Siapa di sini yang masih mengira kalau buah vitamin C tertinggi adalah jeruk? Wah, anggapan kamu ternyata salah, nih! Pasalnya, ada banyak deretan buah lainnya yang paling banyak mengandung vitamin tersebut.

Vitamin C merupakan salah satu jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Fungsi utamanya, yaitu mendukung pertumbuhan dan perbaikan sel, meningkatkan daya tahan, serta membantu menjaga kesehatan kulit.

Disebut juga sebagai asam askorbat, vitamin ini pun turut membantu mencegah anemia defisiensi dengan cara meningkatkan penyerapan zinc dari makanan. Dan berperan untuk melawan radikal bebas berkat fungsinya sebagai antioksidan.

Jadi, dari deretan fungsinya, tak heran kalau kamu membutuhkan asupan vitamin C dari makanan, ya? Nah, berikut ini 5 jenis buah vitamin C tertinggi yang bisa dikonsumsi rutin – ingat, bukan hanya jeruk, lho!

 

 

1. Jambu Biji

Credit Image - insanelygoodrecipes.com

Sedang mencari buah vitamin C tertinggi? Maka, jambu biji berada di deretan teratas. Satu buah jambu biji ukuran sedang mengandung lebih dari 200 miligram asam askorbat, jauh lebih tinggi dibandingkan jumlah yang ada pada jeruk.

Selain vitamin C, jambu biji juga kaya akan serat. Berdasarkan sebuah penelitian dalam Journal of Clinical and Diagnostic Research, zat gizi bermanfaat dalam jambu biji dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

 

2. Pepaya

Dikenal sebagai buah yang dapat membantu melancarkan buang air besar, namun, tahukah kamu bahwa buah yang satu ini juga kaya akan kandungan vitamin C? Ya, kandungan asam askorbat dalam setengah buah pepaya adalah sebesar 94 miligram, sedikit lebih tinggi daripada jeruk.

Buah pepaya juga mengandung serat, vitamin A, vitamin B kompleks – terutama vitamin B6, B2, dan B1, kalium, dan kalsium. Berkat kandungan ini, pepaya dapat membantu metabolisme tubuh, mengontrol tekanan darah, dan menjaga kesehatan mata, lho!

 

3. Kiwi

Credit Image - kompas.com

Buah vitamin C tertinggi lainnya, yaitu kiwi. Jenis buah satu ini pasti digemari banyak orang, ya? Satu buah kiwi berukuran sedang mengandung vitamin C sebanyak 64 miligram, atau setara dengan 71% kebutuhan orang dewasa dalam sehari.

Kiwi juga mengandung vitamin A, E, K, serta berbagai jenis mineral. Uniknya lagi, buah dengan kulit ‘berbulu’ ini mengandung asam lemak omega-3, zat gizi yang biasanya ditemukan pada ikan berlemak seperti salmon.

 

4. Lemon

Kemiripan lemon dan buah jeruk tidak terbatas pada rasanya saja, tapi juga kandungan vitamin C-nya. Sebuah lemon utuh lengkap dengan kulitnya mengandung 83 miligram vitamin C, atau setara dengan 92% kebutuhan orang dewasa dalam sehari.

Seperti buah-buahan sitrus lainnya, lemon juga memiliki beragam manfaat baik, termasuk mengandung antioksidan, serat, dan zat fitokimia. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa ketiga zat tersebut dapat memelihara kesehatan dan menurunkan risiko penyakit jantung.

 

5. Mangga

Credit Image - fairchildgarden.org

Meskipun tak sebanyak buah-buahan lain yang sudah disebutkan di atas, kandungan vitamin C pada mangga tetap patut diperhitungkan. Mengonsumsi setengah buah mangga dapat memberikan asupan vitamin C sebesar 60 miligram, atau setara 66% kebutuhan harian.

Mangga juga kaya akan serat dan fitokimia, seperti karotenoid dan polifenol. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa senyawa antioksidan polifenol yang ada dalam buah mangga berpotensi menurunkan risiko kanker payudara dan kanker usus besar.

 

6. Nanas

Buah vitamin C tertinggi lainnya yang tak kalah menyegarkan, yaitu nanas. Cukup dengan mengonsumsi satu potong besar nanas, kamu bisa memperoleh 79,3 miligram vitamin C. Jumlah ini dapat memenuhi 88% kebutuhan vitamin C dalam satu hari, lho!

Nanas juga terkenal dengan kandungan bromelain yang ada di dalamnya. Bromelain adalah enzim pencernaan yang membantu memecah protein dalam makanan dan mengurangi kembung. Enzim ini juga dapat berfungsi sebagai zat antiradang.

 

7. Stroberi

Credit Image - food.detik.com

Setengah gelas atau setara dengan 125 gram stroberi mengandung 52 mg vitamin C. Sedikit di bawah kandungan vitamin C dalam jeruk, tapi hal ini sama sekali tidak mengurangi manfaat stroberi bagi kesehatan.

Selain mengandung vitamin C, stroberi juga termasuk buah yang kaya antioksidan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa antioksidan pada stroberi mungkin berpotensi menurunkan risiko kanker dan penyakit saraf serta memperlambat penuaan.

Nah, tidak hanya dengan mengonsumsi buah vitamin C tertinggi saja, tapi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ini kamu juga disarankan meminum suplemen guna memaksimalkan pemenuhan vitamin C.

Ada pun multivitamin yang direkomendasikan, yaitu Enervon-C.

Enervon-C memiliki kandungan Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Kamu dapat mengonsumsinya dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg vitamin C, maupun Effervescent dengan kandungan 1000 mg vitamin C.

Multivitamin Enervon-C dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa dirasakan berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Yuk, segera dapatkan multivitamin Enervon dengan mengunjungi official store-nya di sini, ya!

 

Bukan jeruk, tapi ada buah vitamin C tertinggi lainnya yang dapat dijadikan sebagai pilihan. Apakah kamu sudah rajin mengonsumsi sejumlah buah di atas?

 

 

Featured Image – bola.com

Source – hellosehat.com