Kenali Pentingnya Vitamin C untuk Kesehatan Si Kecil

Kenali Pentingnya Vitamin C untuk Kesehatan Si Kecil

Dari sekian banyaknya jenis vitamin dan mineral, vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang dikenal manfaatnya untuk menjaga sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. Jika anak terserang flu, misalnya, moms dan dads bisa memberinya vitamin C agar pemulihan menjadi lebih cepat.

Tak hanya ketika sakit saja, memberi vitamin C untuk anak setiap hari juga tak kalah pentingnya, lho. Selain menjaga imunitas, masih ada ragam manfaat vitamin ini untuk kesehatan Si Kecil. Apa saja kebaikan tersebut?

Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

 

Manfaat Vitamin C untuk Kekebalan Si Kecil

Kenali Pentingnya Vitamin C untuk Kesehatan Si Kecil

Credit Image - klikseleb.pikiran-rakyat.com

Vitamin C atau dikenal juga sebagai asam askorbat, adalah vitamin yang bisa ditemukan dalam banyak makanan yang umum, seperti buah jeruk, apel, beri, kentang dan paprika. Selain itu, vitamin C juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi suplemen makanan.

Memberikan vitamin C untuk anak penting karena bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dan perkembangan tubuhnya. Vitamin C membantu membentuk dan memperbaiki sel darah merah, tulang, dan jaringan dalam tubuh anak.

Vitamin ini juga membantu gusi Si Kecil tetap sehat dan memperkuat pembuluh darahnya, sehingga meminimalkan memar karena jatuh dan goresan. Vitamin C juga membantu menyembuhkan luka, mencegah infeksi, serta membantu tubuh menyerap zat besi dari sumber makanan.

Namun, salah satu manfaat vitamin C yang paling terkenal, tentu saja adalah perannya dalam mendukung sistem kekebalan tubuh. Ahli gastroenterology anak, Kadakkal Radhakrishnan, MD, menjelaskan bahwa vitamin C bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Si Kecil, berkat kandungan antioksidan yang dimilikinya.

Antioksidan membantu mengurangi kerusakan sel akibat radikal bebas di dalam tubuh. Vitamin C juga sangat terkonsentrasi di dalam sel-sel kekebalan, yang menunjukkan bahwa vitamin tersebut merupakan agen penguat kekebalan.

Tubuh anak yang sedang bertumbuh tidak bisa memproduksi vitamin C sendiri. Jadi, moms dan dads perlu memastikan bahwa Si Kecil mendapatkan asupan vitamin C yang dibutuhkannya setiap hari.

 

Manfaat Lain dari Vitamin C

Tidak hanya menjaga kekebalan tubuh, namun vitamin C juga dapat menjaga kesehatan anak secara keseluruhan, lho. Pasalnya, vitamin C juga merupakan salah satu zat antioksidan yang luar biasa, lho.

Zat antioksidan berperan vital dalam pemeliharaan kesehatan secara umum. Sebagai zat antioksidan, vitamin C membantu mengendalikan radikal bebas. Radikal bebas berlebih dapat memicu kerusakan sel dan memicu berbagai penyakit kronis.

Selain itu, vitamin C berperan dalam pembentukan kolagen – protein yang membentuk banyak bagian tubuh, termasuk kulit, tulang rawan, pembuluh darah, dan otot. Vitamin ini juga membantu mempercepat pemulihan luka, serta mencegah kanker.

 

Jumlah Vitamin C yang Dibutuhkan Anak

Kenali Pentingnya Vitamin C untuk Kesehatan Si Kecil

Credit Image - parenting.firstcry.com

Anak yang berusia 1-3 tahun memerlukan 15 miligram vitamin C setiap hari. Sementara anak berusia 4-8 tahun perlu mendapatkan 25 miligram vitamin C setiap harinya.

Vitamin C bisa ditemukan di banyak makanan, sehingga defisiensi vitamin C sangat jarang terjadi. Namun, anak-anak yang sangat pemilih saat makan atau kurang makan buah dan sayuran mungkin tidak mendapatkan cukup vitamin C.

Agar Si Kecil bisa mendapatkan asupan vitamin C yang cukup setiap hari, pastikan moms dan dads memberinya makan berbagai macam buah dan sayuran berwarna setiap hari.

Sayuran yang merupakan sumber vitamin C, antara lain paprika, bayam, dan brokoli. Sedangkan buah-buahan yang kaya vitamin C, antara lain buah kiwi, tomat, jambu biji, jeruk, pepaya, stroberi, melon, dan mangga.

Namun, jika anak juga masih sulit diberikan sayuran atau buah-buahan, maka cobalah berikan suplemen tambahan untuk mencukupi kebutuhan vitamin C anak, ya.

 

Berikan Suplemen Tambahan untuk Cukupi Kebutuhan Vitamin C Si Kecil!

Vitamin C merupakan nutrisi yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Untuk itu, moms dan dads direkomendasikan memberi suplemen tambahan – ini sangat penting apabila Si Kecil termasuk susah makan atau pilih-pilih jenis makanan.

Moms dan dads dapat memberikan multivitamin Enervon-C Plus Sirup yang aman diberikan kepada anak setiap harinya.

Multivitamin andalan anak yang satu ini mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D – Nah, Enervon-C Plus Sirup dapat membantu menjaga daya tahan tubuh anak agar ia tidak mudah sakit.

Sejumlah kandungan dalam multivitamin Enervon-C Plus Sirup juga berperan penting untuk ntuk mendukung perkembangan anak, membantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil, membuatnya tetap aktif di masa pertumbuhan, meningkatkan napsu makan, serta membantu pembentukan tulang dan gigi.

Tak perlu khawatir, sebab multivitamin Enervon-C Plus memiliki kandungan rendah gula, serta tersedia dalam bentuk sirup yang cenderung disukai anak, karena rasa yang nikmat, sekaligus mudah dikonsumsi, dibanding.

Moms dan dads dapat memperoleh produk multivitamin Enervon-C Plus Sirup dengan membelinya di official store di Tokopedia.

 

Jadi, itulah deretan manfaat baik vitamin C untuk kesehatan, termasuk daya tahan tubuh Si Kecil. Pastikan moms dan dads sudah memberikan asupannya yang cukup untuk anak, ya!

 

 

Featured Image – kompas.com

Source – halodoc.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!