Apakah Kebutuhan Vitamin untuk Pemulihan Setelah Sakit akan Meningkat?

Apakah Kebutuhan Vitamin untuk Pemulihan Setelah Sakit akan Meningkat?

Tak bisa dipungkiri, kebutuhan asupan nutrisi per hari memang harus dijaga. Hal inilah yang dapat membantu menjaga kekebalan tubuh. Daya tahan membutuhkan nutrisi agar tetap bekerja aktif melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.

Salah satu nutrisi yang dikenal dapat meningkatkan sistem imunitas adalah vitamin C. Nutrisi yang satu ini pun termasuk sebagai vitamin untuk pemulihan setelah sakit. Namun, apakah kebutuhan vitamin C setelah sakit akan meningkat?

Berikut ulasannya!

 

 

Apakah Kebutuhan Vitamin untuk Pemulihan Setelah Sakit Meningkat?

Apakah Kebutuhan Vitamin untuk Pemulihan Setelah Sakit akan Meningkat?

Credit Image - bola.com

Vitamin C merupakan jenis vitamin untuk pemulihan setelah sakit. Lalu, apakah kebutuhannya akan meningkat agar tubuh lebih cepat mengalami penyembuhan?

Dari sebuah jurnal yang diterbitkan pada tahun 2017 menyatakan, sejumlah penelitian yang dilakukan menemukan bahwa vitamin C dapat membantu mencegah dan mengurangi infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Jadi, besar kemungkinan manfaat vitamin C dapat memengaruhi risiko dan keparahan sebuah infeksi pada manusia.

Selain itu, dalam jurnal tersebut, ada dua hasil penelitian yang mencari tahu hubungan antara dosis vitamin C dan durasi dari saat sakit atau lebih spesifiknya saat pilek.

Kedua penelitian menunjukkan terdapat hubungan penting antara dosis vitamin C dan durasi saat seseorang sakit. Menambah asupan vitamin C sebanyak 6-8 gram per hari ternyata dapat mempercepat proses pemulihan.

Maka dari itu, bukan tidak mungkin jika mengonsumsi vitamin C harian dalam jumlah yang lebih tinggi akan semakin membantu mempercepat penyembuhan saat sakit pilek.

 

Mengapa Vitamin C dapat Membantu Proses Pemulihan?

Apakah Kebutuhan Vitamin untuk Pemulihan Setelah Sakit akan Meningkat?

Credit Image - macspharmacy.com

Perlu diingat, vitamin C dapat membantu pemulihan saat sakit tetapi tidak dapat mencegah sebuah penyakit.

Menambah asupan vitamin C dapat memberikan manfaat seperti mengurangi gejala yang dirasakan saat sakit dan mempersingkat pemulihan rata-rata hingga 8% pada orang dewasa dan 14% pada anak-anak. Namun Anda perlu mendapat asupan vitamin C, misalnya dari suplemen, secara rutin dan bukan saat sakit saja.

Ketika sebuah infeksi terjadi dalam tubuh, kadar vitamin C dalam sistem imun secara cepat akan menurun. Secara logika, kebutuhan vitamin C dalam tubuh jadi meningkat. Pada kondisi sebaliknya, kekurangan vitamin C juga dapat membuat sistem imun melemah dan meningkatkan risiko terjadinya infeksi.

Dengan alasan tersebut, menambah asupan vitamin C saat sakit karena terjadi infeksi merupakan langkah yang tepat.

 

Tips Mencukupi Kebutuhan Vitamin C Harian

Apakah Kebutuhan Vitamin untuk Pemulihan Setelah Sakit akan Meningkat?

Credit Image - godigit.com

Memenuhi kebutuhan vitamin untuk pemulihan setelah sakit bisa dilakukan dengan mengonsumsi sejumlah sumber makanan. Perlu diketahui, vitamin C dapat dikonnsumsi hingga 1000 mg per harinya – dan hal ini aman dilakukan, mengingat vitamin C tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh.

Ada pun sumber makanan yang kaya vitamin C adalah jeruk, stroberi, kiwi, apel, pepaya, jambu biji, dan mangga. Atau, dari sayuran, seperti bayam, kale, kembang kol, brokoli, dan kubis.

Untuk memaksimalkan pemenuhan kebutuhan vitamin C, kamu disarankan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti rangkaian suplemen dari Enervon.

Enervon-C memiliki kandungan lengkap, mulai dari Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet yang memiliki kandungan vitamin C 500 mg, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan vitamin C lebih tinggi, yakni 1000 mg untuk memberikan perlindungan ekstra, serta mampu membuat tubuhmu terasa lebih segar.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Dengan rutin mengonsumsi multivitamin dari Enervon, imunitas tubuh bakal lebih kuat, sehingga tidak mudah terjangkit penyakit, termasuk Covid-19. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya.

 

Jadi, kebutuhan vitamin untuk pemulihan setelah sakit mungkin akan meningkat, mengingat tubuh butuh didongkrak setelah melawan infeksi penyakit. Pastikan kamu sudah mencukupi kebutuhan vitamin harian guna membantu mempertahankan kekebalan!

 

 

Featured Image – fimela.com

Source – hellosehat.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!