Ketagihan Makan Junk Food? Yuk, Coba Atasi dengan 5 Tips Berikut Ini!

Ketagihan Makan Junk Food? Yuk, Coba Atasi dengan 5 Tips Berikut Ini!

font size A Ǎ

Bagi kamu yang punya aktivitas padat – dan hidup di kota besar, tentunya jenis makanan cepat saji atau junk food pasti sudah tak asing lagi, kan? Sedikitnya waktu membuatmu kerap memilih makanan cepat saji sebagai menu makan sehari-hari.

Selain dianggap lebih praktis, junk food juga nikmat dan gampang ditemui. Faktor tersebutlah yang akhirnya juga membuatmu lebih sering mengonsumsi makanan cepat saji. Akhirnya, tidak sedikit yang kecanduan jenis makanan satu ini, lho.

Ingat, kecanduan junk food tentu tidak baik untuk kesehatan tubuh, karena memiliki nilai nutrisi rendah – dan bisa menyebabkan dampak buruk. Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah kecanduan makanan cepat saji?

Berikut 5 tips yang dapat kamu lakukan!

 

 

1. Berolahraga Rutin

Ketagihan Makan Junk Food? Yuk, Coba Atasi dengan 5 Tips Berikut Ini!

Credit Image - halodoc.com

Olahraga membuat kamu bahagia karena memproduksi endorfin – yang merupakan hormon rasa senang di otak.

Laporan penelitian berjudul "Pengaruh Latihan Fisik Intensitas Ringan Dan Sedang Terhadap Perubahan Kadar Hormon Beta–Endorphin Mencit (Mus Musculus L.) Hamil" dalam Biomedical Journal of Indonesia tahun 2017, olahraga disebut terbukti dapat meningkatkan kadar β-endorphin 4-5 kali dalam darah. Makin sering olahraga, makin tinggi pula kadar β-endorphin yang kita miliki.

Peningkatan β-endorphin terbukti berhubungan erat dengan penurunan rasa nyeri, peningkatan daya ingat, hingga memperbaiki nafsu makan. Nah, daripada kamu mencari kesenangan dari makanan, cobalah untuk berolahraga.

 

2. Makan Setengah Porsi

Menghentikan konsumsi makanan cepat saji pasti tidak mudah untuk sebagian orang. Karenanya, makan setengah porsi adalah salah satu solusi yang bisa dilakukan.

Sebagai alternatifnya, cobalah membeli ayam yang ukurannya kecil dan pilih bagian dada. Kalau masih terlalu besar, makan setengahnya saja. Untuk mengantisipasi rasa lapar yang masih timbul, atasi dengan makan salad.

 

3. Jangan Lupa untuk Sarapan!

Ketagihan Makan Junk Food? Yuk, Coba Atasi dengan 5 Tips Berikut Ini!

Credit Image - healthline.com

Beberapa orang mungkin meninggalkan sarapan karena terbentur dengan rutinitas pagi mereka. Padahal, ini adalah kebiasaan yang salah.

Sarapan sebaiknya tidak dilewatkan karena dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama dan mencegah lapar mata. Selain itu, sarapan yang baik adalah yang kaya serat dan protein, sehingga menghindarkanmu dari keinginan ngemil makanan cepat saji.

 

4. Cari Alternatif Menu Makanan Cepat Saji

Jika kamu termasuk yang memiliki masalah kecanduan junk food, maka cobalah untuk mencari alternatif menu yang lebih sehat. Dengan begitu, kebutuhan nutrisi dapat terpenuhi – dan kesehatan tubuh bisa lebih terjaga.

Misalnya, kamu dapat memilih buah alpukat yang mengandung lemak baik. Jika tidak, buah-buahan segar, yogurt, dan sorbet bisa menjadi solusi yang tepat, lho. Selain itu, buah kering manis namun bergizi juga bisa kamu santap, namun tetap perhatikan jumlahnya agar tidak berlebihan, ya!

 

5. Konsumsi Suplemen

Ketagihan Makan Junk Food? Yuk, Coba Atasi dengan 5 Tips Berikut Ini!

Credit Image - id.theasianparent.com

Bila tubuhmu kekurangan nutrisi, maka secara otomatis akan memberi perintah kepada otak agar nutrisi tersebut bisa tercukupi. Ini termasuk jika tubuh kekurangan zat gizi mikro, seperti vitamin dan mineral yang berperan penting menjaga kesehatan tubuh.

Namun, jika kamu cukup kesulitan untuk memenuhi kedua nutrisi tersebut, maka direkomendasikan mengonsumsi suplemen tambahan, seperti multivitamin yang punya kandungan lengkap sebagai solusi mengatasi kekurangan vitamin dan mineral.

Ada pun multivitamin yang direkomendasikan adalah rangkaian suplemen dari Enervon yang baik untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh.

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan vitamin C lebih tinggi yang bisa memberikan perlindungan ekstra, sekaligus memberi sensasi rasa segar sepanjang hari.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Dan, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active – dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia.

 

Apakah kamu termasuk yang masih gemar mengonsumsi junk food sebagai menu sehari-hari? Yuk, coba atasi masalah kecanduan tersebut dengan deretan tips di atas!

 

 

Featured Image – health.grid.id

Source – idntimes.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!