Setiap hari manusia pasti membutuhkan makanan untuk memberikan energi pada tubuh, dari karbohidrat, protein, vitamin, dan sumber energi lainnya. Setidaknya, kamu makan tiga kali sehari, yaitu pada pagi, siang, dan sore. Agar tetap semangat dalam menjalani kegiatan sehari- hari.

Kamu bisa memasak makanan yang berupa sayur, kacang- kacangan, daging, dan ikan. Tetapi, terkadang banyak orang yang merasa bingung menu apa yang harus dibuat, terutama ketika masak untuk keluarga.

Nah, berikut ini beberapa resep makanan sehat yang bisa kamu masak untuk keluarga.

1. Sup bening

Credit: craftlog.com

Sup  yang terdiri dari berbagai macam sayuran ini bisa memberikan tenaga serta melancarkan pencernaanmu. Resep makanan sehat ini baik untuk dijadikan menu makan malam, karena kuahnya yang bening dibanding tipe sup kental yang mengandung banyak bumbu dan lemak.

2. Sayur asem

Credit: id.tastemade.com

Resep makanan sehat berikutnya adalah sayur asem. Selain enak, resep ini mudah dibuat dan murah. Sayur asem sudah dikenal memiliki cita rasa segar dan cocok dimakan pada saat makan siang dengan nasi dan aneka lauk pauk.

3. Ayam saus kacang ala Thailand

Credit: bisnisbandung.com/

Masakan memang dikenal mirip dengan masakan Indonesia. Bahan- bahan yang digunakan pun mirip dan selera yang sama membuat banyak warga Indonesia tertarik dengan masakan Thailand. Jadi, kamu tidak perlu jauh- jauh ke Thailand, karena resep makanan sehat yang satu ini bisa kamu olah langsung di dapur rumahmu.

4. Pepes ikan

Credit: id.tastemade.com

Seperti yang sudah diketahui, ikan mengandung tinggi protein, vitamin, dan mineral yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, ikan juga bisa menurunkan jumlah lemak dalam tubuh dan memiliki peranan penting untuk kesehatan jantung.

Kamu bisa memasak pepes ikan yang kental akan rasa masakan tradisional namun juga sehat untuk tubuh, sebagai menu masakan sehat untuk keluarga.

5. Omelette sayuran

Credit: laaloosh.com

Jika kamu ingin berkreasi saat memasak, kamu bisa mencoba membuat resep masakan sehat yang satu ini. Omelette sayuran memiliki paduan rasa telur, sayur, mie, dan bawang goreng yang nikmat dan pasti menjadi favorit keluarga.

6. Bakwan jagung campur udang

Credit: fimela.com

Resep makanan sehat ini bisa menjadi lauk sehari- hari yang lezat dan bergizi. Kamu hanya membutuhkan tepung terigu, jagung manis, udang, daun bawang, telur, bawang merah dan putih, garam, serta merica. Menu ini cocok untuk menu masakan enak untuk keluarga.

 

Featured Image - cutco.com