Kebahagiaan antar individu memang berbeda satu dengan lainnya. Inilah mengapa membahagiakan diri sendiri merupakan hal yang personal. Jika kamu sudah tahu cara yang paling cocok, maka ini bisa menjadi langkah untuk mengatasi stres juga, lho.

Selain melakukan cara membahagiakan diri sendiri, kamu tetap perlu mengimbanginya dengan pola pikir. Ketika sudah terbiasa berpikir positif, maka kebahagiaan pun akan lebih mudah datang. Apakah kamu setuju?

Nah, agar kamu tetap bahagia, ada beragam tips sederhana yang bisa diterapkan. Simak informasinya di bawah ini, yuk!

 

 

Tentukan Dahulu Sumber Kebahagiaanmu

Credit Image - liputan6.com

Sebelum menemukan cara membahagiakan diri sendiri versi kamu, maka langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan dahulu sumber kebahagiaanmu. Hanya dirimu yang memahami hal ini, bukan orang lain maupun persepsi di lingkungan sekitar.

Bahkan bisa jadi, konsep bahagia yang umum di masyarakat berbeda dengan apa yang menurut kamu membahagiakan. Itu tidak apa-apa, sah-sah saja, kok.

Tapi, jangan sampai konsep yang menurut masyarakat membahagiakan justru menjadi beban untukmu, ya. Misalnya, merasa stres karena belum mencapai standar kebahagiaan, seperti sudah punya rumah sendiri, mobil terbaru, atau bahkan persepsi soal bentuk tubuh – dan warna kulit yang tidak valid.

 

Faktor yang Memengaruhi Kebahagiaan

Ada beberapa faktor yang berpengaruh terhadap kebahagiaan diri sendiri, seperti:

  • Uang
  • Teman
  • Kesehatan
  • Lingkungan tetangga
  • Kondisi kehidupan
  • Kehidupan spiritual
  • Memaknai tujuan hidup
  • Keterlibatan dalam komunitas

Meski demikian, tidak sukses dalam salah satu faktor di atas bukan berarti kamu tidak bahagia, lho. Begitu pula sebaliknya. Ketika seluruh faktor di atas sudah terpenuhi, juga belum berarti jalan menuju kebahagiaan diri sendiri sudah tercapai.

Artinya, fokus pada beberapa faktor di atas bisa meningkatkan kadar kebahagiaan dalam menjalani hidup. Sebagai contoh dengan terlibat dalam komunitas. Mulai dari hal kecil yang membuatmu merasa lebih bermanfaat untuk orang lain.

 

5 Cara Membahagiakan Diri Sendiri

Credit Image - fimela.com

Untuk membuatmu merasa bahagia, ada 5 cara yang dapat diterapkan, lho. Berikut ini di antaranya.

1. Mengubah perilaku

Perilakumu sehari-sehari dan segala hal yang terjadi dapat berdampak pada kebahagiaan serta kepuasan dalam hidup, lho. Bukan hanya melihat sesuatu dari kaca mata optimistis saja, namun juga memiliki pengendalian diri yang baik.

Kamu mesti memahami bahwa apapun yang terjadi di bawah kendali, sebaiknya tidak dibawa larut, sehingga kamu akan terus-menerus berpikir bahwa dirimu adalah korban dari situasi yang terjadi.  Begitu pula ketika menghadapi halangan. Bukan dianggap sebagai ancaman, namun lebih pada tantangan. Dengan demikian, lebih mudah menemukan solusi-solusi yang efektif.

 

2. Menemukan keseimbangan

Terkadang, orang sibuk mengejar apa yang menurut mereka bisa membahagiakan. Padahal, belum tentu itu yang tercapai. Lihat saja orang yang gila kerja alias workaholic justru jatuh sakit dan tak punya waktu bersenang-senang bersama orang terdekat.

Memang benar kondisi finansial stabil itu penting. Namun, tetap perlu disertai dengan keseimbangan dalam hal lain yaitu kesehatan, relasi, dan hal bermakna lainnya.

