Memiliki pekerjaan sampingan memang menguntungkan bagi sebagian besar orang. Pasalnya, dari sini, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan, mengeksplor hal baru, serta mengasah keahlian. Menarik, bukan?

Kalau sebelumnya ada istilah hustle culture, kini ada pula sebutan side hustle yang kerap diperbincangkan di kalangan milenial, bahkan cukup digandrungi di dunia pekerjaan, lho. Apakah hal ini sama dengan side job – atau pekerjaan sampingan yang sudah dikenal oleh masyarakat luas? Ternyata keduanya berbeda, meskipun memiliki konsep yang sama.

Nah, untuk mengenali perbedaan side hustle dan pekerjaan sampingan alias side job, yuk, simak informasinya di bawah ini!

 

 

Apa itu Side Hustle?

Credit Image - avrist.com

Side hustle adalah sebuah kegiatan atau pekerjaan sampingan yang dilakukan oleh seseorang dengan tujuan untuk memenuhi kepuasan pribadi, yang nantinya akan membentuk nilai baru pada orang yang melakukan pekerjaan tersebut.

Biasanya jenis pekerjaan ini sesuai dengan minat atau passion dari orang yang melakukannya. Kerja sampingan ini juga tidak selalu menghasilkan uang, lho, namun ada juga yang mendapatkan uang tambahan dari side hustle.

Jadi, pekerjaan tersebut seringkali tidak dijadikan sumber penghasilan utama untuk memenuhi kebutuhan hidup, melainkan dilakukan untuk kesenangan pribadi dan mengisi waktu luang yang dimiliki oleh orang yang bersangkutan.

 

Apa Perbedaannya dengan Side Job?

Meski keduanya terkesan mirip, namun keduanya memiliki kegiatan yang berbeda, lho. Apa saja? Berikut ini di antaranya.

1. Beban kerja

Seperti kamu tahu, hustle job ini dilakukan sesuai dengan minat atau kesukaan mereka. Jadi bisa dipastikan kamu akan merasa excited saat melakukannya. Hal ini membuat beban kerja terasa lebih ringan karena rasa enjoy saat melakukannya.

Untuk side job sendiri, pekerjaan yang dilakukan biasanya hampir mirip dengan pekerjaan utama namun tak menutup kemungkinan juga berbeda. Sehingga beban kerja yang dirasakan pun beragam, tergantung bagaimana para pekerja side job ini menyikapinya.

 

2. Cara memulainya

Menjadi pekerja side job bisa dimulai dengan melamar posisi sesuai dengan keahlian yang dibutuhkan serta pengalaman yang dimiliki. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan penghasilan dengan cepat karena terdapat atasan atau bos yang akan membayarmu.

Sedangkan hustle job tak perlu dimulai dengan jalan melamar posisi. Kamu memiliki kebebasan untuk memutuskan seberapa banyak pekerjaan yang ingin kamu lakukan dan hasilkan. Hustle job benar-benar dibangun dari bawah ke atas dengan basis klien yang belum mapan.

 

3. Fleksibilitas dalam menjalani pekerjaan

Keduanya memang sama-sama dilakukan pada waktu luang atau di sela-sela pekerjaan utama. Side job biasanya bersifat freelance atau tidak terikat kontrak sehingga akan digaji sesuai dengan permintaan, tergantung berapa project yang kita ambil.

Sedangkan, hustle job bisa dilakukan sesuai waktu kosong yang kalian punya. Walaupun begitu, jangan sampai pekerjaan sampingan ini mengganggu penyelesaian pekerjaan utamamu ya.

 

4. Keuntungan yang diperoleh

Hustle job dapat dijadikan ajang untuk mengeksplorasi passion-mu di samping pekerjaan utama. Selain bisa menghasilkan uang, hustle job membantumu meningkatkan kepuasan hidup. Sedangkan, side job bisa digunakan sebagai investasi skill. Hal ini bisa jadi pegangan jika terjadi sesuatu pada pekerjaan utama. Selain itu, bisa memperluas jaringan kerja juga, lho.

 

Insipirasi Ide Pekerjaan yang Dapat Dilakukan

Credit Image - mscreview.com

Nah, kalau kamu sudah tahu perbedaan antara side hustle dan side job. Kini, ada beberapa ide pekerjaan yang dapat dilakukan, lho.

1. Beauty vlogger 

Menjadi beauty vlogger merupakan impian banyak orang saat ini, terutama bagi kaum wanita.

Jika kamu memiliki keahlian make-up yang keren – atau kamu suka mendandani dan memberikan tips make-up untuk banyak orang. Beauty vlogger merupakan kesempatan yang dapat kamu coba sebagai side hustle.

Kamu bisa memulainya dengan membuat video pendek di reels Instagram, atau membuat konten video di Youtube. Kamu bisa memulai dengan mencoba make-up dengan style yang berbeda-beda, review produk kecantikan, hingga memberikan tips-tips make-up.

