Apakah kamu sudah mengelola keuangan dengan baik? Jangan jumawa dulu! Tanpa disadari, masih ada berbagai kesalahan yang sering dilakukan dalam mengatur urusan finansial pribadi, lho. Hal-hal kecil inilah yang dapat merugikanmu di kemudian hari.

Memang, mengatur keuangan tidaklah mudah. Pasalnya, masih ada banyak godaan, seperti ingin jajan makanan maupun belanja online yang dapat membuatmu menjadi boros. Untuk itu, kamu mesti mengenali beragam kesalahan dalam mengelola uang, ya.

Lantas, apa saja kesalahan yang biasa dilakukan ketika merencanakan budget untuk diri sendiri? Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

 

Tidak Menabung untuk Dana Darurat

Credit Image - ekrut.com

Kesalahan umum yang biasa dilakukan ketika mengatur keuangan pribadi adalah tidak menabung untuk dana darurat. Umumnya, seorang individu cenderung tidak menghiraukan pentingnya tabungan darurat. Mereka justru memilih untuk menyediakan biaya pengeluaran bulanan sebagai sebuah prioritas.

Sayangnya, hal tersebut cukup berbahaya untuk keamanan finansial. Kok bisa? Karena risiko sakit dan hal yang tak terduga bisa saja terjadi. Jika dana darurat tidak tersedia, maka mau tidak mau, kamu harus merogoh biaya bulanan dan hidup dari sisa gaji untuk sebulan ke depan.

Nah, agar terhindar dari permasalahan ini, sebaiknya tabungan dana darurat dijadikan prioritas ketika hendak mengatur keuangan pribadi, ya!

 

Hanya Menebak Jumlah Pengeluaran, Bukan Menghitungnya!

Masih sering menebak-nebak jumlah pengeluaran? Kesalahan ini juga wajib untuk dihindari, lho. Jika kamu termasuk seseorang yang menerapkan literasi keuangan, mungkin permasalahan ini tidak akan terjadi.

Tetapi kenyataannya masih banyak orang yang menerka total pengeluaran mereka untuk kurun waktu satu bulan. Jika hal ini terus berlanjut, dampaknya akan sangat buruk untuk kestabilan keuangan pribadi mereka.

Untuk menangani masalah ini, sebaiknya mulai menghitung total pengeluaran selama satu bulan. Pikirkan biaya yang akan dikeluarkan untuk keperluan penting seperti harga sewa kamar kos, biaya makan per-harinya, hingga total pengeluaran untuk bensin kendaraan.

 

Tidak Melacak Pengeluaran

Credit Image - blog.amartha.com

Selanjutnya, kesalahan yang umumnya kita lakukan saat mengatur keuangan pribadi adalah tidak melacak pengeluaran sehari-hari. Jika kamu tidak melacak pengeluaran, kamu berisiko untuk mengeluarkan uang dengan berlebihan dan menghabiskan seluruh anggaran sebelum waktunya.

Kegagalan dalam mengatur keuangan ini nantinya akan menggiringmu pada risiko yang lebih besar, seperti meminjam uang dan wajib membayar utang. Intinya, bila kamu tidak tahu jumlah uang yang telah dibelanjakan, maka harus bersiap-bersiap untuk menghadapi risiko kerugian yang jauh lebih besar!

 

Menghitung Anggaran Secara Terpisah

Apakah kamu sudah memiliki pasangan? Kesalahan dalam mengatur keuangan ini juga mesti dihindari, ya. Jadi, kamu dan pasangan harus membentuk anggaran bersama – yang pastinya sudah dirundingkan terlebih dahulu.

Kamu dan pasangan harus secara terbuka mendiskusikan keadaan finansial dan bagaimana strategi terbaik untuk mengelolanya. Mengapa demikian? Karena, kerjasama akan mencegah kamu dari risiko pengeluaran berlebihan dan tetap berpegang teguh pada anggaran keuangan bersama.

 

Sering Melupakan Pengeluaran untuk Pajak

Credit Image - linkaja.id

Kesalahan dalam mengelola keuangan yang tak kalah seringnya dilakukan, yaitu tidak memasukkan anggaran pajak ke dalam pengeluaran.

Ya, tak jarang kamu lupa untuk menghitung jumlah biaya yang akan dikeluarkan untuk bayar pajak setiap bulannya. Maka dari itu, mulai dari sekarang sebaiknya mulai memerhatikan hal-hal yang akan dikenakan pajak.

Jangan lupa untuk memperkirakan total pajak tahunan kendaraan dan penghasilan. Untuk mengantisipasinya kamu bisa menyisihkan uang sebagai tabungan membayar pajak, ya!

 

Yuk, Tetap Fokus dalam Mengelola Keuangan!

Dalam mengelola keuangan, tentunya kamu harus tetap fokus, kan? Nah, konsentrasi yang baik bisa diperoleh dengan menjaga energi tubuh, lho. Kamu perlu mendapatkan makanan bernutrisi, istirahat cukup, minum air putih sesuai kebutuhan tubuh, dan memperoleh asupan vitamin serta mineral.

Deretan cara sederhana di atas dapat menjaga energi tubuh secara maksimal, sehingga kamu bisa lebih fokus dalam menjalani aktivitas.

Berkaitan dengan asupan vitamin dan mineral, selain dari sumber makanan bernutrisi, kamu bisa memperolehnya dengan mengonsumsi suplemen multivitamin yang punya kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Enervon Active memiliki kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Seperti yang sudah disebutkan, kandungan vitamin B kompleks Enervon Active – dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas.

Dan pastinya, kandungan vitamin C di dalam kedua multivitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, sehingga tidak rentan terkena berbagai macam penyakit!

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya.

 

Wah, gimana? Apakah kamu masih sering melakukan deretan kesalahan mengelola keuangan di atas? Mulai sekarang, yuk jangan dilakukan lagi!

 

 

Featured Image – seva.id

Source – glints.com