Tidak asing dengan tren berjalan kaki sampai 10 ribu langkah? Ya, hal ini ternyata bisa mendatangkan banyak manfaat baik bagi kesehatan, terlebih bagi kamu yang memasuki usia emas – atau 50 tahun ke atas.

Jalan kaki termasuk olahraga kardio yang sederhana dan dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Aktivitas ini pun bisa dijadikan sebagai kegiatan olahraga sederhana yang mudah untuk dilakukan, termasuk pemula.

Aktivitas fisik ini juga tidak membutuhkan banyak peralatan, kok. Kamu tinggal gunakan pakaian dan sepatu yang nyaman – lalu, luangkan waktu paling tidak 30 menit untuk melakukannya. Mudah dan praktis, kan?

Nah, untukmu usia emas, berikut ini deretan manfaat jalan kaki yang dapat diperoleh. Yuk, simak informasinya!

 

 

Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Credit Image - emc.id

Manfaat jalan kaki bagi usia emas yang pertama, yaitu membantu menurunkan risiko penyakit kronis, diabetes, penyakit jantung, dan stroke yang disebabkan oleh kadar gula darah serta tekanan darah yang tinggi.

American Diabetes Association merekomendasikan olahraga jalan kaki untuk menurunkan kadar gula darah dan risiko terkena penyakit diabetes.

Sebuah studi dari American College of Cardiology (2020) menunjukkan manfaat jalan kaki dalam menurunkan tekanan darah sistolik sekitar 0,45 poin untuk 1.000 langkah per hari. Tekanan darah yang lebih rendah juga bisa kamu dapatkan dengan meningkatkan durasi dan jumlah langkah kaki setiap harinya.

 

Mengurangi Gejala Varises

Seiring bertambahnya usia, varises sangat mungkin terjadi. Kondisi ini disebabkan oleh adanya pembengkakan pembuluh darah vena yang biasanya terjadi di sekitar betis dan kaki. Masalah varises kerap kali menyerang seseorang yang memasuki usia emas, ya.

Nah dengan berjalan kaki secara rutin, misalnya selama 30 menit per hari, hal ini bermanfaat untuk mengurangi munculnya pembengkakan dan rasa sakit pada varises, lho. Dengan demikian, pembuluh darah vena yang menonjol perlahan akan menghilang di bagian betismu.

 

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Credit Image - insanmedika.co.id

Manfaat jalan kaki bagi usia emas yang selanjutnya adalah membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Ini sangat penting mengingat seiring bertambahnya umur, maka sistem imunitas dapat ikut melemah. Hati-hati, kalau sudah begini, penyakit akan lebih mudah menyerang!

Selain dari konsumsi makanan sehat, berolahraga intensitas sedang seperti berjalan kaki juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Olahraga membantu meningkatkan jumlah sel kekebalan dalam tubuh. Hal ini sekaligus akan menurunkan risiko Anda terkena gejala parah akibat penyakit menular.

 

Memperbaiki Kualitas Tidur

Masalah sulit tidur dapat dialami oleh siapa saja, termasuk usia emas. Jika mengalaminya, maka berolahraga secara rutin bisa menjadi obat mujarab yang dapat kamu coba – dan dijadikan kebiasaan, ya.

Berjalan kaki setiap hari memiliki dampak positif pada kualitas dan lama tidur. Hal ini karena jalan kaki secara alami meningkatkan efek melatonin alias hormon tidur. Sementara itu, aktivitas fisik satu ini juga dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan yang dapat menyebabkan gangguan tidur yang kamu alami.

 

Meringankan Nyeri di Bagian Sendi

Credit Image - halodoc.com

Tidak hanya dapat memperkuat otot, manfaat jalan kaki juga bakal dirasakan di bagian sendi, lho. Kalau kamu seringkali merasakan nyeri sendi, dengan rutin berjalan kaki, maka permasalahan tersebut dapat teratasi.

Selain menguatkan otot, jalan kaki membantu meringankan nyeri di persendian tubuh.

Sebuah studi dalam American Journal of Preventive Medicine (2019) menguji orang dewasa yang lebih tua dari 49 tahun dan mengalami nyeri sendi pada tubuh bagian bawah. Hasilnya, partisipan yang berjalan kaki setidaknya 10 menit per hari atau satu jam per minggu dapat mencegah gejala nyeri sendi dan keparahannya pada kemudian hari.

 

Suasana Hati Ikut Membaik

Tahukah kamu bahwa manfaat jalan kaki ternyata serupa dengan mengonsumsi cokelat ketika suasana hati tengah memburuk? Ya, aktivitas ini juga bisa dijadikan sebagai mood booster dikala kamu sedang bad mood.

Pasalnya, orang yang rutin berjalan kaki mengalami perubahan sistem saraf yang menimbulkan rasa senang dan membuat suasana hati lebih baik. Suasana hati yang makin baik tentu akan membawa hari-hari yang kamu lalui penuh dengan produktivitas yang baik dan positif.

 

Tips Membiasakan Berjalan Kaki

Credit Image - popbela.com

Wah, kalau kamu sudah mengetahui berbagai manfaat olahraga satu ini, apakah kamu tertarik untuk rutin melakukannya? Agar bisa melawan rasa malas, ada berbagai tips yang dapat diterapkan, sehingga kamu terbiasa berjalan kaki, nih.

Berikut beberapa tipsnya:

  • Gunakan pedometer untuk membantu menghitung langkah kaki.
  • Kalau kamu masih suka membawa kendaraan pribadi, cobalah parkir di tempat yang sedikit jauh dari tempat tujuanmu, ya.
  • Cobalah sesekali menaiki tangga.
  • Gunakan waktu makan siang untuk memperbanyak langkah kaki.
  • Jika kamu lebih suka berbelanja via online, untuk membiasakan jalan kaki, coba kembali ke cara belanja konvensional. Jadi, kamu bisa berjalan kaki sembari mencari barang.

Dan jangan lupa untuk memaksimalkan manfaat berjalan kaki, pastikan kamu sudah mengimbanginya dengan pola hidup sehat lainnya, seperti mendapatkan asupan makanan bergizi, istirahat yang cukup, menghidrasi tubuh dengan baik, serta mencukupi kebutuhan mikronutrien, seperti vitamin dan mineral.

Vitamin dan mineral diperlukan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh agar lebih kuat dalam melawan penyakit. Kedua nutrisi ini bisa dimaksimalkan kebutuhannya dengan mengonsumsi multivitamin khusus usia emas.

Tak perlu bingung lagi, kok, dalam memilih multivitamin lengkap untuk usia emas, kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon Gold yang mengandung deretan nutrisi yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan di usia lanjut.

Enervon Gold mengandung vitamin C yang dapat menjaga daya tahan tubuh, vitamin B kompleks untuk membantu proses metabolisme yang berperan penting untuk pembentukan energi sehingga usia emas dapat tetap aktif, dan vitamin B9 – atau asam folat yang berperan untuk menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, Enervon Gold juga punya kandungan Omega-3 yang dikenal untuk menjaga kesehatan otak, mempertahankan fungsi kognitif, serta mengurangi risiko kehilangan memori. Dan tak ketinggalan kandungan lutein yang baik untuk mendukung kesehatan mata.

Ingin segera dapatkan multivitamin andalan usia emas ini? Segera klik disini – dan pastikan kamu rutin konsumsinya, ya!

 

Jadi, itulah deretan manfaat jalan kaki bagi usia emas. Tenang, aktivitas ini minim cedera dan tentunya aman dilakukan.

 

 

Featured Image – seniorslifestylemag.com

Source – hellosehat.com