Punya aktivitas yang padat? Di kehidupan yang semakin sibuk, kondisi tersebut tak jarang dialami banyak orang, apalagi pekerja. Lama kelamaan, energi tubuh dapat terkuras dan kamu pun menjadi lebih mudah merasa lemas.

Berkurangnya energi tubuh sering dikaitkan dengan penerapan gaya hidup sehat. Tak bisa dipungkiri, sibuknya kegiatan yang dilakukan membuatmu mengabaikan berbagai hal yang berkaitan dengan menjaga kesehatan, ya?

Untuk mengatasinya, yuk, boost energimu dengan menerapkan 7 tips berikut. Segera simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

1. Tidur yang Cukup

Credit Image - lifestyle.kompas.com

Sebagian darimu mungkin ada yang sering melewatkan beberapa jam tidur, karena shift di tempat kerja – dan mengurangi waktu istirahat. Selain itu, diperkirakan bahwa 20-30% dari populasi umum dapat mengalami tidur yang buruk, karenanya kehilangan waktu istirahat yang vital.

Kurang tidur dapat menyebabkan seseorang merasa lesu, mudah marah dan lelah. Jika sering merasa seperti ini, mungkin perlu untuk mempertimbangkan apakah dirimu sudah cukup tidur. Dianjurkan untuk tidur selama 7 jam per malam.

Jika kurang tidur, maka kamu dapat mencoba bersantai dahulu sebelum pergi tidur, misalnya meluangkan waktu untuk mandi dan membaca buku setengah jam lebih awal dari biasanya.

Selain itu, kamu juga harus dapat menghindari penggunaan ponsel menjelang tidur. Paparan cahaya dari layar ponsel sebelum tidur telah dikaitkan dengan kualitas tidur yang buruk, kurang tidur, dan meningkatkan rasa kantuk sepanjang hari. Jika ingin mencoba untuk tidur lebih banyak cobalah untuk melakukan meditasi dan latihan lain untuk menenangkan pikiran.

 

2. Mengurangi Stres

Memiliki tuntutan pekerjaan yang tinggi – disertai dengan kehidupan sibuk rentan membuatmu stres, cemas, atau kewalahan, lho.

Mungkin mustahil untuk menghilangkan sumber stres sepenuhnya dari hidup. Namun, jika dirimu meminimalkan stres terkait dengan gaya hidup, itu bisa meningkatkan energi.. Strategi untuk meningkatkan energi termasuk meluangkan waktu untuk bersantai, membaca atau berjalan-jalan.

Atau, kamu juga dianjurkan menerapkan teknik mindfulness atau meditasi yang dapat mengurangi kecemasan. Namun, penting untuk dicatat bahwa jika dirimu merasa sangat stres dan kecemasan lebih parah, sebaiknya konsultasikan ini dengan ahlinya, ya!

 

3. Tetap Aktif Bergerak

Credit Image - halodoc.com

Olahraga teratur penting untuk mengurangi risiko terkena penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes dan obesitas. Ini mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, karena ketika dirimu merasa lelah, bangun dan menggerakkan tubuh bisa terasa seperti hal terakhir yang ingin dilakukan.

Berjalan kaki selama 10 menit ketika merasa lelah adalah hal yang baik dilakukan dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukannya sema sekali. Untuk memasukkan olahraga ke dalam harianmu, bisa mencoba denegan menjauh dari meja kerja dan berjalan-jalan saat istirahat makan siang atau berjalan kaki ke tempat kerja – cukup mudah dilakukan, kan?

 

4. Batasi Konsumsi Gula Berlebih

Saat merasa lelah, mudah untuk mengambil camilan manis dan penuh gula. Namun, meskipun gula dapat memberi dorongan energi jangka pendek, gula akan cepat hilang. Mengapa demikian? Karena, makanan tinggi gula menyebabkan gula darah menjadi naik lebih cepat.

Mengonsumsi gula tambahan dalam jumlah besar juga dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes dan penyakit jantung, jadi membatasi penambahan gula tidak hanya baik untuk meningkatkan energi, tetapi juga untuk kesehatan tubuh lainnya.

 

5. Hidrasi Tubuh dengan Baik

Credit Image - yesdok.com

Di siang hari tubuh cenderung kehilangan air melalui urin atau keringat. Nah, agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik, kamu perlu mengonsumsi air yang cukup untuk mengganti cairan yang hilang tersebut, ya.

Ingat, dehidrasi dapat memengaruhi fungsi otak, suasana hati dan tingkat energi. Agar tetap terhidrasi, pastikan untuk minum saat haus. Juga perlu diingat bahwa jika banyak berkeringat karena cuaca panas, dirimu mungkin perlu lebih banyak air.

Selalu sediakan air di meja kerja atau bawa botol minum ke mana pun kamu pergi. Cara ini dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh!

 

6. Konsumsi Makanan Bergizi

Kekurangan energi memiliki kaitan erat dengan kebiasaan makan, lho. Kebiasaan diet yang baik mengurangi risiko tekanan penyakit kronis dan juga dapat memengaruhi tingkat energi dan perasaan dari hari ke hari.

Tubuh membutuhkan bahan bakar untuk membuatmu terus maju. Memilih makanan utuh dan bergizi akan memberi tubuh nutrisi yang dibutuhkan.

Jika mengonsumsi makanan olahan tinggi gula dan lemak, dapat memengaruhi tingkat energi dan kesehatanmu. Selain itu, jika seseorang memiliki pola makan yang tidak menentu dan secara teratur melewatkan makan, ini mungkin akan kehilangan nutrsi yang diperlukan dan membuat tubuh menjadi lebih mudah lelah.

 

7. Konsumsi Multivitamin untuk Boost Energi

Credit Image - investor.id

Selain menerapkan deretan tips di atas, mendongkrak energi tubuhmu juga perlu dilakukan dengan mengonsumsi multivitamin, apalagi yang memiliki kandungan vitamin B kompleks, lho. Jenis nutrisi satu ini membantu proses metabolisme – yang berperan membentuk energi serta meningkatkan suasana hati.

Lantas, apa multivitamin yang direkomendasikan?

Konsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active. Multivitamin andalanmu yang satu ini mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang berguna untuk menjaga stamina agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu agar tidah mudah terserang penyakit.

Tak perlu khawatir, kandungan vitamin C-nya pun aman di lambung sensitif, lho!

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. Mulai sekarang, yuk jadi pribadi yang aktif dengan Enervon Active!

Tunggu apa lagi? Segera konsumsi produk multivitamin andalan kaum aktif yang satu ini, yuk! Kamu bisa mendapatkannya di official store-nya di Tokopedia, ya.

 

Tak sedikit orang yang merasa lelah ketika melakukan aktivitas harian. Namun, dengan menerapkan tips di atas secara konsisten, hal ini akan membantu boost energimu, lho!

 

 

Featured Image – bandung.ragamindonesia.com

Source – fimela.com