Berkendara menggunakan sepeda merupakan kebiasaan baik yang dapat menyehatkan tubuh dan mengurangi jumlah polusi udara. Di berbagai negara di dunia, kebiasaan ini telah menjadi budaya yang turun menurun. Bahkan, penduduknya lebih senang menggunakan sepeda dibanding kendaraan bermotor.

Berikut ini, beberapa negara yang senang menaiki sepeda dibanding menggunakan mobil atau motor!

1. Belgia

Credit: discoveringbelgium.com

Jika kamu pergi ke Belgia, kamu pasti akan melihat banyak orang- orang yang memakai sepeda ketika berpergian. Namun, meskipun banyak warga yang gemar menaiki sepeda untuk beraktivitas, di negara ini sepeda merupakan barang yang mahal lho!

Oleh karena itu, banyak warga yang memilih untuk menyewa sepeda. Tidak hanya warganya saja yang gemar menaiki sepeda, para anggota kerajaan dan beberapa pejabat juga senang menaiki sepeda.

2. Belanda

Credit: boblucky.com

Sampai saat ini, Belanja masih memegang predikat sebagai negara dengan rute sepeda terbaik di dunia, khususnya di kota Amstredam. Pemerintah Belanda juga memberikan fasilitas yang baik bagi pengguna sepeda.

Hampir di setiap kota di Belanda menyediakan lahan parkir sepeda dan jalan- jalan yang dibuat untuk sepeda pun sangat luas. Sedangkan, lahan parkir untuk mobil pribadi sangat dibatasi.

3, Jepang

Credit: jpninfo.com

Orang- orang di Jepang dikenal memiliki tingkat kesadaran yang tinggi dalam menjaga lingkungan. Meskipun Jepang merupakan salah satu produsen motor terbesar di dunia, tetapi orang Jepang lebih suka menggunakan sepeda saat berpergian, jika sedang tidak ingin naik transportasi umum. Sehingga udara di Jepang pun lebih bersih dan terjaga.

4. Tiongkok

Credit: adventurecycling.org

Tiongkok merupakan negara yang tidak pernah mengalami kemacetan, karena sebagian besar penduduknya selalu menggunakan sepeda.

Bahkan, Tiongkok pernah menjadi pemberitaan di media Internasional ketika terjadi kemacetan karena pengendara sepeda di Kawasan Shehzen, Tiongkok. Kemacetan tersebut berlangsung selama berhari- hari sampai para penggunanya pun banyak meninggalkan sepedanya di jalanan.

5. Swiss

Credit: luxuryswitzerland.com

Berkeliling di kota- kota Swiss sambil melihat pemandangan pegunungannya yang indah merupakan hal yang sulit untuk dilupakan. Swiss merupakan salah satu negara di Eropa yang memiliki pemandangan alam yang eksotis dan sangat indah. Para pendidik di Swiss gemar sekali menaiki gunung sambill bersepeda, lho!

 

Jadi, bagaimana? Seru bukan jika hal ini bisa diterapkan di negara kita. Mungkin dengan begitu, kualitas udara di Indonesia pun bisa jadi lebih baik lagi.

 

Featured Image - towardsdatascience.com