Tak perlu mengerahkan upaya sekuat tenaga untuk mengejar satu tujuan dan mengabaikan faktor lainnya. Sebisa mungkin, seimbangkan berbagai hal dengan menuliskan apa saja target yang ingin dicapai.

 

3. Realistis dalam mencapai tujuan

Terkadang, ekspektasi berlebihan bisa menyebabkan seseorang gagal dan kecewa berkali-kali lipat. Apabila ingin menerapkan cara membahagiakan diri sendiri, pasang target kecil yang mudah dicapai terlebih dahulu. Setelah tercapai, baru berikan apresiasi kepada diri sendiri.

Jangan lupa libatkan orang-orang terdekat untuk memberi dukungan. Ini bisa jadi sumber motivasi sendiri ketika merasa ingin menyerah di tengah jalan.

 

4. Melakukan kebiasaan yang membuatmu bahagia

Yang menarik, ada berbagai kebiasaan kecil yang bisa menjadi sumber kebahagiaan dirimu. Terkesan sederhana? Ya, tapi hal-hal seperti menulis jurnal, berjalan kaki dan menghirup udara segar, serta terus merasa penasaran pada hal di sekitar juga termasuk cara membahagiakan diri sendiri, lho.

 

5. Fokus menikmati momen

Terkesan mudah, namun bisa saja seseorang tidak menikmati momen yang tengah dijalaninya karena berbagai hal. Distraksi bisa datang dari mana saja. Termasuk, akibat menghabiskan waktu terlalu banyak melihat gadget dan media sosial.

Sebagai contoh, saat sedang menonton konser namun justru tidak merasa bahagia karena sibuk merekam dengan ponsel atau mengunggahnya ke media sosial. Begitu pula saat sedang berjalan-jalan menikmati alam sekitar.

Terkadang, melakukan digital detox bisa menjadi cara untuk menikmati waktu saat ini. Menjalani hari sepenuh hati siapa tahu menjadi cara untuk mendapatkan kebahagiaan.

 

Jaga Kebahagiaan dengan Mempertahankan Kesehatan Tubuh!

Selain deretan tips di atas, cara membahagiakan diri sendiri lain yang bisa diterapkan, yaitu self-care. Ini bisa dilakukan dengan menjaga kesehatan tubuh.

Ingat, jangan sampai rasa stres membuatmu mengabaikan pola hidup, ya. Tetap pertahankan kesehatan tubuh dengan mengonsumsi berbagai menu bergizi seimbang, serta hindari jenis makanan cepat saji yang kurang baik bagi kesehatan.

Selain itu, tidur yang cukup setiap harinya, olahraga teratur, hingga mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral yang dapat menjaga energi tubuh agar tidak mudah merasa lelah, sehingga dapat beraktivitas secara maksimal.

Untuk memaksimalkan kesehatan, dianjurkan pula mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap. Kamu direkomendasikan memilih rangkaian multivitamin dari Enervon yang dapat dikonsumsi segala usia!

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg yang bisa memberi sensasi rasa segar sepanjang hari.

Untukmu kaum aktif dan produktif, direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – kandungan vitamin C yang ramah dilambung akan membantu menjaga imunitas, dan vitamn B kompleksnya dapat mengoptimalkan energi tubuh agar tidak mudah lelah.

Multivitamin Enervon-C dan Enervon Active pun dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa dirasakan berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Kemudian, bagi usia emas, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Gold yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks, Omega-3, Asam Folat, dan Lutein yang dapat membantu menjaga kekebalan tubuh, membentuk energi, hingga menjaga kesehatan otak, kesehatan jantung, dan juga kesehatan mata.

Dan untuk anak-anak, direkomendasikan mengonsumsi Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D yang penting untuk menjaga kesehatan Si Kecil.

Enervon-C Plus Sirup dapat bantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan napsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

Yuk, segera dapatkan multivitamin dari Enervon dengan mengunjungi official store-nya, ya!

 

Mulai sekarang, cobalah menerapkan cara membahagiakan diri sendiri di atas. Meski terlihat sederhana, namun langkah kecil pun bisa memberikan dampak baik pada jangka panjang, lho.

 

 

Featured Image – riliv.co

Source – sehatq.com