5 Tips Mengajari Anak Agar Mampu Memakai Dua Bahasa dengan Baik

5 Tips Mengajari Anak Agar Mampu Memakai Dua Bahasa dengan Baik

Moms dan dads, sepertinya, anak yang mampu memakai dua bahasa dengan baik tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi orang tua, kan? Karena, anak bilingual dapat berkomunikasi dengan orang dari negara lain, sehingga memperluas wawasannya.

Lebih dari itu, anak yang mampu memakai dua bahasa dengan baik pun bisa meraih berbagai manfaat baik, mulai dari konsentrasi yang meningkat, memiliki ingatan lebih baik, memperluas wawasan, berpotensi mendapat pendidikan yang lebih baik, serta lebih percaya diri dalam mengemukakan pendapat.

Namun, bagaimana caranya membesarkan anak agar mampu memakai dua bahasa dengan baik? Berikut tips yang dapat moms dan dads terapkan. Simak informasinya di bawah ini!

 

 

Perkenalkan Dua Bahasa Sedini Mungkin

5 Tips Mengajari Anak Agar Mampu Memakai Dua Bahasa dengan Baik

Credit Image - sisternet.co.id

Saat anak sudah mulai belajar bicara, ia sudah bisa memahami perbedaan beberapa bahasa yang moms dan dads gunakan saat bicara padanya. Anak-anak yang terpapar pada dua bahasa sejak lahir akan lebih mudah menguasai dua bahasa tersebut dengan fasih.

Membesarkan anak dengan dua bahasa di usia balita akan lebih baik. Pasalnya, seiring pertumbuhan, adaptasi anak terhadap suara dan bahasa akan terus menurun.

Di atas usia 6-7 tahun, sangat sulit baginya untuk menciptakan koneksi dengan bahasa baru. Maka dari itu, lebih sulit mengajarkan bahasa lain pada anak-anak di sekolah dasar, dibandingkan pada anak-anak usia preschool atau bahkan balita.

Namun, jika pengenalan pada bahasa asing ini baru dimulai sejak bayi berusia 6 bulan, ia akan sedikit lebih kesulitan membedakan mana yang bahasa A dan mana yang bahasa B. Jadi pada awalnya si kecil akan beradaptasi cukup lama terhadap bahasa-bahasa tersebut.

Dengan cara ini, lama-kelamaan anak pun menjadi mampu memakai dua bahasa dengan baik, ya!

 

Bernyanyi, Membaca, dan Bermain

Cara berikutnya yang dapat moms dan dads terapkan agar anak mampu memakai dua bahasa dengan baik adalah mengajaknya bernyanyi, membaca, dan bermain – tentu ini merupakan aktivitas yang menyenangkan, ya?

Penuhi rumahmu dengan musik, nyanyian, obrolan, membaca buku, menonton kartun dan sebagainya. Jika kata-kata dihubungkan dengan rima dan melodi seperti dalam puisi atau lagu, anak-anak akan lebih mudah mengingatnya.

Jadi, silakan “cerewet” berbicara dengan Si Kecil ikut bernyanyi lagu favoritnya, serta perkenalkan ia pada berbagai kosakata dan ekspresi bahasa dengan cara yang menyenangkan. Saat anak bertambah dewasa, perluas aktivitasnya dengan kegiatan seni seperti menari, kaligrafi, dan sebagainya.

 

Memberi Contoh Berbicara dengan Dua Bahasa

5 Tips Mengajari Anak Agar Mampu Memakai Dua Bahasa dengan Baik

Credit Image - klikdokter.com

Salah satu cara yang sangat efektif agar anak mampu memakai dua bahasa dengan baik adalah memberinya contoh. Misalnya, jika ingin anak fasih berbahasa Inggris, maka moms dan dads perlu sering-sering mengobrol dengannya dalam bahasa Inggris.

Tapi bagaimana jika moms dan dads juga tidak fasih berbahasa tersebut? Jangan khawatir. kamu bisa belajar bersama-sama dengan anak dan perlihatkan antusiasme dalam mempelajari bahasa tersebut.

Nah, kamu dapat mengambil kursus bahasa atau belajar bersama Si Kecil. Lakukan kegiatan yang menyenangkan seperti bernyanyi bersama lagu anak-anak, membaca buku dongeng dua bahasa, atau menonton film dan video berbahasa Inggris dengan teks terjemahan bahasa Indonesia.

 

Gunakan Sesering Mungkin

Kunci agar anak mampu memakai dua bahasa dengan baik adalah menggunakan bahasa tersebut sesering mungkin. Menurut Erika Hoff, ahli psikologi dari Florida Atlantic University dalam penelitiannya menyimpulkan bahwa untuk mahir dalam berbahasa, anak perlu menerapkan bahasa tersebut sesering mungkin.

Anak-anak sangat mudah beradaptasi dan fleksibel secara kognitif, sehingga mereka cepat menangkap arti dari bahasa baru dan cepat merasa nyaman dengan bahasa tersebut dibandingkan dengan orang dewasa yang belajar bahasa.

 

Penuhi Kebutuhan Vitamin untuk Maksimalkan Proses Belajar Si Kecil

5 Tips Mengajari Anak Agar Mampu Memakai Dua Bahasa dengan Baik

Credit Image - alodokter.com

Dalam proses belajar berbagai macam bahasa, agar kegiatan tersebut semakin maksimal, pastikan moms dan dads sudah memberikan asupan vitamin yang lengkap – karena nutrisi ini dapat membantu dalam perkembangan otak dan kecerdasan Si Kecil, lho.

Selain dengan memberi asupan makanan bernutrisi tinggi, moms dan dads dapat berikan asupan multivitamin dari Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh anak.

Selain itu, sejumlah vitamin tersebut juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan Si Kecil, mengoptimalkan tumbuh kembangnya, memperkuat tulang dan gigi, sekaligus membantu penuhi kebutuhan nutrisi harian.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya.

 

Moms dan dads, apakah kamu ingin mengajarkan anak berbagai bahasa agar ia mampu memakai dua bahasa dengan baik? Maka, tips di atas patut untuk diterapkan, lho. Yuk, dicoba!

 

 

Featured Image – blibli.com

Source – hellosehat.com

 

 


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!