Masih suka skip sarapan? Atau malah hal ini dijadikan sebagai kebiasaan? Jangan dibiarkan berlarut, karena sarapan merupakan waktu makan penting untuk memberi energi agar mampu beraktivitas secara optimal.

Dalam beberapa studi ditemukan bahwa seseorang yang terbiasa untuk memulai hari dengan sarapan memiliki bobot tubuh yang lebih ideal. Selain itu, makan di pagi hari juga terbukti menjaga suasana hati serta kemampuan dalam berkonsentrasi. Jadi, jangan anggap remeh sarapan, ya!

Namun, agar manfaatnya terasa, ada waktu-waktu terbaik untuk sarapan, lho. Kapan saja? Berikut ini informasinya.

 

 

Dua Jam Setelah Bangun, Waktu Ideal untuk Sarapan

Credit Image - femina.co.id

Sejatinya, tidak ada waktu baku untuk memulai sarapan, kok. Karena, setiap orang memiliki jam tubuh dan aktivitas yang berbeda-beda.

Tetapi menurut Kim Larson, ahli diet yang berbasis di Seattle, ahli gizi, dan pendiri Total Health, mengatakan bahwa sebaiknya sarapan dilakukan di rentang waktu 2 jam setelah bangun tidur. Semakin cepat tubuh mendapatkan sarapan maka akan semakin baik untuk metabolisme tubuh.

Sarapan di rentang waktu tersebut akan membuat gula darah menjadi stabil, sehingga, tubuh mendapatkan energi yang cukup untuk beraktivitas.

Jika dalam waktu 2 jam setelah bangun tidak sarapan, yang terjadi adalah gula darah terlalu rendah yang menyebabkan kamu cenderung akan memiliki kebiasaan makan yang buruk, seperti kebiasaan untuk ngemil atau makan secara berlebihan.

 

Waktu Sarapan Ketika Hendak Berolahraga

Masih bingung kapan waktu tepat untuk sarapan ketika akan berolahraga? Baiknya sebelum atau sesudah beraktivitas fisik, ya?

Ada sebagian pendapat yang mengatakan olahraga dalam keadaan perut kosong akan lebih efektif. Di sisi lain ada yang mengatakan sarapan sebelum berolahraga lebih sehat dan aman untuk kondisi tubuh. Kedua pendapat tersebut memiliki alasan tersendiri.

Menanggapi dua hal tersebut, para ahli sepakat bahwa sarapan sebelum atau sesudah olahraga dikembalikan lagi pada kondisi masing-masing orang. Sebab, setiap orang memunyai kondisi tubuh dan preferensi yang berbeda.

Berolahraga saat kondisi perut masih kosong dinilai dapat membakar lemak lebih cepat. Karena, tubuh akan mengambil sumber energi dari cadangan lemak. Hal ini boleh saja dilakukan selama orang yang melakukannya tidak memiliki masalah, misal bebas dari masalah pencernaan atau mendadak pusing hingga terasa ingin jatuh.

Jika seseorang yang memiliki masalah pada pencernaannya maka sangat disarankan untuk sarapan terlebih dahulu sebelum berolahraga.

Waktu yang ideal jika ingin sarapan terlebih dahulu adalah 30 sampai 60 menit sebelum berolahraga. Hal ini menjaga agar pencernaan dapat mencerna makanan terlebih dahulu.

 

Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi di Pagi Hari

Credit Image - food.detik.com

Biasanya, waktu pagi adalah waktu paling sibuk untuk menyiapkan segala macam hal. Hal ini membuatmu cenderung menginginkan jenis makanan yang cepat untuk dikonsumsi.

Sayangnya, keinginan mau serba cepat akhirnya mendorong kebanyakan orang untuk memiliki mengonsumsi sereal atau makanan instan lainnya yang dinilai sehat seperti apa yang dikatakan di dalam iklan. Kalaupun tidak, banyak yang akhirnya membeli gorengan, bubur, nasi uduk, dan sebagainya.

Padahal, makanan yang dibutuhkan oleh tubuh di pagi hari adalah makanan-makanan yang ringan untuk dicerna, seperti buah dan sayur.

Sebetulnya buah dan sayur adalah makanan yang paling mudah untuk bisa langsung dikonsumsi. Bahkan, nilai nutrisinya jauh lebih tinggi dibandingkan makanan lainnya. Sebaiknya, mulailah membiasakan untuk mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran sebagai menu sarapan.

Nah, kamu bisa mengonsumsi secara langsung, mengukus, atau membuatnya menjadi smoothies atau jus. Tambahkan juga kacang-kacangan atau sumber protein lainnya untuk melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh.

Selain memerhatikan kapan waktu terbaik untuk sarapan, perhatikan juga jenis asupan yang dikonsumsi, ya.

 

Optimalkan Hidup Sehat dengan Asupan Nutrisi Lengkap

Selain dengan sarapan – yang juga dapat membantu melengkapi kebutuhan nutrisi harian, optimalkan gaya hidup sehatmu dengan rutin mendapat asupan vitamin dan mineral termasuk dengan mengonsumsi multivitamin.

Ada pun multivitamin yang direkomendasikan adalah rangkaian suplemen dari Enervon dengan kandungan lengkap – tersedia untuk anak-anak hingga usia lanjut.

Enervon-C memiliki kandungan lengkap, mulai dari Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet yang memiliki kandungan vitamin C 500 mg, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan vitamin C lebih tinggi, yakni 1000 mg yang mampu membuat tubuhmu terasa lebih segar selama berkegiatan seharian.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Dengan rutin mengonsumsi Enervon-C maupun Enervon Active, proses metabolisme juga semakin maksimal, berkat kandungan vitamin B kompleks yang akan mengubah makanan menjadi sumber energi untuk beraktivitas seharian penuh.

Untuk anak-anak, dapat diberikan Enervon-C Plus Sirup. Multivitamin andalan ini memiliki kandungan lengkap, seperti Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Deretan vitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuhnya agar tidak mudah sakit, menjaga anak tetap aktif selama masa pertumbuhan, meningkatkan napsu makan, sekaligus dapat membantu pembentukan tulang dan gigi.

Dan bagi usia lanjut, dapat diberikan multivitamin Enervon Gold yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks, Omega-3, Asam Folat, dan Lutein yang dapat membantu menjaga kekebalan tubuh, membentuk energi, hingga menjaga kesehatan otak, kesehatan jantung, dan juga kesehatan mata.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa segera kunjungi di official store di Tokopedia, ya!

 

Nah, sarapan memang punya peran penting untuk memberikan energi tubuh agar kuat melakukan berbagai aktivitas, ya. Jadi, jangan sampai kamu melewatkan waktu makan yang satu ini!

 

 

Featured Image – liputan6.com

Source – popmama.com