Tidak bisa dihindari, setiap individu pasti dihadapkan dengan masalahnya masing-masing dalam kehidupan. Baik itu kecil maupun besar, permasalahan yang dialami pada akhirnya berdampak pada emosi – dan merasa stres.

Perlu diketahui bahwa stres atau kecemasan berlebih dapat memengaruhi kinerja daya tahan tubuh. Kondisi ini berkaitan erat dengan meningkatnya risiko peradangan. Untuk itu, kamu perlu menerapkan cara menenangkan pikiran ketika menghadapi masalah.

Menenangkan diri tidak hanya membuatmu terhindar dari stres saja, tetapi membantu mencari solusi dengan kepala dingin. Lantas, apa saja yang dapat dilakukan?

Berikut 7 cara menenangkan pikiran ketika menghadapi masalah yang patut diterapkan!

 

 

1. Memahami Masalah yang Terjadi

Credit Image - cnnindonesia.com

Saat pertama kali menghadapi sebuah masalah, jangan langsung men-judge – atau berprasangka buruk, karena hal ini hanya akan menimbulkan kepanikan. Cobalah membiasakan menggali terlebih dulu masalah tersebut dan cari tahu hingga ke akarnya.

Nah, kamu bisa mengumpulkan informasi atau data yang valid untuk membantu mengidentifikasi masalah yang sedang terjadi. Pemahaman yang baik terhadap sebuah masalah bisa membantumu berpikir dengan lebih jernih untuk mencari solusi terbaik.

 

2. Ubah Pikiran Negatif Jadi Positif

Tidak membiarkan pikiran negatif menguasai pikiran menjadi salah satu cara menenangkan pikiran yang mesti diterapkan. Ubah pikiran negatif menjadi positif, karena hal ini akan membantumu menghadapi situasi dengan tenang hati, lho.

Ingat, pada dasarnya, kepanikan muncul akibat pikiran negatif dari diri sendiri!

Misalnya, ketakutan akan dimarahi atasan di kantor membuat kita lebih mudah panik saat tugas di kantor yang bejibun belum selesai sementara sudah mendekati deadline. Padahal, atasan  sebenarnya bukanlah tipe orang yang galak.

Untuk itu, ubah pikiran negatif tersebut menjadi pikiran positif sehingga kamu pun dapat lebih fokus dalam menemukan solusi atas permasalahan yang terjadi.

 

3. Berbicara dengan Diri Sendiri

Credit Image - alodokter.com

Hal lain yang bisa kamu lakukan agar tidak mudah panik saat menghadapi masalah adalah bicara dengan diri sendiri – kegiatan ini juga disebut sebagai self talk, ya. Memang terdengar sepele, tapi hal tersebut sangat penting kita lakukan setiap kali menghadapi masalah.

Dari cara menenangkan pikiran yang satu ini, kamu dapat memberi sugesti kepada diri sendiri bahwa harus tenang dan pasti mampu menghadapi masalah dengan baik. Selain itu, yakinkan kalau masalah tersebut pasti akan berlalu, asalkan kamu mau menyelesaikannya dengan baik.

 

4. Luangkan Waktu untuk Berpikir

Bila kamu menghadapi masalah yang sifatnya tidak terlalu urgent atau tidak perlu untuk diselesaikan segera, maka kamu bisa menyisihkan cukup waktu untuk berpikir. Kalau perlu, carilah tempat yang sepi dan nyaman bagi dirimu sendiri.

Dengan jeda waktu yang cukup, tentunya kamu akan terhindar dari rasa panik, ya. Dan, biasanya memang kepanikan akan lebih gampang muncul ketika kamu berada dalam kondisi serba terburu-buru. Setuju, kan?

 

5. Mulai Sekarang, Siapkan Rencana Cadangan

Credit Image - crosswalk.com

Cara menenangkan pikiran ketika menghadapi masalah berikutnya, yaitu sudah menyiapkan rencana cadangan sejak awal.

Kepanikan saat menghadapi masalah bisa terjadi karena belum siap dengan masalah yang ada. Untuk itu, coba biasakan untuk membuat rencana cadangan dalam setiap kegiatan.

Dengan adanya rencana cadangan, kamu jadi punya gambaran mengenai hal yang dapat dilakukan saat rencana awal tidak bisa terealisasi dengan baik.

Misalnya, kamu akan melakukan presentasi di hadapan klien esok hari di kantor. Kamu sudah mempersiapkan semua bahan presentasi dengan baik di laptop. Namun, saat presentasi, ternyata laptopmu tiba-tiba rusak.

