Di awal tahun, infeksi varian Omicron pernah mewabah, kini, angka kasus positif Covid-19 kembali meningkat akibat imbas varian tersebut – namun, kali ini didominasi dengan subvarian terbarunya, yaitu BA.2.75 atau Centaurus.

Omicron dapat menyebabkan berbagai gejala yang hampir mirip dengan varian Corona lainnya, tetapi dikatakan lebih ringan. Salah satu indikasi infeksi yang wajib diwaspadai adalah sakit tenggorokan.

Sayangnya, sakit tenggorokan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, sehingga penyebabnya pun sulit dibedakan. Lantas, apa perbedaannya dengan sakit tenggorokan yang disebabkan infeksi Omicron?

Berikut ulasannya.

 

 

Sakit Tenggorokan Sering Dialami Pasien Omicron

Credit Image - health.kompas.com

Sakit tenggorokan Omicron menyebabkan rasa nyeri yang berbeda pada umumnya. Biasanya, nyeri muncul akibat adanya peradangan pada tenggorokan. Kondisi ini juga menyebabkan kering dan gatal di sekitar tenggorokan.

Dilansir dari Everyday Health, sebuah penelitian yang dirilis oleh Badan Keamanan Kesehatan Inggris menemukan sebanyak 53 persen kasus Omicron membuat pasien mengalami nyeri tenggorkan. Sementara, gejala anosmia justru jarang ditemukan.

Meski demikian, sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh berbagai kesehatan lainnya, seperti infeksi saluran pernapasan atas, alergi, GERD, hingga keberadaan tumor. Nah, selain nyeri, radang tenggorokan biasanya akan memicu sensasi lainnya, seperti:

  1. Tenggorokan terasa panas
  2. Sulit menelan
  3. Pembesaran kelenjar getah bening di leher atau bawah rahang
  4. Demam
  5. Hidung tersumbat

 

Apa Perbedaannya dengan Sakit Tenggorokan Biasa?

Credit Image - weillcornell.org

Dilansir dari CNN Indonesia, menurut dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT), RSCM, Marlinda Adham mengatakan bahwa nyeri tenggorokan yang disebabkan oleh Covid-19 akan berbeda dengan radang tenggorokan. Perbedaan utamanya terletak pada gejala lain yang menyertai.

Sakit tenggorokan Omicron umumnya disertai dengan hidung meler, sakit kepala, kelelahan, dan bersin. Selain itu, Omicron menginfeksi tenggorokan terlebih dahulu dengan rasa seperti terbakar sebelum gejala lainnya menyerang. Jadi, ini yang membedakan varian tersebut dengan yang lainnya.

Lalu, bagaimana cara mengobatinya? Pada dasarnya, tidak ada obat yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan akibat Covid-19. Tapi, ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk meredakan nyeri tenggorokan, seperti berkumur dengan larutan garam.

Untuk menerapkan cara tersebut, kamu perlu mencampurkan 1 sendok teh garam dengan segelas air hangat – dan gunakan untuk berkumur-kumur.

Selain itu, kamu juga disarankan untuk meminum air hangat dan madu untuk melegakan tenggorokan yang terasa sakit dan gatal. Atau kamu juga bisa mencampurkan perasan lemon, air hangat, dan madu untuk kemudian diminum.

Namun, untuk memastikan apakah sakit tenggorokan disebabkan oleh Covid-19 varian Omicron atau penyebab medis lainnya, disarankan untuk melakukan pemeriksaan tes swab, baik antigen maupun PCR.

Jika hasilnya negatif, kamu tak perlu khawatir. Radang tenggorokan dapat hilang dengan sendirinya dalam 1-2 pekan.

 

Hindari Infeksi Virus, Yuk Terus Jaga Kekebalan Tubuhmu!

Credit Iimage - alodokter.com

Tak menyoal menerapkan protokol kesehatan – dan memperoleh vaksinasi saja, tetapi selama infeksi virus dan subvariannya masih terus mengintai, kamu juga harus menguatkan daya tahan tubuh yang menjadi perlindungan utama dari penyakit, baik yang menular maupun tidak menular.

Menjaga kekebalan pun bisa dilakukan dengan cara mudah nan sederhana, mudahnya kamu direkomendasikan menjalani pola hidup sehat. Ini dapat dimulai dengan mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup. Hidup sehat dapat bantu jaga imunitas tubuh tetap kuat.

Untuk melengkapi hidup sehatmu, jangan lupa mendapatkan asupan vitamin dan mineral yang berperan penting dalam menjaga kekebalan tubuh. Selain dari makanan bergizi yang dikonsumsi sehari-hari, kedua nutrisi tersebut bisa diperoleh dari multivitamin kandungan lengkap, seperti rangkaian suplemen dari Enervon.

Enervon-C memiliki kandungan lengkap, mulai dari Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet yang memiliki kandungan vitamin C 500 mg, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan vitamin C lebih tinggi, yakni 1000 mg yang mampu membuat tubuhmu terasa lebih segar selama berkegiatan seharian.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Dengan rutin mengonsumsi Enervon-C maupun Enervon Active, proses metabolisme juga semakin maksimal, berkat kandungan vitamin B kompleks yang akan mengubah makanan menjadi sumber energi untuk beraktivitas seharian penuh.

Untuk anak-anak, dapat diberikan Enervon-C Plus Sirup. Multivitamin andalan ini memiliki kandungan lengkap, seperti Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Deretan vitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuhnya agar tidak mudah sakit, menjaga anak tetap aktif selama masa pertumbuhan, meningkatkan napsu makan, sekaligus dapat membantu pembentukan tulang dan gigi.

Dan bagi usia lanjut, dapat diberikan multivitamin Enervon Gold yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks, Omega-3, Asam Folat, dan Lutein yang dapat membantu menjaga kekebalan tubuh, membentuk energi, hingga menjaga kesehatan otak, kesehatan jantung, dan juga kesehatan mata.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa segera membelinya di official store di Tokopedia.

 

Sakit tenggorokan biasa dengan yang disebabkan oleh varian Omicron memiliki perbedaan yang cukup khas, apalagi jika diikuti dengan gejala Covid-19 lainnya. Yuk, pastikan kamu terus waspada, ya!

 

 

Featured Image – voi.id

Source – cnnindonesia.com