Hari kemerdekaan Republik Indonesia sudah tiba! Di momen ini, mungkin kamu akan menghabiskan waktu bersama keluarga, teman, atau orang terdekat untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti lomba 17 Agustusan.

Ketika melakukan kegiatan tentu saja kamu membutuhkan energi tubuh yang cukup, kan? Perlu diketahui bahwa orang yang mudah merasa lemas akan lebih mudah kehilangan fokus – dan aktivitas hariannya pun terganggu.

Tidak hanya berkaitan tidur yang cukup saja, tetapi meningkatkan energi tubuh juga harus diimbangi dengan pola hidup sehat lainnya. Yuk, boost energimu dengan 5 tips berikut ini agar kegiatan 17 Agustusan makin menyenangkan!

 

 

1. Tidur yang Cukup

Credit Image - abisgajian.id

Kalau pola tidur kamu berantakan, ini waktunya untuk memperbaikinya dan kunci untuk mengembalikan pola tidur yang benar berlawanan dengan intuisi. Pertama-tama kamu perlu memahami berapa lama waktu tidur yang sebenarnya kamu butuhkan.

Umumnya, kebanyakan orang membutuhkan antara tujuh hingga delapan jam tidur per malam dan disarankan jangan tidur siang terlalu lama, karena hal ini akan mengganggu waktu tidurmu di malam hari.

 

2. Rutin Bergerak

Bukan rahasia lagi kalau rutin bergerak akan membantu meningkatkan energi, sehingga kamu tidak mudah merasa lemas.

Menjaga tubuh kamu tetap aktif akan memulihkan tingkat energi kamu dan meningkatkan endorfin untuk meminimalkan stres dan meningkatkan suasana hati. Cara ini bisa dilakukan sederhana, yaitu dengan berjalan ke tempat-tempat yang biasa kamu kunjungi, jogging, atau sekedar peregangan.

Tetapi, jika kamu ingin membangun kekuatan dan membangun fleksibilitas tubuh, maka coba sesi pilates yang dapat dilakukan di ruang tamu atau halaman rumah. Selain itu, relaksasikan tubuh setelah hari yang melelahkan dengan peregangan, ya – gerakan ini akan membantu melancarkan pernapasan dan membuat tidur lebih nyenyak, lho!

Kalau sudah rutin bergerak, aktivitas di hari kemerdekaan ini pasti bisa dilakukan dengan nyaman, kan?

 

3. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Credit Image - health.kompas.com

Air menjadi yang paling unggul untuk kesehatan tubuh, karena air dapat meningkatkan daya tahan dan tingkat energi. Jika mengalami dehidrasi kamu akan merasa lelah, karena itu dianjurkan minum 4-6 gelas air setiap hari agar tetap sehat.

Tetapi kebutuhan air tergantung setiap orang dan bergantung pada berbagai hal, seperti tingkat aktivitas dans uhu lingkungan, serta retensi air akibar kondisi medis dan penggunaan obat-obatan.

Agar kebutuhan cairan harianmu terpenuhi dengan baik, maka bawalah botol minum sendiri ke mana pun kamu pergi. Masukkan botol tersebut ke dalam tas, sehingga kamu tidak akan lupa membawanya ke mana-mana. Selain itu, sediakan juga air putih di meja kerja atau kamar tidur.

 

4. Batasi Asupan Gula Harian

Asupan gula memang dapat memberikan tambahan energi. Namun, energi tersebut hanya sebentar saja dan malah kamu merasa lebih lelah daripada sebelumnya. Selain itu, konsumsi gula berlebih juga meningkatkan risiko obesitas hingga diabetes.

Ini karena gula dapat meningkatkan kadar gula darah. Lalu, saat tubuh melepaskan insulin untuk memindahkan gula dari aliran darah ke sel, maka kadar gula seakan terjun bebas. Nah, inilah yang membuatmu merasa lebih lelah dibanding sebelum makan gula.

Sebuah studi di Amerika Serikat (AS) tahun 2017 membandingkan konsumsi gula dengan makan bergizi seperti buah-buahan dan sayur-mayur segar. Hasilnya, ternyata mereka yang mengonsumsi gula 26 persen lebih mudah lelah. Oleh karena itu, lebih baik kurangi asupan gula mulai sekarang.

 

5. Beri Tubuh Nutrisi dari Makanan Sehat

Credit Image - food.detik.com

Sederhananya, kalori dalam makanan adalah energi yang digunakan tubuh kita untuk agar berfungsi. Jika menghilangkan asupan makanan yang bergizi maka tingkat energi tubuh akan rendah. Karena itu konsumsi makanan yang sehat untuk meningkatkan tingkat energi.

Untukmu yang mudah lemas, coba periksa kembali menu makanan harianmu, ya. Ingat, konsumsi makanan dan minuman bergizi seimbang tidak hanya dapat menjaga kesehatan, melainkan membantu mendongkrak energimu.

Kunci makanan sehat adalah variasi dalam pilihan makanan, termasuk buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, biji-bijian dan produk susu rendah lemak. Makanan kaya protein dan serat juga akan membuat kamu merasa kenyang tanpa merasa lemas.

Selain itu, pastikan kamu tidak melewatkan waktu makan. Berbagai setuju menunjukkan jika kamu skip jam makan, hal ini akan memengaruhi energi, lho. Kekurangan nutrisi dan kalori dapat mengurangi energi dan membuatmu cepat lelah. Jadi, penting untuk memasok nutrisi dan gizi yang cukup setiap hari.

 

6. Konsumsi Multivitamin dengan Kandungan Lengkap

Meningkatkan energi tubuh tentu tidak akan lengkap tanpa asupan vitamin dan mineral yang berperan dalam proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang cukup untuk melakukan aktivitas.

Umumnya, vitamin dan mineral pun tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga mendapat asupan dari makanan maupun multivitamin sangat direkomendasikan.

Untuk multivitamin, kamu disarankan mengonsumsi suplemen vitamin dari Enervon scara rutin.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat meminum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent yang memiliki kandungan vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Untukmu yang para kaum aktif, direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus mengoptimalkan imunitas tubuhmu.

Dan kedua multivitamin ini pun dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga asupan makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Kemudian, bagi usia emas, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Gold yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks, Omega-3, Asam Folat, dan Lutein yang dapat membantu menjaga kekebalan tubuh, membentuk energi, hingga menjaga kesehatan otak, kesehatan jantung, dan juga kesehatan mata.

Dan untuk anak-anak, direkomendasikan mengonsumsi Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D yang penting untuk menjaga kesehatan Si Kecil.

Enervon-C Plus Sirup dapat bantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan napsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

Yuk, segera dapatkan multivitamin dari Enervon dengan mengunjungi official store-nya, konsumsi secara rutin, dan rasakan manfaat baiknya!

 

Untukmu yang akan melakukan ragam kegiatan di hari kemerdekaan ini, jangan lupa jaga energi tubuh dengan menerapkan deretan tips di atas, ya!

 

 

Featured Image – pacificpaint.com

Source – beautynesia.id