Menghadapi anak yang susah makan pasti seringkali membuat orangtua frustasi. Kamu jadi bingung harus memasak menu apa, karena si kecil jadi pemilih soal makanan. Kamu pun jadi takut anak akan kelaparan dan tidak mendapat gizi yang cukup untuk pertumbuhannya.

Meskipun kamu sudah melakukan berbagai cara agar anak mau makan, tetapi tetap saja anak susah makan dan hanya mau makan makanan yang ia sukai.

Jika kamu sedang menghadapi hal ini, kamu tidak perlu cemas berlebihan selama tahapan tumbuh kembang anak berjalan dengan baik. Dan untuk mengatasi anak susah makan, kamu bisa mengikut tips berikut ini.

1. Hindari pertengkaran setiap waktu makan

Credit: hellosehat.com

Anak yang pemilih soal makanan, sering membuat orangtua kesal. Namun, cobalah untuk bersabar, dan tidak memaksanya untuk menyantap makanan yang ia tidak sukai. Kamu harus lebih berhati- hati dalam menghadapi kebiasaan makannya yang rewel.

2. Catat apa saja yang dimakan anak dalam sehari

Credit: epicurious.com

Tanyakan pada orang ditemui anak pada hari itu, apa saja yang ia makan termasuk cemilan. Dengan begitu, kamu bisa mencatat apa saja yang dimakan anak dalam sehari. Jadi, hanya karena anak tidak mau makan besar di waktu yang sudah ditentukan, bukan berarti ia kelaparan.

3. Sediakan makanan tinggi kalori untuk cemilannya

Credit: lajollamom.com

Untuk memastikan anak tetap dapat asupan energi, meski tidak di waktu makan. Sebaiknya kamu sediakan kudapan tinggi kalori yang bisa si kecil makan kapanpun dia mau.

Misalnya, beri anak selai kacang, keju, kacang- kacangan dan juga buah. Jadi, tidak apa- ap ajika anak tidak mau makan saat diberi nasi, asalkan asupan kalorinya tetap tercukupi dari cemilan yang disediakan.

4. Rencanakan menu lengkap yang berbeda setiap hari

Credit: moneycrashers.com

Siapapun pasti bosan jika harus makan menu yang sama setiap hari. Kreasikan menu dengan penyajian menarik yang bisa membuat anak jadi mau makan. Pastikan menu yang kamu buat mengandung makanan yang ia sukai, jadi anak lebih senang ketika memakannya.

5. Jangan menyuruh anak makan

Credit: mommyish.com

Anak seringkali melakukan hal yang berkebalikan dengan apa yang disuruh oleh orangtua. Karena itu, coba menggunakan taktik dengan melarangnya makan atau tidak menyuruhkan makan sama sekali. Justru nanti kamu akan terkejut ketika melihat anak malah minta makan sendiri saat orangtuanya tidak menyuruh ia makan.

6. Turuti kemauan anak

Credit: soposted.com

Tidak ada salahnya menuruti keinginan anak, tentang apa saja yang mau ia makan pada hari itu. Mungkin hari ini ia hanya ingin makan yang manis- manis saja, dan besok dia hanya ingin makan makanan berkuah. Ikuti mood anak tentang makanan, karena dipastikan ia tidak akan makan makanan yang sama setiap hari.

7. Suplemen

Credit: bitesforfoodies.com

Memberikan suplemen makanan untuk anak bisa jadi cara untuk menjaga kesehatannya. Pilih suplemen bentuk sirup atau permen yang disukai anak- anak. Lebih baik lagi jika suplemennya mengandung temulawak yang bisa menambah nafsu makan.

 

Featured Image - hellosehat.com