Si Kecil mulai bosan dengan variasi makanan yang biasa disajikan? Nah, jangan cemas, moms dan dads, ada ragam kreasi makanan ringan – atau camilan yang lezat sekaligus baik untuk kesehatan, termasuk meningkatkan kekebalan.

Nutrisi lengkap berperan penting untuk menjaga daya tahan tubuh anak. Selain itu, nutrisi juga bisa mendukung kecerdasan Si Kecil dalam belajar, lho.

Dikutip dari Hellosehat – yang dilansir dari Eat Right, anak dapat diberikan camilan sebanyak 1-2 kali dalam sehari. Namun, moms dan dads tetap harus memerhatikan jadwal makan sebelum memberikan camilan, sehingga nafsu makannya tak terpengaruhi.

Idealnya, camilan diberikan beberapa jam setelah waktu makan berakhir – dan sekitar satu hingga dua jam sebelum waktu makan berikutnya.

Biar moms dan dads tak lagi bingung harus memberikan camilan apa pada anak, berikut 7 rekomendasinya yang juga dapat menjaga kekebalan. Yuk, segera simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

 

1. Ubi Panggang dengan Ghee

Credit Image - tinstarfoods.com

Makanan penambah daya tahan tubuh anak pertama yang mudah dibuat adalah ubi panggang dengan ghee (mentega murni). Cukup iris ubi jalar menjadi potongan-potongan kecil. Lalu, olesi dengan ghee dan panggang ke dalam oven hingga matang.

Ghee merupakan sumber lemak yang memiliki efek anti-inflamasi. Sementara, ubi jalar kaya akan serat yang dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh anak. Camilan ini tak hanya nikmat tapi juga baik untuk kesehatan anak!

 

2. Pisang dengan Mentega Almond

Kombinasi antara pisang dengan mentega almon merupakan camilan prebiotik yang lezat. Anda hanya perlu memotong pisang dan mengoleskan satu sendok mentega almond di atasnya. Lalu, tambahkan sedikit parutan jahe atau bubuk jahe sebagai tambahan nutrisi anti-inflamasi yang mudah dibawa ke mana saja.

Moms dan dads, tertarik memberikan camilan satu ini pada anak?

 

3. Kimchi

Credit Image - fimela.com

Makanan yang satu ini sepertinya sudah tak lagi asing, ya. Kimchi merupakan kudapan asal Korea yang terbuat dari sawi putih dan kol yang difermentasi. Bukan rahasia lagi kalau makanan ini termasuk asupan penambah imunitas.

Kimchi dapat dijadikan camilan yang kaya akan nutrisi, seperti mengandung vitamin A, B dan C, serta bakteri baik untuk mencegah infeksi jamur dan kanker. Selain itu, kamu juga bisa memberikan kimchi sebagai side dish saat waktu makan, ya.

 

4. Smoothie Yogurt

Selain kaya akan protein dan kalsium, yoghurt rendah lemak juga mengandung banyak bakteri baik untuk meningkatkan sistem kekebalan dan pencernaan tubuh anak.

Biasanya, yoghurt rendah lemak terasa hambar. Maka dari itu, tambahkan buah segar dan madu, lalu campurkan agar menjadi smoothie buah yang lezat. Agar lebih disukai anak, bekukan smoothie dan sajikan dalam bentuk es loli.

Moms dan dads dapat mengganti yoghurt dengan kefir (susu kambing fermentasi) yang juga merupakan sumber probiotik. Cukup tambahkan buah beri agar terasa manis, dan kacang kenari sebagai sumber serat prebiotik.

 

5. Trail Mix

Credit Image - myculturedpalate.com

Trail mix merupakan camilan padat energi yang terdiri dari kacang-kacangan, buah kering tanpa gula dan sereal rendah gula.

Selain itu, kamu juga dapat mencampurkan pretzel gandum atau granola rendah lemak ke dalam trail mix kesukaan Si Kecil. Camilan ini sangat mudah dibuat dan merupakan kudapan praktis untuk anak di sekolah atau saat berada di perjalanan, lho.

 

6. Camilan Protein

Untuk camilan protein yang sangat praktis, cukup sajikan keju rendah lemak yang telah dipotong di atas tusuk gigi. Moms dan dads juga dapat membuat tortilla gandum yang digulung dengan sedikit keju dan aneka sayuran seperti selada, tomat dan paprika.

 

7. Popcorn

Credit Image - review.bukalapak.com

Popcorn termasuk makanan penambah daya tahan tubuh anak karena tinggi akan serat dan biji-bijian. Alih-alih memilih popcorn yang sudah dicampur dengan mentega, belilah biji jagung khusus popcorn secara terpisah.

Lalu, masak di dalam panci, dan campur dengan sedikit minyak zaitun. Untuk tambahan nutrisi yang lebih baik, kamu dapat mengganti mentega dengan taburan keju parmesan.

 

Selain memberikan deretan camilan lezat nan sehat di atas, moms dan dads juga dapat memaksimalkan sistem imunitas tubuh Si Kecil dengan memberikan multivitamin yang memiliki kandungan lengkap – dan baik untuk kesehatan anak.

Berikan multivitamin Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh anak.

Selain itu, sejumlah vitamin tersebut juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan Si Kecil, mengoptimalkan tumbuh kembangnya, memperkuat tulang dan gigi, sekaligus membantu penuhi kebutuhan nutrisi harian.

Moms dan dads, yuk peroleh multivitamin Enervon-C Plus Sirup dengan mendapatkannya di official store di Tokopedia!

 

Camilan tak selalu tinggi kalori – dan rendah nutrisi, kok. Moms dan dads bisa memberikan deretan makanan ringan di atas pada anak sebagai salah satu cara memenuhi asupan gizi hariannya.

 

 

Featured Image – klikdokter.com

Source – hellosehat.com