Istirahat di malam hari dibutuhkan usia aktif berkegiatan seharian penuh. Tapi sayangnya, sebagian besar darimu masih banyak yang melakukan beragam hal penurun kualitas tidur, lho. Efeknya, kamu pun menjadi kurang waktu istirahat.

Mulai dari main handphone ketika terbangun di malam hari, tidur dalam keadaan tidak bersih, saat perut kosong, atau tidur dengan posisi tidak nyaman. Memang sih kelihatannya sepele, kan? Namun, dampaknya tidur menjadi tidak nyenyak – dan akhirnya lemas saat menjalani hari.

Selain deretan kebiasaan tersebut, ada berbagai hal lainnya yang perlu dihindari karena dapat mengganggu kualitas tidur. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

 

 

Tidur Sambil Mendengarkan Musik Pakai Headset

Credit Image - harapanrakyat.com

Kebiasaan pertama yang merusak kualitas tidurmu ialah kalau kamu tidur sambil mendengarkan musik pakai headset. Kenapa? Karena dikutip dari verywellhealth, bahwa jika tidur sambil mendengarkan musik, otakmu jadi tetap tersimulasi bahkan ketika kamu tidur alias tidak tenang karena kesannya jadi berisik. 

Tidur dalam keadaan seperti ini juga bahaya kalau volume musik yang diputar terlalu keras hingga lama-kelamaan bisa merusak telinga. Paling aman dan tenang itu kalau kamu tidak mendengarkan apa-apa dan tertidur pulas tanpa diiringi musik di telinga. 

 

Terbangun di Tengah Malam? Jangan Main Handphone!

Kalau kamu tipe orang yang suka terbangun di tengah malam dan setelahnya main HP, itu juga termasuk kebiasaan yang merusak kualitas tidurmu, lho. Dikutip dari Business Insider, bahwa main HP ketika bangun tengah malam itu bisa membuatmu jadi sulit tidur lagi setelahnya.

Ngantukmu jadi hilang dan bisa dengan asyik main HP terus sampai pagi, sehingga jadinya kurang tidur. Entah itu main HP untuk scroll media sosial, main game, bahkan baca komik atau nonton film, disarankan untuk tidak menjadikan itu kebiasaan karena bisa merusak kualitas tidur dan istirahatmu. 

 

Tidur dengan Posisi Tidak Nyaman

Credit Image - herstory.co.id

Satu kebiasaan yang sering kita sepelekan ialah tidur dengan posisi yang tidak nyaman. Biasanya karena tertidur tanpa sengaja saat menonton TV atau lembur di meja kerja, atau juga posisi tidur yang berganti tanpa disadari selama terlelap.

Kalau seperti ini bagaimana cara mengatasinya? Untuk menghindari tidur di tempat yang tak seharusnya bisa dengan langsung bergegas ke tempat tidur jika rasanya sudah ngantuk berat. Lalu untuk posisi yang berganti tanpa sadar saat tertidur, bisa dengan mencoba memperbaiki posisi tidur setiap kali terbangun. Karena posisi tidur yang salah bisa bikin badan pegal-pegal ketika bangun dan kualitas tidur pun jadi berkurang. 

 

Perut Kosong Saat Tidur

Entah karena terlalu lelah atau memang malas makan, banyak orang yang menganggap enteng kebiasaan ini. Yakni memaksakan tidur dengan keadaan perut kosong, yang mana ini juga dapat merusak kualitas tidurmu sendiri.

Jika perut kosong tentu bisa membuatmu sulit tidur, yang mana jika dibiarkan lama-lama jadi kebiasaan yang memicu insomnia. Belum lagi kondisi yang lemas dan sakit perut ketika bangun pagi karena membiarkan perut kosong semalaman. Kamu yang rugi karena merusak tubuh dan kualitas tidurmu sendiri. 

 

Belum Membersihkan Diri

Credit Image - sehatq.com

Tidur tanpa membersihkan diri juga merupakan salah satu kebiasaan yang mengurangi kualitas tidurmu. Biasanya terjadi ketika terlalu lelah setelah melakukan aktivitas panjang dan berat, sehingga malas untuk mandi dan tertidur begitu saja.

Kondisi tubuh yang tidak bersih ketika tidur bisa membuat tempat tidurmu jadi ikutan kotor, belum lagi efek gatalnya pada kulit yang terjadi ketika tidur. Tidur jadi tidak nyenyak dan keadaan tubuhmu juga tidak baik jika terus-terusan malas mandi.

 

Mencukupi Waktu Tidur Bantu Menjaga Kesehatan

Menghindari deretan kebiasaan di atas dapat membuat tidur lebih nyenyak – dan akhirnya tubuh lebih bertenaga.  Selain itu, istirahat yang cukup dapat menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah jatuh sakit, lho.

Selain dengan tidur yang cukup, mempertahankan kesehatan juga perlu diimbangi dengan cara lainnya, seperti mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, mengelola stres dengan baik mencukupi kebtutuhan cairan, dan mendapat asupan mikronutrien berupa vitamin dan mineral.

Tidak hanya dari makanan saja, tapi vitamin bisa diperoleh dengan mengonsumsi multivitamin yang memiliki kandungan lengkap, seperti Enervon-C.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Kamu dapat memilihnya dalam bentuk tablet dengan kandungan vitamin C 500 mg maupun effervescent yang mengandung 1000 mg vitamin C.

Tak hanya menguatkan kekebalan saja, tapi multivitamin Enervon-C dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga asupan makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya, ya.

Untuk mendapatkan produk Enervon pilihan, kamu bisa segera membelinya dengan langsung klik di sini, ya!

 

Wah, gimana? Apakah kamu masih suka melakukan deretan kebiasaan buruk di atas yang dapat mengganggu waktu istirahatmu? Jika iya, yuk, segera dihentikan agar tidur lebih nyenyak.

 

 

Featured Image – blog.ggl.life

Source – idntimes.com