Belakangan waktu terakhir, sepertinya media sosial tengah diramaikan dengan pro dan kontra soal membawa anak nonton di bioskop. Ada yang menanggap hal ini mengganggu, karena ada saja anak yang menangis atau terlalu banyak gerak. Selain itu, bisa saja tontonan tidak sesuai dengan usia Si Kecil.

Kalau moms dan dads sendiri, termasuk yang pro atau kontra?

Memang, menonton bioskop bersama anak bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Namun, tanpa mengetahui syarat nonton bioskop serta tidak melakukan persiapan, justru kegiatan ini bisa mengganggu orang lainnya, lho.

Agar moms dan dads tidak lagi salah pilihan, berikut syarat nonton bioskop bersama anak, hal-hal yang perlu dipertimbangkan, dan tipsnya agar Si Kecil tidak rewel ketika menonton film.

Simak informasinya di bawah ini, yuk!

 

 

Syarat Membawa Anak Menonton di Bioskop

Credit Image - tirto.id

Pro kontra tersebut membuat banyak orangtua bertanya-tanya, apa saja syarat yang harus diperhatikan untuk mengajak anak pergi nonton film di bioskop?

Melansir dari laman Firstcry Parenting, dianjurkan untuk membawa Si Kecil ke bioskop setelah usia 2 tahun. Mengajak Si Kecil ke bioskop pada usia ini akan menjadi lebih mudah bagi orangtua dan penonton lainnya.

Hal ini dikarenakan jika kamu membawa Si Kecil yang masih bayi ke bioskop itu akan membuatnya merasa tidak nyaman dengan suara kencang. Tentunya hal ini akan mengganggu penonton lainnya, kan?

Pada usia 2 tahun, anak mulai memahami musik dan menikmati suguhan visual. Selain itu, Si Kecil juga sudah mempunyai sistem kekebalan tubuh jauh lebih berkembang dan lebih kuat dibandingkan sebelumnya.

 

Tips dan Pertimbangan Mengajak Anak ke Bioskop

Jika moms dan dads sudah mengetahui syarat nonton di bioskop bersama anak, kini, kamu juga harus mengetahui pertimbangan – dan juga tips mengajak anak melakukan kegiatan tersebut.

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dan diterapkan.

1. Perhatikan usia anak

Salah satu syarat nonton bioskop bersama anak adalah memerhatikan usianya. Sebelum mengajak Si Kecil, pastikan kalau ia sudah cukup umur untuk menonton dan mengerti sebuah film. Sebenarnya tidak ada aturan mengenai kapan anak boleh diajak menonton bioskop. Akan tetapi, usia 2,5-4 tahun adalah usia yang dianggap cocok untuk mulai mengajak Si Kecil menonton bioskop.

Pada usia ini, umumnya anak-anak sudah bisa menikmati sebuah tayangan dan mengerti jalan cerita. Dia bisa bernyanyi dan bersenandung bila mendengarkan lagu dari sebuah film, serta sabar menonton film selama lebih dari 1 jam dan tidak beranjak dari tempat duduknya.

 

2. Pilih film yang tepat

Penting bagi orangtua untuk memilih film yang tepat sesuai usia Si Kecil. Pastikan moms dan dads sudah mencari tahu hal-hal terkait film yang akan ditonton bersama melalui review film di internet.

Meski memilih film bergenre kartun atau animasi, pastikan bahwa adegan-adegan dalam film tersebut tidak bertema horor atau berisikan kekerasan atau adegan dewasa yang bisa menakutkan dan membingungkan buah hati. Adegan-adegan ini bukan tidak mungkin ada di film kartun, lho.

Selain itu, pilih film yang durasinya tidak terlalu panjang, mudah dimengerti, dan menyenangkan untuk ditonton Si Kecil. Jika seorang anak tidak bisa menikmati dan mengerti sebuah film, ia akan lebih mudah merasa bosan dan tidak betah duduk berlama-lama.

Jadi, hindarilah film-film dokumenter atau sejarah yang mungkin menarik bagi moms dan dads, ya. Alih-alih menikmati film, anak-anak bisa saja menangis atau jadi lebih pecicilan dan mengganggu penonton lainnya karena tidak tahan menonton film tersebut.

 

3. Sesuaikan jadwal menonton film

Tidak soal usia dan genre saja, tetapi orangtua juga harus memerhatikan jadwalnya. Penting sekali menyesuaikan waktu menonton film jika kamu akan mengajak Si Kecil.

Menonton film di jam terakhir pemutaran film bioskop alias malam hari biasanya memang akan lebih sepi penonton. Namun, film juga akan berlangsung hingga tengah malam. Jadwal ini sangat tidak dianjurkan, karena bisa mengganggu waktu tidur anak.

Umumnya, waktu tidur ideal anak-anak berusia 2-4 tahun adalah pukul 8 atau 9 malam. Oleh karena itu, pastikan Bunda memilih jadwal film pada siang atau sore hari, sehingga Si Kecil bisa tiba di rumah sebelum waktu tidurnya tiba.

