Vaksinasi merupakan salah satu kunci utama dalam menghindari infeksi virus corona. Dengan vaksin, antibodi akan meningkat, sehingga risiko terpapar virus dapat diminimalisir – asalkan dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan.

Saat ini, vaksin yang diberikan sebanyak tiga dosis. Rata-rata masyarakat Indonesia baru menerima dua dosis, artinya cakupan subvarian Omicron baru.

Untuk menanggapi hal tersebut, Kementerian Kesehatan pun mengerahkan beberapa strategi, termasuk vaksin booster yang dijadikan sebagai syarat bepergian. Namun, mengapa kebijakan ini diambil? Apa alasannya?

Berikut informasinya!

 

 

Kebijakan Vaksin Booster Tertuang Dalam Surat Edaran dari Satgas Covid-19

Credit Image - alodokter.com

Satgas Covid-19 sudah mengeluarkan surat edaran untuk kegiatan ramai wajib menyertakan bukti vaksin dosis ketiga atau vaksin booster. Dengan total jumlah pengunjung lebih dari 1.000 orang. Selain itu, Presiden Jokowi juga kerap mengingatkan untuk memperketat aplikasi PeduliLindungi di berbagai tempat.

Selain itu, dalam surat edaran tersebut dikatakan bahwa vaksin booster wajib didapatkan bagi pelaku perjalanan. Jika baru dua dosis, pelaku perjalanan masih harus melakukan tes PCR maupun antigen yang menunjukkan hasil negatif.

Tak hanya kegiatan dan perjalanan, syarat vaksin booster juga diperluas untuk memasuki fasilitas publik, salah satunya mal. Ia menambahkan bahwa wajib booster di fasilitas publik akan diterapkan dalam waktu dekat.

 

Alasan Vaksin Booster Dijadikan Syarat Perjalanan

Credit Image - kaltim.tribunnews.com

Dilansir dari CNN Indonesia, Jubir Kemenkes Mohammad Syahril menuturkan pecepatan vaksin booster dengan dua cara, yaitu vaksin menjadi persyaratan dan untuk pertemuan dalam skala besar. Hal ini dilakukan demi melindungi individu – dan tentunya masyarakat di area publik.

Hingga kini, cakupan vaksin booster hampir mencapai 25 persen – dan diperlukan 25 persen lagi untuk mencapai target yang diberikan oleh WHO. Harapannya, cakupan vaksin sebesar 50 persen ini dapat dicapai dalam waktu singkat, tidak hanya di Jawa tapi juga luar pulau Jawa.

Diketahui, vaksin booster sebagai syarat perjalanan sudah diatur dalam peraturan yang diberlakukan sejak 17 Juli silam. Kebijakan ini pun merupakan bentuk antisipasi lonjakan kasus mengingat ada subvarian Omicron terbaru yang masih terus bermunculan.

 

Langkah Pencegahan Harus Tetap Dilakukan!

Credit Image - tribunnews.com

Dengan adanya penyesuaian kembali aturan di fasilitas umum, yaitu mendapat vaksin dosis ketiga sebagai syarat masuknya, maka kamu juga harus semakin waspada akan penularan virus, terutama subvarian Omicron terbaru, yaitu BA.4 dan BA.5.

Selain itu, terus lakukan protokol kesehatan seperti memakai masker ketika di dalam ruangan tertutup, mencuci tangan, dan tetap menjaga jarak aman.

Jika kamu harus bepergian dianjurkan tetap menjaga kesehatan fisik, seperti istirahat yang cukup, sebisa mungkin tetap berolahraga, serta mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap yang dapat memaksimalkan perlindungan tubuh.

Namun, apa multivitamin yang sebaiknya dikonsumsi? Kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi multivitamin dari Enervon secara rutin.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat meminum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Untukmu yang memiliki masalah lambung sensitif – direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus mengoptimalkan imunitas tubuhmu.

Dan kedua multivitamin ini pun dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga asupan makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya, ya.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya.

 

Jadi, itulah alasan mengapa vaksin booster dijadikan syarat untuk bepergian, bukan lain untuk mempercepat cakupan vaksinasi. Jika kamu sudah menerima vaksin booster, pastikan terus menerapkan prokes agar risiko tertular virus dapat semakin diminimalisir!

 

 

Featured Image – obsessionnews.com

Source – cnnindonesia.com