Argggh, I hate Monday!

Siapa di sini yang masih malas bekerja atau uring-uringan di hari Senin? Tandanya, kamu mengalami Monday blues, lho. Ternyata permasalahan ini cukup sering dialami oleh para pekerja, lho, mungkin kamu salah satunya. Sesuai namanya, problem ini akan dirasakan ketika menjelang atau tepat pada hari Senin.

Meski terdengar biasa saja, namun dampak dari permasalahan ini bisa mengganggu produktivitas kerja, membuat mood memburuk, hingga hal buruk lainnya yang menghambat aktivitas. Apakah kamu kerap merasakannya? Kalau gitu, kamu perlu tahu cara tepat mengatasinya, ya!

Berikut sebab, ciri-ciri, dan tips mengatasi Monday blues yang perlu kamu ketahui.

 

 

Apa itu Monday Blues?

Credit Image - glints.com

Monday blues adalah munculnya emosi-emosi negatif yang akan dirasakan oleh seseorang di penghujung akhir pekan atau di awal-awal pekan. Spesifiknya, emosi-emosi negatif tadi akan dirasakan seseorang sesaat atau ketika harus memulai rutinitasnya di hari Senin.

Misalnya, ketika seseorang harus mulai kembali lagi bekerja atau bersekolah setelah menikmati hari libur akhir pekan.

Orang yang merasakan masalah ini juga bisa mengalami penurunan produktivitas, lho. Selain itu, ada pula yang mengalami stres, padahal hari kerja di pekan tersebut baru saja dimulai.

Pada umumnya, mood atau perasaan orang yang mengalami Monday blues akan berangsur-angsur membaik seiring berjalannya hari pada pekan tersebut.

Meski dampak yang dirasakan berhubungan dengan aspek psikologis, Monday blues bukanlah gangguan klinis atau gangguan kejiwaan. Permasalahan ini juga berbeda sama sekali dengan depresi, ya. Emosi-emosi negatif yang dirasakan ketika depresi tidak memiliki waktu spesifik kemunculan seperti halnya monday blues. Ditambah lagi, depresi juga bisa berlangsung secara terus-menerus.

Perbedaan selanjutnya, orang yang merasakan Monday blues masih bisa menaruh minat pada aktivitas yang dianggapnya menyenangkan. Sementara, orang yang mengalami depresi cenderung akan mengalami hal sebaliknya.

 

Ciri-ciri Monday Blues yang Perlu Diketahui

Ada pun ciri-ciri yang cukup umum ditemui pada orang yang merasakan Monday blues, yaitu:

  • Munculnya perasaan bosan
  • Merasa lesu
  • Tidak bersemangat
  • Merasa berat untuk mulai bekerja di hari Senin
  • Bad mood
  • Tingkat produktivitas menurun
  • Stres

 

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Credit Image - orami.co.id

Untuk menghadapi sekliagus mengatasi Monday blues, ada beberapa tips yang dapat kamu terapkan. Yuk, simak poin-poinnya secara lengkap, ya!

1. Maksimalkan libur di akhir pekan

Akan sangat baik kalau kamu tidak melakukan aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaanmu di akhir pekan. Jadi, untuk sementara waktu, hindari dulu mengecek email ataupun hal-hal lain yang berhubungan dengan pekerjaan ketika tanggal merah.

Besar kemungkinan, momen dan vibes hari libur akhir pekan akan hilang jika kamu melakukan hal-hal tadi. Untuk itu, pastikan kamu memaksimalkan akhir pekan untuk melakukan aktivitas menyenangkan dan beristirahat, ya.

 

2. Cari tahu alasan munculnya emosi negatif

Salah satu waktu kemunculan Monday blues biasanya terjadi ketika kamu mengingat bahwa hari Senin sudah semakin dekat. Saat emosi negatif mulai kamu rasakan, ada baiknya kamu mengidentifikasi secara sadar alasan kemunculan perasaan tersebut.

