Mendidik anak di zaman milenial rasanya lebih sulit dibandingkan zaman dulu. Karena, saat ini anak- anak tumbuh dengan teknologi canggih yang memudahkan akses informasi kapan pun dan dimana pun.

Disinilah peran orangtua sangat dibutuhkan untuk menjaga anak dari pengaruh negative teknologi, meskipun masih ada manfaat positif yang bisa diperoleh.

Menurut pakar psikolog, yang dibutuhkan anak- anak ketika mereka tumbuh adalah kehadiran orangtua untuk mendampingi dan mengawasi apa saja yang mereka lakukan. Lalu apa saja yang harus dilakukan orangtua dalam mendidik anak di era digital? Berikut ulasannya.

1. Komunikasi dua arah

Credit: kumparan.com

Dalam mendidik anak zaman sekarang, orangtua tidak hanya sekedar melarang kepada anak saja, tetapi juga bersikap sebagai pendengar yang baik dan memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi anak. Komunikasikan kepada anak hal apa saja yang belum pantas mereka lakukan atau lihat. Komunikasi terbuka antara orangtua dan anak terbukti efektif menjaga anak dari pengaruh negative pemakaian gadget.

2. Mengembangkan bakat anak

Credit: grid.id

Gadget dan internet sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk proses belajar anak agar lebih variatif dan menyenangkan. Manfaatkan teknologi untuk mengembangkan bakat anak. Misalnya, jika anak memiliki bakat memasak, menjahit, atau menari. Kamu bisa memutarkan video tutorial yang bisa ditiru atau menjadi inspirasi bagi si kecil.

3. Awasi aktivitas anak

Credit: health.detik.com

Batasi waktu anak bermain gadget. Buatlah kesepakatan dengan si kecil kapan saja ia boleh menggunakan gadget dan berapa lama waktu pemakaiannya.

Selain itu, sepakati juga jenis konten apa saja yang boleh dan tidak boleh dilihatnya. Atur pada gadget agar anakmu tidak dapat melihat konten orang dewasa.

4. Beri contoh yang baik

Credit: dictio.id

Berilah contoh yang baik untuk anak- anak, karena mereka mudah sekali meniru perilaku orang yang ada di sekitarnya. Buat kesepakatan pada pasangan untuk tidak memegang gadget selama jam- jam dimana anak sedang membutuhkan orangtuanya.

Perilaku ini akan membuat anak lebih mudah memahami aturan yang dibuat dan mencontoh apa yang dilakukan orangtuanya.

5. Pendidikan agama sejak dini

Credit: moderngovernor.com

Nilai- nilai agama yang diberikan anak sejak kecil akan jadi bekal baginya untuk membentengi diri dari perilaku atau pengaruh buruk lingkungan sekitarnya.

 

Mendidik anak di era digital memang tidak mudah. Jika orangtua terlalu ketat menetapkan disiplin pada anak, dikhawatirkan anak akan menjadi pribadi yang membangkang. Tapi disisi lain, terlalu membebaskan anak juga berisiko membawa mereka pada pengaruh negative dan pergaulan yang salah.

Oleh karena itu, peran orangtua sangat penting untuk selalu mendampingi anak- anak. Jadi terapkan aturan dan disiplinkan anak tanpa harus membuat mereka merasa tertekan.

 

Featured Image - hellosehat.com