Selain itu, jika khawatir Si Kecil akan berisik dan mengganggu orang lain, hindari jadwal menonton di akhir minggu karena bioskop cenderung lebih ramai di waktu ini.

 

4. Bawakan camilan favorit anak

Berjaga-jagalah membawa banyak camilan sehat kesukaan Si Kecil untuk mengantisipasi bila ia bosan selama menonton film. Apabila bosan dan tidak memiliki kegiatan lain, anak bisa gelisah dan merengek sehingga mengganggu penonton lainnya.

 

5. Pilih tempat duduk yang strategis

Nah, karena menonton film di bioskop bisa menghabiskan waktu lebih dari 1 jam, anak-anak mungkin saja jadi lebih banyak minum dan membuatnya harus ke kamar mandi untuk buang air kecil.

Agar tidak lelah bolak-balik ke kamar mandi, disarankan untuk memilih tempat duduk yang strategis yakni di dekat pintu keluar. Selain lebih mudah untuk ke kamar mandi, moms dan dads juga tidak mengganggu penonton lainnya karena harus keluar-masuk ruangan bioskop.

Akan tetapi, kamu tidak dianjurkan memilih tempat duduk di dekat pengeras suara. Pasalnya, suara di bioskop cenderung kencang yang justru bisa mengganggu kesehatan indera pendengaran anak.

 

Dampak Buruk yang Mungkin Ditimbulkan

Credit Image - popmama.com

Setelah syarat nonton bioskop – dan tips mengajak anak melakukan kegiatan tersebut, moms dan dads juga mesti mempertimbangkan beberapa hal, lho. Karena, bukan tidak mungkin membawa anak menonton di bioskop bisa membawa dampak buruk.

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan.

1. Suara kencang dapat merusak pendengaran

Bayi yang baru lahir sangat sensitif dengan musik atau suara kencang di bioskop. Hal ini dapat merusak gendang telinga bayi dan dapat menyebabkan masalah pendengaran. Menurut American Academy of Pediatrics, untuk bayi, tingkat kebisingan yang melebihi 45 desibel dapat menyebabkan masalah pendengaran.

 

2. Gambar tertentu dapat menimbulkan rasa takut

Apakah Si Kecil memahami gambar di layar atau tidak? Saat menonton film, tentunya anak akan memperhatikan layar. Adegan menakutkan dapat menakuti anak kecil. Bahkan, bila ia tidak memahami isinya, musik dan suasana film dapat menyampaikan rasa takut kepada sang buah hati, lho.

 

3. Tidak bisa duduk dengan tenang

Sebagian besar anak-anak pada tahap perkembangan yang dibawa ke bioskop, tidak bisa duduk dengan tenang sepanjang film. Misalnya, anak ingin buang air kecil ke toilet di tengah film – atau berisik yang akhirnya mengganggu penonton lainnya

 

4. Sistem imunitas bayi yang berisiko terinfeksi penyakit

Selain itu, suasana bioskop yang gelap dan dingin dapat membuat bayi tidak nyaman karena tidak terbiasa dengan hal yang sama. Bayi dapat dengan mudah tertular infeksi sehingga membawa bayi yang baru lahir ke tempat umum seperti bioskop dapat berisiko.

Lalu, apa yang dapat dilakukan untuk menjaga kekebalan Si Kecil?

 

Kuatkan Imunitas Buah Hati dengan Tips Ini, Ya!

Seperti yang sudah disebutkan bahwa membawa anak ke bioskop bisa saja meningkatkan risikonya terkena penyakit, mengingat sistem imunitas anak belum kuat sempurna seperti orang dewasa. Lalu, apa yang dapat dilakukan?

Moms dan dads, perlu menjaga kebersihan anak, seperti rutin mengajaknya untuk mencuci tangan serta memberitahu bahwa ia tidak boleh menyentuh benda sembarangan. Selain itu, mempertahankan kekebalan bisa dilakukan dengan memberikan asupan nutrisi yang lengkap, lho.

Nutrisi lengkap bisa diberikan baik dari makanan maupun multivitamin tambahan dengan kandungan lengkap. Moms dan dads, direkomendasikan memberi multivitamin Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Deretan vitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuhnya agar tidak mudah sakit, menjaga anak tetap aktif selama masa pertumbuhan, meningkatkan napsu makan, sekaligus dapat membantu pembentukan tulang dan gigi.

Untuk mendapatkan produk multivitamin anak yang satu ini, kamu bisa segera membelinya di sini, ya!

 

Wah, gimana? Kini, moms dan dads sudah mengetahui syarat nonton bioskop bersama anak, kan? Jadi, sebelum mengajaknya, pastikan kamu telah mempertimbangkan berbagai hal di atas agar kegiatan menonton dapat berjalan secara nyaman.

 

 

Featured Image – parapuan.co

Source – alodokter.com