Membersihkan rumah seharusnya menjadi hal yang rutin dilakukan untuk menjaga kesehatan anggota keluarga. Namun, membersihkan rumah tidak hanya sekedar menyapu dan mengepel saja, lho.

Meskipun terlihat bersih, benda- benda di dalam rumah juga harus dibersihkan secara rutin. Nah berikut ini tips membersihkan rumah sehat yang bisa kamu coba dirumah, agar keluara tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam kuman maupun bakteri.

1. Membersihkan tempat tidur

Credit: beritagar.id

Membersihkan tempat tidur dengan sapu lidi saja ternyata tidak cukup. Tungau sering berkembang biak di tempat yang lembab dan hangat, dan lapisan kulit mati yang jatuh saat kamu tidur akan menjadi makanan bagi tungau.

Oleh karena itu, ganti seprei dan selimut secara rutin. Dan jemur Kasur serta bantal sesekali di terik matahari untuk membunuh kutu- kutu yang ada.

2. Jangan lupa membersihkan karpet

Credit: unhas.ac.id

Karpet seringkali menyimpan banyak debu, kotoran, dan sel kulit mati dari tubuhmu. Tentu saja ini bisa membuat karpet menjadi tempat berkembangnya para tungau.

Bersihkan karpet dengan menjemurnya, tepuk- tepuk untuk menghilangkan debu. Dan jika perlu, gunakan penyedot debu khusus yang bisa membersihkan tungau. Dengan begitu hunianmu pun dapat menjadi rumah sehat.

3. Bersihkan bulu binatang peliharaan

Credit: heltispot.wordpress.com

Jika kamu memelihara binatang peliharaan yang berbulu, kamu harus lebih sering membersihkan rumah. Bulu- bulu dari hewan peliharaan yang berjatuhkan di sekitar rumah bisa menyebabkan alergi.

4. Rutin bersihkan keset rumah

Credit: nakita.grid.id

Keset merupakan tempat berkumpulnya kotoran. Jadi, cuci dan jemur keset secara berkala untuk memastikan keluargamu tidak mengalami masalah kesehatan karena keset rumah yang terlalu kotor.

5. