Selain menerapkan manajemen waktu yang baik, menjaga produktivitas juga perlu dilakukan dengan mendapat asupan makanan tepat, sehingga energi tubuh tetap terjaga. Untuk itu, yuk, kenalan dengan beberapa makanan yang dapat membuatmu semakin produktif di kantor.

Asupan makanan bergizi untuk menjaga produktivitas, terdengar sepele, ya? Namun konsumsi makanan sehat tentu akan berpengaruh pada kadar nutrisi di dalam tubuh – dan akhirnya menghasilkan energi yang tepat dan optimal untuk mendukung konsentrasi.

Penasaran, apa saja sih makanan yang dapat meningkatkan produktivitas kerja? Simak informasinya di bawah ini, ya!

 

 

Ikan Salmon

Credit Image - mypricechopper.com

Ikan salmon dikenal sebagai salah satu makanan yang memiliki rasa nikmat – dan juga kaya akan kandungan baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan, salmon menjadi salah satu jenis ikan yang memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang paling tinggi, lho.

Dilansir dari Glints – mengutip dari Inc, kandungan omega-3 pada salmon sangat berguna untuk meningkatkan produktivitas serta daya ingat. Tidak berhenti di situ, ternyata dengan rajin mengonsumsi ikan salmon juga mampu menjaga kesehatan mental dan mengurangi depresi. Manfaatnya sungguh banyak, kan?

 

Beras Merah

Karbohidrat adalah salah satu jenis zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi. Bagi sebagian besar orang Indonesia biasanya mengonsumsi nasi putih untuk mencukupi kebutuhan karbohidrat.

Sayangnya nasi putih adalah sumber karbohidrat yang kurang baik karena tidak memiliki banyak serat dan tinggi kadar gula. Hal ini berbeda dengan beras merah yang lebih kaya magnesium dan serat. Kandungan magnesium ternyata bisa membantu mengurangi stres dan meningkatkan produktivitas kerja, nih!

Forbes menyatakan bahwa jumlah karbohidrat yang berasal dari nasi putih atau roti cukup berlebihan sehingga dapat mengurangi produktivitas. Oleh karena itu, sebaiknya pilih sumber karbohidrat yang lebih baik bagi tubuh seperti dari beras merah.

 

Telur

Credit Image - poultryworld.net

Penggemar telur, kamu patut berbahagia, nih, karena makanan favoritmu masuk ke dalam daftar makanan yang mampu meningkatkan produktivitas. Telur memang menjadi salah satu superfood karena memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Dilansir dari Bussines Insider, telur mengandung nutrisi yang disebut dengan kolin yang bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Selain itu, telur juga memiliki kandungan omega-3 yang sangat baik untuk daya ingat otak.

Jadi, dengan mengonsumsi telur setiap hari saat sarapan, tentunya akan membuatmu lebih konsentrasi dan produktif seharian, lho!

 

Pisang

Selain mudah ditemukan dan memiliki harga yang terjangkau, pisang ternyata juga memiliki beragam gizi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Pisang mengandung glukosa dengan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Jadi, jika kamu membutuhkan sumber glukosa maka lebih baik memilihnya dari pisang.

Selain itu, pisang juga termasuk buah yang bisa mengenyangkan lebih lama. Itulah mengapa buah ini bisa menjadi pilihan buat kamu yang sedang melakukan diet. Jika membutuhkan rekomendasi camilan yang sehat, maka pisang adalah jawabannya. Selain bisa menahan lapar, buah ini juga mampu meningkatkan fokus.

 

Kacang Almond

Credit Image - republika.co.id

Jika berbicara camilan yang sehat untuk dibawa ke kantor, sebaiknya jangan lupakan kacang almond. Jenis kacang-kacangan seperti almond sangat kaya akan vitamin E yang mampu mempertahankan kemampuan kognitif.

Mengonsumsi kacang almond akan membantumu untuk konsentrasi saat bekerja, mampu berpikir lebih detail, hingga fokus untuk memecahkan masalah. Selain itu, kacang-kacangan juga kaya akan asam amino dan beragam lemak sehat yang tentunya baik untuk membantu tetap konsentrasi seharian.

 

Sayuran Hijau

Ada pula sayuran yang mampu meningkatkan produktivitas. Jenis sayuran hijau, seperti brokoli dapat dijadikan pilihan untuk bekal makan siang, karena memiliki kandungan kalium – yang bermanfaat guna memelihara kesehatan sistem saraf otak.

Selain brokoli, jenis sayuran lain yang baik untuk meningkatkan produktivitas adalah kembang kol, bayam, hingga kale. Jangan lupa konsumsi jenis sayur ini untuk membantu tetap fokus ketika bekerja – dan menjaga pencernaan, karena kandungan seratnya!

 

Makanan Tinggi Vitamin B Kompleks

Credit Image - lovetoknowhealth.com

Perlu diketahui, vitamin B berperan untuk membantu proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh pasokan energi yang cukup setiap harinya. Dengan begitu, tubuh tidak mudah lelah selama menjalani aktivitas – dan produktivitas pun terus terjaga.

Vitamin B kompleks dapat ditemukan dalam berbagai sumber makanan, seperti daging merah dan daging ayam, ikan, kerang, kacang-kacangan, gandum, dan sayuran hijau. Selain itu, disarankan pula untuk mengonsumsi suplemen multivitamin yang punya kandungan lengkap, Enervon Active.

Konsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Seperti yang sudah disebutkan, kandungan vitamin B kompleks Enervon Active dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas.

Dan pastinya, kandungan vitamin C di dalam kedua multivitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, sehingga tidak rentan terkena berbagai macam penyakit.

Ingin segera mendapatkan produk Enervon Active? Yuk, segera kunjungi official store Enervon di Tokopedia, ya!

 

Itulah ketujuh jenis makanan yang dapat meningkatkan produktivitas kerja, apakah kamu sudah rutin mengonsumsi deretan asupan di atas?

 

 

Featured Image – thriveglobal.com

Source – glints.com