Meski sering dianggap negatif karena dapat menambah berat badan, namun, dalam batas tertentu, lemak menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, bahkan harus diperoleh asupannya setiap hari.

Tapi sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, kan? Begitu pula dengan asupan lemak di dalam tubuh. Jika berlebihan, hal ini akan menyebabkan obesitas – dan disusul dengan penyakit berbahaya lainnya.

Untuk itu, kamu memerhatikan asupan lemak yang masuk ke dalam tubuh, utamanya dari makanan. Nah, guna menghempas lemak tubuh, ada pula beberapa asupan yang bisa kamu konsumsi secara rutin. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

 

 

Makanan Tinggi Serat

Credit Image - tokopedia.com/blog

Pada dasarnya, prinsip diet adalah mengurangi berat badan dengan cara menekan rasa lapar sehingga kamu merasa kenyang. Untuk itu, jenis makanan yang tinggi serat memang cocok dikonsumsi untuk kebutuhan dietmu.

Kamu perlu memilih makanan yang banyak mengandung serat, seperti buah-buahan. Serat pada buah biasanya banyak terkandung dalam kulitnya. Jadi biasakan mengonsumsi buah dengan kulitnya, asalkan sudah di cuci bersih, ya!

 

Ikan Berlemak

Salah satu kandungan nutrisi yang terdapat dalam ikan berlemak adalah protein dan lemak omega-3. Peran lemak sehat satu ini pun cukup penting untuk mengurangi stres yang dapat memicu peningkatan berat badan. 

Berbeda seperti protein pada umumnya, kandungan protein pada ikan juga berguna untuk memberikan rasa kenyang lebih lama. Beberapa jenis ikan berlemak, di antaranya salmon, tuna, sarden, hingga ikan kod. 

 

Teh Hijau

Credit Image - klikdokter.com

Sejak dulu, teh hijau memang telah dikenal sebagai ramuan berbagai penyakit. Tak hanya obat, teh hijau juga banyak digunakan sebagai sarana meditasi hingga pada akhirnya banyak dikenal oleh seluruh dunia. 

Ada banyak kandungan pada teh hijau, yang terpenting 3 nutrisi untuk membakar lemak dalam tubuh adalah kafeinkatekin, dan epigalokatekin galat. Kandungan pada teh hijau inilah yang juga cukup berpengaruh pada proses metabolisme tubuh. 

 

Kopi

Tak ada salahnya mengonsumsi kopi untuk kebutuhan dietmu. Sebab, kandungan kafein pada kopi juga dapat membantu meningkatkan metabolisme. Sehingga, dapat membakar kalori yang memicu penurunan lemak tubuh. 

Untuk menunjang kebutuhan diet, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi kopi hitam. Usahakan jangan menambahkan gula berlebih, ya!

 

Telur

Credit Image - cooking.nytimes.com

Bukan rahasia lagi kalau telur rebus memang menjadi salah satu menu andalan para pejuang diet. Tak hanya memberikan rasa kenyang, ternyata mengonsumsi telur juga mampu menyukupi asupan protein tinggi bagi tubuh. 

Umumnya, makanan berprotein juga turut meningkatkan kadar metabolisme. Sehingga, kalori pada tubuh pun akan terbakar. Namun, untuk memaksimalkan diet ini perlu juga dibarengi dengan sumber nutrisi lain untuk memperoleh gizi seimbang. 

 

Tips Diet yang Dapat Diterapkan

Selain mengonsumsi makanan yang dapat mengurangi lemak di dalam tubuh, untuk mengurangi berat badan, kamu juga perlu mengimbanginya dengan beberapa cara lain, seperti:

  • Menghitung jumlah kalori harian. Jadi, ada baiknya kamu mengetahui jumlah asupan kalori yang dibutuhkan. Agar berat badan tetap terjaga, pastikan jumlah kalori yang dikonsumsi dan aktivitas harian sudah seimbang.
  • Menghindari makanan yang tinggi garam, lemak jenuh, serta tinggi akan gula tambahan.
  • Hindari melewatkan waktu makan, karena hal ini justru akan menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi tertentu.
  • Makanlah sebelum lapar, sehingga porsi makan akan lebih terkontrol.
  • Batasi kebiasaan ngemil. Jika ingin konsumsi makanan ringan, pilihlah yang lebih sehat, seperti buah-buahan, kacang almond, atau yogurt.

Selain itu, dalam penerapan pola diet yang sehat, pastikan pula kamu juga sudah memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, sehingga tubuh tidak gampang lemas ketika melakukan aktivitas.

Tidak hanya dari makanan, kedua vitamin tersebut bisa kamu peroleh dari asupan multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti multivitamin dari Enervon.

Konsumsi multivitamin Enervon-C Effervescent yang memiliki kandungan 1000 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Untukmu kaum aktif dan produktif, direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – kandungan vitamin C yang ramah dilambung akan membantu menjaga imunitas, dan vitamn B kompleksnya dapat mengoptimalkan energi tubuh agar tidak mudah lelah.

Multivitamin Enervon-C dan Enervon Active pun dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa dirasakan berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Nah, tunggu apa lagi? Segera peroleh produk multivitamin Enervon pilihanmu dengan mengunjungi official store-nya di sini, ya.

 

Untuk menunjang program diet, kamu dapat mengonsumsi beberapa makanan di atas secara rutin. Agar hasilnya maksimal, dalam penurunan berat badan kamu juga perlu rutin berolahraga!

 

 

Featured Image – theglobeandmail.com

Source – idntimes.com