Dalam menjalani kehidupan bersama di kelompok sosial, termasuk dunia kerja, kejujuran merupakan modal utama yang perlu dimiliki setiap individu. Hal inilah yang membantumu memiliki integritas, sehingga bermanfaat untuk meningkatkan jenjang karir.

Pasalnya, sikap jujur dapat membuat rekan kerja – dan atasan semakin percaya kepadamu. Jika sudah begini, kamu akan diberikan tanggung jawab yang lebih besar, yang juga akan membantu dalam mencapai kesuksesan.

Berikut ini pentingnya sikap jujur dalam bekerja serta contoh perilaku yang patut kamu tiru. Yuk, simak informasinya!

 

 

Pentingnya Sikap Jujur dalam Dunia Kerja

Credit Image - jojonomic.com

Kejujuran merupakan kunci utama dalam kesuksan. Jika tidak jujur, maka hal ini akan memberikan kerugian pada dirimu sendiri, lho.

Begitu pula dalam berbisnis, sikap ini merupakan karakteristik wirausaha yang perlu dimiliki. Kalau tidak jujur, bagaimana bisa pelanggan akan setia kepadamu? Memang, ketidakjujuran akan membawamu pada kehancuran dalam urusan karir.

Untuk itu, ketahui beberapa poin penting memiliki sikap jujur di dunia kerja.

1. Membentuk karakter diri

Karakter adalah sebuah hal yang melekat dan tidak dapat dibangun dalam sekejap. Kamu perlu proses dan usaha untuk membantu karakter diri yang baik. Kejujuran adalah salah satu perilaku yang dapat membantu kamu membentuk karakter diri yang baik.

Menjadi pribadi yang jujur akan membantu orang lain melihatmu sebagai orang yang memiliki integritas sehingga membantu orang-orang agar lebih percaya kepadamu.

 

2. Memiliki reputasi yang baik

Menjadi pribadi yang jujur akan membantu orang lain menjadi lebih nyaman ketika berada di dekatmu. Hal ini juga dapat meningkatkan kemungkinan agar kamu dikenal sebagai orang yang memiliki pribadi yang menyenangkan dan berperilaku baik.

Kamu tidak perlu berbohong untuk meraih simpati orang lain dan merencanakan agar kamu memiliki reputasi baik. Cukup dengan bersikap jujur dan amanah kepada orang lain, hal ini akan otomatis membantu kamu memiliki reputasi yang baik.

 

3. Dipercaya oleh rekan kerja

Memiliki perilaku jujur akan membuat kamu dipercaya oleh rekan kerja. Rekan bahkan atasan kamu tidak akan ragu saat akan memberikan kepercayaan kepadamu karena kamu selalu bersikap jujur dan kredibel dalam pekerjaanmu. Peluang kerja dan kesempatan untuk meningkatkan diri akan datang kepadamu sehingga kamu dapat menjadi lebih sukses dalam kariermu. 

 

4. Dihargai dan dihormati orang lain

Jika kamu terus bersikap jujur, orang lain akan lebih menghargai dan menghormatimu sebagai rekan kerja yang baik. Mereka pun tidak akan ragu dan menghormati setiap keputusan yang kamu buat. 

 

5. Membentuk pribadi yang lebih bertanggung jawab

Sikap jujur akan membentuk kamu menjadi pribadi yang bertanggung jawab kepada diri kamu sendiri dan juga orang lain. Contohnya seperti bertanggung jawab atas sesuatu yang kamu katakan atau lakukan.

Keberanianmu untuk bertanggung jawab atas hal yang kamu lakukan akan membuat orang lain menghormatimu. Memiliki tanggung jawab juga pasti akan membantu kamu bekerja dengan lebih efektif dan efisien.

 

6. Meningkatkan kesehatan mental

Kejujuran akan menuntun kamu kepada kehidupan yang damai tanpa beban pikiran. Contohnya seperti tidak ada hal yang kamu tutup-tutupi dari orang lain sehingga kamu dapat fokus dan bekerja lebih maksimal.

Selalu berusaha menjadi pribadi yang jujur juga akan membantu pikiran kamu lebih tenang dan membantu fisik serta mental kamu menjadi lebih sehat sehingga kamu bisa mencapai kebahagiaan dengan lebih maksimal.