Bila kamu senang menjalaninya, mungkin suatu saat nanti minat kamu sebagai beauty vlogger ini memberikan banyak peluang kedepannya. Kamu bisa mendapatkan penghasilan, atau kamu mendapat tawaran endorser dari salah satu brand kecantikan.

 

2. Food vlogger 

Saat ini, menjadi food vlogger juga tengah diminati oleh generasi milenial, lho.

Mengambil pekerjaan sampingan sebagai food vlogger cocok untuk kamu yang memiliki minat dan ketertarikan dalam dunia kuliner. Kamu yang suka mencoba makanan dari berbagai tempat, suka mereview berbagai tempat makan, dan suka memberikan rekomendasi makanan ke banyak orang, food vlogger cocok untuk kamu.

Kamu juga bisa memulainya dengan meng-upload sebuah gambar makanan di Instagram lalu diberi review, atau kamu juga bisa membuat video di reels Instagram dan Youtube dengan merekomendasikan salah satu tempat makan. Kamu bisa banget mencobanya, ya.

Berbagai peluang juga bisa kamu dapatkan dengan menjadi seorang food vlogger.

 

3. Personal shopper – jasa titip

Personal shopper atau yang diketahui dengan sebutan jasa titip cocok banget sebagai pekerjaan bagi kamu yang suka berbelanja atau sekedar jalan-jalan di Mall, atau event.

Banyak loh saat ini orang-orang yang tidak bisa pergi ke Mall. Mungkin bertempat tinggal yang jauh dari Mall, atau ibu yang baru melahirkan dan tidak memiliki waktu ke Mall. Biasanya mereka akan memanfaatkan jasa titip untuk mendapatkan barang yang diinginkan.

Cara yang dapat kamu lakukan bisa dengan membuat akun resmi di Instagram, lalu kamu mulai meng-upload beberapa produk yang tersedia di Mall. Dari sini, calon pembeli pun dapat melihat berbagai produk dan akan memakai jasa titip kamu.

Jasa titip juga bukan sebatas di Mall saja ya, bisa juga jasa titip di sebuah event pameran buku, tas, dan lain sebagainya.

Peluang yang bisa kamu dapatkan sebagai jasa titip pun sangat menarik, bahkan hingga jutaan rupiah bila kamu serius menjalaninya. Waktunya pun dapat kamu tentukan sendiri seperti pada weekend saja, jadi tidak akan mengganggu aktivitas pekerjaan utama kamu.

Hasrat belanja dan jalan-jalan terpenuhi, dompet juga semakin tebal.

 

4. Fotografer 

Mengambil side hustle sebagai seorang fotografer cocok buat kamu yang memiliki skill, dan minat dalam mengambil gambar. Kamu dapat memulainya dari proyek kecil, seperti foto untuk wisuda dan ulang tahun. Lalu, selanjutnya kamu dapat menjadi fotografer untuk prewedding dan acara wedding.

Setiap hasil jepretan kamera mu dapat kamu unggah di Instagram untuk membangun engagement. Kamu juga memiliki waktu yang bebas dan luang saat menjadi seorang fotografer.

 

5. Youtuber 

Siapa sih saat ini yang tidak mengetahui profesi ini? Ya, menjadi Youtuber sekarang sudah menjadi sebuah profesi. Nah, bagi kamu yang suka membuat video seputar kegiatan sehari-hari, memiliki berbagai macam ide yang menarik dan keren. Menjadi seorang Youtuber sebagai side hustle pun patut untuk dicoba.

Kamu memiliki waktu yang bebas dan tidak terikat untuk menentukan kapan membuat dan meng-upload video di Youtube.

 

Optimalkan Produktivitas, Boost Selalu Energi Tubuh!

Untuk memaksimalkan pekerjaan sampingan, tentu saja kamu perlu boost energi tubuh agar semakin produktif. Pastikan kamu sudah mendapatkan waktu istirahat yang cukup, rutin berolahraga, serta mendapat asupan makanan bergizi yang kaya vitamin dan mineral.

Kedua mikronutrien tersebut penting untuk menjaga energi tubuh, sehingga kamu dapat beraktivitas secara optimal, lho.

Selain dari makanan, vitamin dan mineral juga bisa diperoleh dari mengonsumsi multivitamin Enervon Active yang memiliki kandungan lengkap.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga energi tubuh agar tidak gampang lelah, serta menjaga daya tahan tubuh agar kamu tidak mudah jatuh sakit.

Tenang, kandungan vitamin C dalam Enervon Active ramah di lambung yang sensitif, kok!

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama untuk beraktivitas seharian.

Untuk mendapatkan produk Enervon Active, kamu bisa mendapatkannya dengan klik di sini, ya.

 

Jadi, itulah informasi mengenai side hustle, termasuk perbedaannya dengan side job dan ide pekerjaan yang bisa dilakukan. Apakah kamu tertarik menjalani kegiatan satu ini?

 

 

Featured Image – techbooky.com

Source – linovhr.com dan idntimes.com