Nah, dalam kondisi seperti ini, kamu mungkin akan panik. Tapi, kamu mungkin akan lebih tenang bila sudah memiliki rencana cadangan, misalnya dengan menyimpan file backup di flashdisk atau komputer kantor.

 

6. Jika Perlu, Mintalah Bantuan Orang Lain

Saat menghadapi masalah, kamu mungkin akan cenderung menyelesaikannya sendiri dengan harapan agar tidak merepotkan orang lain. Padahal, mindset semacam itu dapat membuatmu cenderung lebih mudah panik saat menghadapi masalah, terutama jika masalah tersebut tergolong berat dan tidak bisa diselesaikan sendiri.

Kamu harus menyadari bahwa ada kalanya membutuhkan bantuan orang lain. Jadi, jangan ragu untuk meminta bantuan ke orang-orang terdekat, seperti keluarga, sahabat, teman, rekan kerja, atau orang-orang yang kamu percaya.

 

7. Bantu Kurangi Stres, Asupan Ini Juga Diperlukan!

Credit Image - 3meds.com

Cara menenangkan pikiran yang satu ini berkaitan dengan asupan nutrisi. Tahukah kamu bahwa vitamin B kompleks dapat memberikan efek relaksasi dan meningkatkan suasana hati, yang akhirnya membuatmu tidak gampang stres?

Ya, dengan konsumsi vitamin ini, kamu pun menjadi lebih rileks dalam menghadapi masalah dan pastinya mood tidak ikut berantakan!

Vitamin B3 berperan dalam produksi serotonin, yaitu sebuah neurotransmiter yang memungkinkan sel otak dan sel saraf lainnya berkomunikasi. Jika kadar serotonin terlalu rendah, seseorang menjadi lebih mudah stres dan depresi.

Dalam kata lain, kekurangan vitamin B3 dapat mengganggu kadar serotonin dalam tubuh dan berdampak pada suasana hati.

Kemudian, ada pula vitamin B6 yang juga dapat dapat memelihara kesehatan fungsi saraf. Hal ini juga seringkali dikaitkan dengan gangguan mental, termasuk depresi. Vitamin ini memiliki peran untuk metabolisme estrogen – yang berdampak pada mood.

Vitamin B12 juga dikenal sebagai nutrisi yang dapat bantu meningkatkan suasana hati dan energi positif di dalam tubuh. Hal ini juga dibenarkan oleh seorang Naturopath di Metro Integratate Pharmacy, Sally Warren, yang menyebutkan bahwa memenuhi kebutuhan Vitamin B12, dapat mempertahankan energi baik dalam tubuh.

Dan, yang terakhir ada pula vitamin B9 dapat bantu memiliki peran dalam mengatur suasana hati seseorang. Instruktur Kesehatan Nutrisi, Kerri Axelrod mengatakan bahwa banyak orang yang mengalami depresi – disebabkan oleh kurangnya kadar vitamin B12 dan vitamin B9.

Asupan vitamin B bisa dipenuhi dengan mengonsumsi sejumlah sumber makanan. Namun, lebih mudahnya, kamu dapat memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks dengan minum rangkaian multivitamin dari Enervon, lho.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat meminum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent yang memiliki kandungan vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Untukmu yang para kaum aktif, direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus mengoptimalkan imunitas tubuhmu.

Dan kedua multivitamin ini pun dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga asupan makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Kemudian, bagi usia emas, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Gold yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks, Omega-3, Asam Folat, dan Lutein yang dapat membantu menjaga kekebalan tubuh, membentuk energi, hingga menjaga kesehatan otak, kesehatan jantung, dan juga kesehatan mata.

Dan untuk anak-anak, direkomendasikan mengonsumsi Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D yang penting untuk menjaga kesehatan Si Kecil.

Enervon-C Plus Sirup dapat bantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan napsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

Untuk mendapatkan multivitamin Enervon pilihanmu, segera kunjungi official store-nya di sini, ya!

 

Wah, itulah deretan cara menenangkan pikiran yang dapat kamu terapkan. Jika tengah menghadapi masalah, jangan sampai emosi dan kepanikan justru menguasai pikiranmu, ya. Tenangkan diri terlebih dahulu – dan tetap berpikir positif agar solusi bisa segera ditemukan.

 

 

Featured Image – klikdokter.com

Source – idntimes.com