 

Contoh Perilaku yang dapat Ditiru

Credit Image - glints.com

Ada pun beberapa contoh perilaku jujur yang bisa ditiru dalam dunia kerja, yaitu:

1. Mengerjakan tugas sebaik mungkin

Contoh perilaku jujur yang pertama adalah mengerjakan tugas sebaik mungkin karena kamu sadar bahwa itu adalah tanggung jawabmu sebagai karyawan yang baik. Mengerjakan tugas sebaik mungkin menjadi simbol profesionalitas diri, sehingga mungkin saja kamu akan mendapatkan imbalan seperti mendapat insentif, kenaikan gaji atau juga kenaikan pangkat.

 

2. Mengakui kesalahan

Bersikap jujur berarti kamu berani mengakui kesalahan yang kamu perbuat. Baik itu kesalahan besar maupun kesalahan kecil pasti akan menjadi beban pikiran yang mengganggumu sehingga kamu tidak dapat mendapatkan ketenangan diri.

Kamu tidak akan tahu, mungkin saja kesalahan kecil yang kamu perbuat ternyata berakibat besar bagi orang lain, contohnya seperti tidak mengakui kesalahan saat bekerja tim. Sehingga mencoba untuk selalu jujur dan mengakui setiap kesalahan yang kamu perbuat dan berusaha bertanggung jawab atas kesalahan tersebut adalah contoh perilaku jujur yang harus dilakukan.

 

3. Disiplin waktu

Memiliki kedisiplinan waktu adalah hal yang cukup sulit dilakukan banyak orang, padahal ini salah satu contoh perilaku jujur.

Masuk dan keluar kantor tepat waktu adalah tindakan disiplin waktu yang harus dilatih supaya menjadi kebiasaan baik. Begitu juga dengan disiplin menyerahkan tugas tepat waktu dan tidak melewati waktu deadline. Memiliki kedisiplinan waktu dapat meningkatkan kepuasan rekan kerja dan atasan terhadap pekerjaan yang kamu lakukan.

 

4. Bertanggung jawab

Selalu jujur dalam melaksanakan tanggung jawab terhadap pekerjaan yang menjadi tugas kamu sehari-hari ataupun tugas tambahan adalah contoh perilaku jujur lainnya.

Cobalah untuk selalu mengerjakan pekerjaan dengan maksimal walaupun tugas tersebut hanya tugas tambahan sederhana yang mungkin tidak termasuk dalam tugas pokok karena hal ini dapat menunjukan bahwa kamu mampu bersikap profesional di tempat kerja.

 

5. Tidak melakukan tindak korupsi, kolusi, dan nepotisme

Contoh sikap jujur yang paling penting adalah tidak mengakui hak milik orang lain, mencuri, meminjam barang orang lain tanpa izin serta tidak melakukan tindak korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Ingatlah untuk selalu melaporkan kepada pihak berwajib ketika kamu menemukan sebuah barang berharga atau uang yang hilang karena tindakan mengambil hak orang lain dapat berlanjut kepada tindak korupsi, kolusi dan nepotisme.

Perilaku curang ini tentunya akan merugikan diri kamu sendiri, rekan kerja dan juga perusahaanmu, sehingga jangan pernah tergiur untuk melakukan tindakan tersebut.

 

Tingkatkan Jenjang Karir, Boost Selalu Energi Tubuhmu!

Credit Image - alodokter.com

Untuk memaksimalkan jenjang karir, selain bersikap jujur, tentu saja kamu perlu boost energi tubuh agar semakin produktif. Pastikan kamu sudah mendapatkan waktu istirahat yang cukup, rutin berolahraga, serta mendapat asupan makanan bergizi yang kaya vitamin dan mineral.

Kedua mikronutrien tersebut penting untuk menjaga energi tubuh, sehingga kamu dapat beraktivitas secara optimal, lho.

Selain dari makanan, vitamin dan mineral juga bisa diperoleh dari mengonsumsi multivitamin Enervon Active yang memiliki kandungan lengkap.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga energi tubuh agar tidak gampang lelah, serta menjaga daya tahan tubuh agar kamu tidak mudah jatuh sakit.

Tenang, kandungan vitamin C dalam Enervon Active ramah di lambung yang sensitif, kok!

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama untuk beraktivitas seharian.

Untuk mendapatkan produk Enervon Active, kamu bisa mendapatkannya dengan klik di sini, ya.

 

Jadi, itulah contoh sikap jujur yang patut kamu tiru dalam dunia kerja. Pastikan kamu sudah memiliki integritas satu ini!

 

 

Featured Image – kitapunya.net

Source – ekrut.com