dari Target Jobs, membangun hubungan kerja yang positif dapat membantu semua orang dalam mencapai tujuan bisnis.

Perusahaan juga mencari kandidat karyawan yang dapat bekerja secara fleksibel, baik bekerja secara mandiri ataupun secara tim. Tanpa adanya keterampilan kerja sama, sulit bagi kamu untuk mengikuti arus dunia kerja nantinya. Dengan begitu, pastikan bahwa kamu memiliki skill teamwork yang mumpuni.

 

3. Keahlian dalam Menyelesaikan Masalah

Credit Image - ekrut.com

Kompetensi adalah hal yang penting dimiliki setiap pekerja, termasuk fresh graduate. Nah, keahlian dalam menyelesaikan masalah – atau problem solving menjadi salah satu kompetensi yang penting untuk kamu miliki, lho.

Dalam dunia kerja, semua pekerja diharapkan dapat menyelesaikan masalah dengan baik tanpa menimbulkan masalah baru. Oleh karena itu, penting untuk memiliki  problem solving yang baik bagi seorang fresh graduate.

Dengan memiliki kemampuan ini, saat melihat suatu masalah kamu dapat menyelesaikannya dari berbagai sudut. Hal tersebut tentu sangat disukai oleh perusahaan yang nantinya akan mempekerjakanmu.

 

4. Keahlian Kepemimpinan

Leadership – atau keahlian kepemimpinan juga merupakan salah satu skill yang harus dimiliki oleh fresh graduate. Mungkin kamu memang tidak akan langsung diangkat jadi manajer saat pertama kali melamar kerja.

Namun, penting untuk menunjukkan bahwa kamu mempunyai potensi dalam memotivasi rekan kerja tim agar tetap semangat. Tidak hanya itu, skill leadership juga berguna ketika kamu memutuskan tenggat waktu pekerjaan dengan baik.

 

5. Public Speaking

Credit Image - wolipop.detik.com

Public speaking - atau keahlian berbicara di depan umum juga termasuk kompetensi yang penting dimiliki para lulusan baru. Jika tidak, sebaiknya kamu harus mengasahnya terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam dunia kerja.

Skill public speaking sangat penting untuk dimiliki oleh seorang fresh graduate. Pasalnya, ketika sudah bekerja, kamu pasti akan berbicara di depan banyak orang, baik ketika rapat besar dengan perusahaan maupun rapat kecil dengan tim.

Tidak hanya itu, kamu juga berpeluang untuk mempresentasikan sesuatu kepada klien atau perusahaan lainnya. Oleh karenanya, kamu bisa mengasahnya terlebih dahulu dengan mengikuti kelas online mengenai public speaking ataupun cara lainnya.

 

6. Manajemen Waktu

Berikutnya, kompetensi yang juga perlu dimiliki fresh gradiate adalah masalah mengatur waktu. Dikutip dari Actuarial Careersskill manajemen waktu juga penting untuk dimiliki oleh fresh graduate ketika hendak mencari kerja.

Dalam bekerja, kamu akan dituntut untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline. Biasanya, pekerjaan tersebut tidak hanya satu sehingga kamu harus pintar dalam melakukan manajemen waktu.

Agar kompetensi semakin meningkat – sekaligus menjaga produktivitas, pastikan kamu sudah memiliki asupan energi yang cukup. Jadi, kamu pun tetap merasa fokus dalam.

Memiliki energi yang cukup juga dapat mendukung produktivitas, jadi memperoleh masa depan yang sukses bukan lagi sekedar impian! Dalam hal ini, kamu bisa rutin mengonsumsi multivitamin yang punya kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu. Multivitamin tepat untuk menemani rutinitas harian – dan pastinya nyaman di lambung sensitif!

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa membuat kamu makin produktif, serta bisa mempertahankan tingkat fokus selama bekerja, ya.

Tak hanya baik untuk menjaga stamina tubuh, namun kombinasi kandungan vitamin di dalam Enervon Active juga ampuh dalam menjaga sistem kekebalan agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Manfaat yang satu ini bisa membuatmu tetap aktif, tanpa harus takut mudah jatuh sakit.

Untuk mendapatkan produk Enervon, kamu bisa segera kunjungi e-commerce di Tokopedia, ya.

 

Kompetensi adalah hal yang penting dimiliki setiap pekerja, termasuk para fresh graduate. Untukmu para lulusan baru, pastikan sudah punya kemampuan di atas yang juga dapat membantu meningkatkan jenjang karir!

 

 

Featured Image – ayosemarang.com

Source – glints.com