Corona kembali melonjak, cacar monyet juga sudah terdeteksi di Indonesia. Waduh, harus makin waspada, nih!

Dengan lonjakan kasus Covid-19 beberapa waktu terakhir, ditambah dengan adanya cacar monyet. Memang, kamu dianjurkan untuk semakin berhati-hati.  Lalu, apa yang bisa dilakukan? Selain menerapkan protokol kesehatan, kamu mesti menjaga daya tahan tubuh untuk menghindari terjangkit virus penyebab penyakit.

Dengan meningkatkan sistem imunitas, maka hal ini akan membantu memberikan perlindungan terhadap tubuhmu, lho. Meningkatkan kekebalan juga dapat dilakukan dengan cara yang mudah, seperti mengubah kebiasaan sehari-hari.

Berikut ini 7 kebiasaan yang dapat menjaga daya tahan tubuh. Pastikan kamu sudah melakukannya secara rutin!

 

 

1. Berjalan Kaki

Credit Image - popbela.com

Berjalan kaki menjadi salah satu cara efektif dalam menjaga daya tahan tubuh. Kegiatan ini bisa menjadi kunci sederhana untuk menguatkan kesehatanmu, lho. Jalan kaki pun bisa menjadi sarana olahraga paling mudah dan mudah yang bisa kamu lakukan.

Sebuah riset menemukan, perempuan usia 50-an yang jalan kaki minimal 4,8 kilometer atau 100 langkah per menit memiliki harapan hidup hingga 87 tahun dibanding yang jalan kaki lambat. Hal yang sama juga berlaku bagi laki-laki dengan angka harapan hidup menjadi 86 tahun.

Jadi, sudahkah kamu rutin berjalan kaki setiap harinya?

 

2. Minum Air Putih

Kebiasaan sederhana lainnya yang juga berpengaruh terhadap sistem imunitas adalah minum air putih yang cukup. Memastikan tubuhmu tidak kekurangan cairan, bahkan sampai dehidrasi, menjadi hal penting untuk mempertahankan kekebalan.

Selain itu, memenuhi kebutuhan cairan tubuh juga baik untuk membuang racun dari tubuh, lho. Berapa banyak air mineral yang baiknya dikonsumsi setiap hari? Orang dewasa disarankan mendapatkan asupan cairan sebanyak dua liter per harinya.

 

3. Menjaga Pola Makan

Credit Image - doktersehat.com

Diet sehat merupakan kunci utama imunitas yang kuat. Makanan yang kamu konsumsi, seperti sayur, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan lemak sehat menjadi asupan penting untuk kesehatan.

Dilansir dari CNN Indonesia yang mengutip dari berbagai sumber, memberikan energi yang dibutuhkan sistem kekebalan tubuh melalui diet sehat, dapat membantumu mendapatkan jumlah yang cukup dari zat gizi dalam menjaga sistem kekebalan tubuh.

 

4. Olahraga Teratur

Rutin bergerak juga menjadi hal yang tak kalah pentingnya dalam menjaga kesehatan tubuh, terutama meningkatkan kekebalan. Jadi, aktivitas fisik tidak hanya untuk menurunkan berat badan atau membangun otot saja, ya.

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga ringan hingga berat selama 30 menit setiap hari membantu merangsang sistem kekebalan tubuh. lakukan hal ini secara konsisten, maka kesehatan tubuhmu pun akan semakin terjaga.

 

5. Kelola Stres dengan Baik

Credit Image - journal.sociolla.com

Stres menjadi salah satu faktor yang dapat memengaruhi kesehatan, termasuk kekebalan tubuh. Stres berlebihan tidak hanya merugikan kesehatan mental saja, namun juga secara fisik. Rasa ini bisa melemahkan imunitas, sehingga kamu pun lebih mudah terserang penyakit.

Untuk meredakan stres, ada berbagai cara yang bisa dilakukan – setiap orang pun berbeda, ya. Mengingat efeknya pada kesehatan, maka penting untuk mengetahui cara mengidentifikasi stres. Kamu bisa melakukan meditasi, berolahraga atau melakukan hal-hal seperti hobi untuk meredakan stres.

 

6. Tidur yang Cukup

Mengutip laman Center for Disease Control and Prevention (CDC), kurang tidur dapat berdampak negatif pada berbagai sistem kekebalan tubuh. Hal ini dapat memicu berbagai gangguan. Oleh karena itu, jadikan tidur yang cukup setiap hari sebagai salah satu kebiasaan yang bisa membuat imun tubuh naik.

Saat tidur cukup, sistem kekebalan tubuh akan memproduksi sitokin, protein yang membantu melindungi tubuh dari infeksi. Sehingga, kurang tidur dapat memperburuk sistem kekebalan tubuh yang berdampak pada produksi hormon sitokin tersebut. Akibatnya, kurang tidur dapat membuatmu lebih mudah mengalami sakit.

Sebuah studi menemukan bahwa seseorang yang tidur kurang dari 7 jam per hari memiliki risiko tiga kali lebih besar untuk mengalami demam atau flu dibandingkan dengan mereka yang tidur lebih dari 8 jam per hari.

 

7. Penuhi Kebutuhan Vitamin dan Mineral Harian

Credit Image - healthcentral.com

Selain tips-tips di atas, untuk menjaga kekebalan tubuh dalam jangka panjang, kamu dianjurkan untuk mendapatkan asupan vitamin dan mineral harian yang cukup. Ini bisa memaksimalkan fungsi organ juga.

Selain dari makanan bergizi, vitamin dan mineral dapat diperoleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti rangkaian multivitamin dari Enervon – tersedia bagi segala usia, lho!

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg yang bisa memberi sensasi rasa segar sepanjang hari.

Untukmu kaum aktif dan produktif, direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – kandungan vitamin C yang ramah dilambung akan membantu menjaga imunitas, dan vitamn B kompleksnya dapat mengoptimalkan energi tubuh agar tidak mudah lelah.

Multivitamin Enervon-C dan Enervon Active pun dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa dirasakan berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Kemudian, bagi usia emas, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Gold yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks, Omega-3, Asam Folat, dan Lutein yang dapat membantu menjaga kekebalan tubuh, membentuk energi, hingga menjaga kesehatan otak, kesehatan jantung, dan juga kesehatan mata.

Dan untuk anak-anak, direkomendasikan mengonsumsi Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D yang penting untuk menjaga kesehatan Si Kecil.

Enervon-C Plus Sirup dapat bantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan napsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

Yuk, segera dapatkan multivitamin dari Enervon dengan mengunjungi official store-nya – dan pilih suplemen pilihanmu!

 

Di tengah meningkatnya kembali kasus Covid-19, memang ada baiknya kamu terus menjaga kekebalan tubuh, seperti menerapkan tips di atas.

 

 

Featured Image – eatthis.com

Source – cnnindonesia.com