Ada kabar baik soal vaksinasi booster, lho. Belum lama ini, dikabarkan bahwa booster akan segera tersedia untuk anak berusia 11 sampai 17 tahun. Menurut Ketua Indonesia Technical Advisory Group on Immunization, Sri Rezeki Hadinegoro, pengumuman resmi mengenai hal ini pun akan segera diumumkan dalam waktu dekat.

Rencananya, penggunaan vaksin booster untuk anak 11 sampai 17 tahun memakai Pfizer – yaitu jenis vaksin Covid-19 yang berteknologi mRNA. Vaksin ini pun sebelumnya juga sudah teruji aman untuk pemberian dosis lengkap pada anak.

Perlu diketahui bahwa pemberian vaksin Covid-19 berurutan mulai dari yang lebih tua dahulu, kemudian ke usia muda. Untuk saat ini, berdasarkan keamanan yang sudah diteliti, maka selanjutnya vaksin booster akan diberikan pada masyarakat berusia 11-17 tahun.

Tantangan pemberian vaksin Covid-19 untuk kelompok anak, yaitu jenis vaksin yang dapat diberikan masih terbatas. Meski demikian, dipastikan bahwa vaksin yang digunakan pun sudah terbukti aman dan melewati uji klinis.

 

 

Apa Saja Efek Samping Vaksin yang Mungkin Dialami Anak?

Credit Image - halodoc.com

Setiap pemberian vaksin Covid-19 tentu tidak terlepas dari efek samping yang akan dialami usia mendapatkan vaksinasi. Tenang, efek samping biasanya bersifat ringan – dan dapat hilang dalam beberapa hari.

Ada pun berbagai efek samping – atau disebut juga sebagai KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) yang dapat dialami anak, yaitu:

  • Sakit pada area penyuntikan
  • Kemerahan
  • Pembengkakan
  • Rasa lelah
  • Sakit kepala
  • Demam
  • Panas
  • Mual

 

Manfaat Mendapatkan Vaksin Covid-19

Credit Image  - schroders.com

Terlepas dari efek samping yang mungkin ditimbulkan, namun vaksin Covid-19 bermanfaat baik, termasuk membantu membentuk antibodi yang dapat melindungi tubuh dari paparan virus. Ini beberapa manfaat dari mendapat vaksinasi.

1. Mencegah Penularan Virus

Vaksin corona diuji dan diproduksi di bawah pengawasan dan persetujuan ketat dari ototritas yang berkaitan, sehingga, kamu tak perlu khawatir soal keamanannya. Justru, virus corona diyakini dapat membantu seseorang mengalami sakit parah, jika seseorang tersebut terpapar Covid-19.

Selain itu, vaksin corona pun juga dapat melindungi orang-orang di sekitar, terutama orang yang punya risiko tinggi terinfeksi Covid-19.

 

2. Membantu Membangun Perlindungan

CDC mengungkapkan bahwa Covid-19 memiliki risiko tinggi untuk menyebabkan komplikasi serius – lalu, berujung pada kematian. Belum lagi, Covid-19 dapat ditularkan kepada orang terdekat, seperti teman, keluarga, dan orang di sekitar.

Dengan mendapatkan vaksin virus corona, maka tubuh akan menciptakan respons antibodi, sehingga bisa melindungi seseorang tanpa harus mengalami infeksi.

 

3. Bantu Menghentikan Pandemi

Yang juga tak kalah penting, masyarakat membutuhkan vaksin corona untuk membentuk kekebalan tubuh, sehingga dapat melawan Covid-19. Meski demikian, vaksinasi juga mesti tetap dibarengi dengan protokol kesehatan untuk benar-benar menghentikan pandemi.

 

Tetap Jalani Prokes dan Jaga Imunitas Setelah Vaksin

Credit Image - cnnindonesia.com

Meskipun anak-anak sudah bisa memperoleh vaksinasi, bahkan hingga dosis lanjutan – atau booster, tapi penerapan protokol kesehatan masih harus dilakukan. Dalam hal ini, orangtua dianjurkan mengajak anak untuk memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan.

Selain menerapkan protokol kesehatan – dan juga menjalani gaya hidup sehat, seperti memiliki pola makan bergizi seimbang, rutin berolahraga, miliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas, serta kelola stres dengan baik – usai vaksin anak juga masih harus mendapat asupan suplemen.

Adapun suplemen yang baik dikonsumsi, yaitu suplemen jenis imunomodulator. Ini merupakan jenis suplemen yang dapat membantu meningkatkan pembentukan sistem imun, atau menahan laju pembentukan sistem imun ketika tubuh merasa sudah terbentuk sistem imun dalam jumlah cukup.

Untuk anak, orangtua dianjurkan memberi asupan multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti  Enervon-C Plus Sirup. Multivitamin andalan ini mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D – multivitamin anak andalan ini bisa bantu penuhi nutrisi selama masa pertumbuhan anak, sekaligus jaga imunitasnya.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa segera membelinya di official store di Tokopedia, ya.

 

Jadi, anak-anak berusia 11-17 tahun dapat segera mendapatkan vaksinasi booster, yaitu Pfizer. Agar memaksimalkan perlindungan tubuh, terus lakukan protokol kesehatan dan menerapkan gaya hidup bersih serta sehat!

 

 

Featured Image – setda.cirebonkota.go.id

Source – detik.com