Setidaknya, ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk mengidentifikasi penyebab problem ini, yakni:

  • Melakukan refleksi atau bertanya kepada diri sendiri kenapa emosi negatif muncul.
  • Mencoba menuliskan hal-hal yang kamu rasakan.

Ketika akar permasalahnya sudah kamu temukan, akan lebih mudah untuk mencari solusi atas permasalahan ini. Selain itu, cobalah menuliskan perasaan yang juga bisa membantu kamu untuk lebih tenang dan produktif.

 

3. Rencanakan agenda untuk hari Senin mendatang

Membuat rencana di akhir pekan bisa menjadi hal yang sangat menguntungkan. Hal tersebut dapat membuat hari Senin menjadi jauh lebih ringan ketimbang tidak mempersiapkan rencana sama sekali.

Paling nyamannya, kamu bisa memastikan diri agar tidak over schedule di hari Senin. Ketika agenda harianmu terlalu padat atau pekerjaan cukup menumpuk di awal pekan, maka Senin akan terasa lebih menekan dan membebani, ya?

 

4. Menghindari begadang, tetap bangun pagi!

Saat Minggu malam tiba, ada baiknya kamu memutuskan untuk lebih cepat tidur. Atau paling tidak, kamu perlu memastikan diri agar tidak begadang. Hari Senin akan menjadi melelahkan jika energi yang ada dalam tubuh tidak penuh hanya karena masalah kurangnya waktu tidur.

Selain itu, akan lebih baik lagi kalau di hari Senin kamu bangun cukup awal. Jadi, persiapan menuju kantor akan lebih cepat daripada biasanya. Energi penuh, tidur cukup, dan masih punya banyak waktu untuk menuju kantor. Tiga hal itu akan membuat awal pekan terasa jauh lebih ringan, kan?

 

5. Lakukan aktivitas menyenangkan setelah bekerja

Perasaan lesu karena Monday blues juga bisa diatasi dengan cara membuat rencana menyenangkan setelah pulang kerja. Misalnya, kamu bisa membuat rencana untuk hangout bersama teman-temanmu. Atau, mungkin kamu juga bisa berencana untuk melakukan aktivitas favoritmu selepas kerja.

Memiliki rencana menyenangkan setelah pulang kantor dapat mendistraksi perasaan negatif yang muncul di hari Senin. Selain itu, kamu juga bisa lebih bersemangat karena ada aktivitas menyenangkan yang menunggu untuk menutup hari.

 

Tingkatkan Produktivitas di Hari Senin, Terus Jaga Energi Tubuh!

Ketika menghadapi hari Senin, apalagi ditambah dengan Monday blues, mau tidak mau kamu tetap diharuskan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik, kan? Agar semuanya bisa dilakukan dengan maksimal, pastikan energi tubuhmu sudah terjaga, ya.

Pastikan kamu sudah mendapat asupan makanan bergizi yang kaya akan vitamin dan mineral. Kedua mikronutrien tersebut penting untuk menjaga energi tubuh, sehingga kamu dapat beraktivitas secara optimal.

Selain dari makanan, vitamin dan mineral juga bisa diperoleh dari mengonsumsi multivitamin Enervon Active yang memiliki kandungan lengkap.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga energi tubuh agar tidak gampang lelah, serta menjaga daya tahan tubuh agar kamu tidak mudah jatuh sakit.

Tenang, kandungan vitamin C dalam Enervon Active ramah di lambung yang sensitif, kok!

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama untuk beraktivitas seharian.

Untuk mendapatkan produk Enervon Active, kamu bisa mendapatkannya dengan klik di sini, ya.

 

Apakah kamu sering mengalami Monday blues? Untuk mengatasinya, silahkan coba terapkan tips di atas, ya. Yang terpenting, jangan biarkan kondisi ini malah menurunkan produktivitasmu!

 

 

Featured Image – hypeabis.id

Source – glints.com