Vitamin dan mineral merupakan nutrisi yang dapat mendukung kesehatan, termasuk sistem kekebalan tubuh. Tak heran kalau mengonsumsi sayur dan buah-buahan sangat dianjurkan, ya? Ini menjadi salah satu cara ampuh meningkatkan imunitas agar mampu memerangi sel-sel penyakit.

Selain dikonsumsi begitu saja, sayur dan buah-buahan dapat diolah menjadi jus, bahkan dicampurkan satu sama lain, lho. Ada beberapa kombinasi jus segar yang dapat menjaga tubuhmu tetap sehat. Penasaran, apa saja?

Berikut ini 7 campuran jus sayur dan minum yang bisa kamu konsumsi untuk mempertahankan imun!

 

 

1. Apel, Jeruk, dan Wortel

Credit Image - eatfitlivelong.com

Jus wortel, apel dan jeruk adalah kombinasi yang bagus untuk membantu melindungi tubuh terhadap penyakit dan melawan infeksi. Segarnya campuran buah dan sayur ini akan membantu lebih segar dan sehat.

Kandungan vitamin A, vitamin B6, vitamin C, kalium dan asam folat dapat kamu rasakan dengan mengonsumsi jus ini secara rutin. Kekebalan tubuhmu akan lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit. Kulitmu akan lebih bersinar dan sehat juga, lho.

 

2. Jeruk dan Jeruk Bali

Berbagai jenis jeruk yang sering kamu konsumsi mengandung kadar vitamin C yang baik untuk tubuh. Kombinasi berbagai jenis jeruk ini memberikan antioksidan yang melindungi sel-sel dari zat yang merusak tubuh. Ya, diketahui, vitamin C punya peran sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas.

Jika kamu kekurangan vitamin C, maka tubuh tidak akan mampu melawan infeksi dan gangguan respon imun. Dengan mengonsumsi jus jeruk setiap hari, maka kebutuhan vitamin C akan terpenuhi. Nutrisi lain yang terdapat dalam jus ini adalah vitamin A, B6, dan C, serta asam folat dan seng.

 

3. Kale, Tomat, dan Seledri

Credit Image - bgc.com.tr

Kombinasi kale, tomat dan seledri adalah jus hijau segar yang membantu kekebalan tubuh. Jus ini mengandung cukup vitamin A yang dibutuhkan. Resep jus hijau ini memberikan efek anti-inflamasi yang melindungi tubuh dari penyakit.

Kamu juga dapat meningkatkan sistem panca indera dengan mengonsumsi jus ini setiap hari, lho. Vitamin lain yang terdapat didalamnya adalah vitamin A, C, magnesium, kalium, besi – dan juga asam lemak.

 

4. Bit, Wortel, Kunyit, dan Jahe

Kombinasi wortel, jahe, bit dan kunyit merupakan jus akar yang luar biasa manfaatnya bagi tubuhmu. Empat akar sayuran ini membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi gejala inflamasi.

Tahukah kamu bahwa infeksi yang menyebabkan peradangan dapat dicegah dengan mengonsumsi jus ini secara rutin? Ya, selain itu, kombinasi jus tersebut juga bermanfaat untuk penderita rheumatoid arthritis, karena jahe dan kunyit memiliki zat inflamasi.

Ada pun vitamin lain yang terdapat didalamnya adalah vitamin A, C, E, besi dan kalsium.

 

5. Stroberi dan Mangga

Credit Image - mealgarden.com

Kombinasi jus berikutnya, yaitu stoberi dan mangga yang merupakan jus sehat – dan mampu mengenyangkan perut, lho. Vitamin E dari buah mangga memberikan manfaat antioksidan tambahan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini penting sekali, apalagi jika usiamu bertambah tua.

Jika tak suka dengan jus, kamu bisa membuat smoothie dengan menggunakan mangga dan stroberi beku. Selain segar, tubuhmu akan kuat melawan penyakit. Nutrisi lain yang terkandung didalamnya adalah vitamin C, A, E, besi dan folat. 

 

6. Stroberi, Kiwi, dan Mint

Minuman sehat lainnya yang kaya akan vitamin C adalah campuran stoberi, kiwi, dan mint. Tak perlu diragukan lagi, nutrisi dalam jus satu ini pun baik bagi kesehatan tubuh, termasuk melawan penyakit – dan bisa menambah kesegaran tubuh.

Atau, kamu juga bisa menambahkan yogurt, maka manfaat dari magnesium dan probiotik akan kamu dapatkan. Selain itu, memberi daun mint dalam jus ini juga bisa membuat rasanya semakin nikmat. Kamu juga bisa mengonsumsi buah-buahan ini dalam bentuk smoothie. Nutrisi lain yang terkandung didalamnya adalah vitamin A, C, magnesium, seng dan folat.

 

7. Bayam, Selada, dan Kangkung

Credit Image - inspiredtaste.net

Sebagian orang tahu bahwa jus hijau merupakan sumber nutrisi yang kuat untuk sistem kekebalan tubuh. Kombinasi bayam, selada, dan kangkung sangat pas jika kamu konsumsi sebagai jus segar.

Untuk memenuhi kadar vitamin B6 yang ekstra, kamu bisa menambahkan segenggam peterseli. Vitamin ini memainkan perang penting dalam proliferasi sel imun dan produksi antibodi. Nutrisi lainnya yang terdapat didalamnya adalah vitamin A, C, B6, besi dan kalsium.

 

Deretan kombinasi jus di atas dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi, termasuk vitamin dan mineral. Namun, mencukupi kedua asupan tersebut dengan buah dan sayur saja belum tentu cukup, nih. Jadi, maksimalkan dengan konsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat meminum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent yang memiliki kandungan vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Untukmu kaum aktif dan produktif, direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – kandungan vitamin C yang ramah dilambung akan membantu menjaga imunitas, dan vitamn B kompleksnya dapat mengoptimalkan energi tubuh agar tidak mudah lelah.

Multivitamin Enervon-C dan Enervon Active pun dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa dirasakan berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Tunggu apa lagi? Segera dapatkan produk multivitamin Enervon andalanmu dengan mengunjungi official store-nya di sini.

 

Gimana? Meningkatkan imunitas bisa dilakukan dengan cara mudah, termasuk meminum kombinasi jus sayur dan buah di atas, ya. Yuk, dicoba!

 

 

Featured Image – citrosuco.com

Source – idntimes.com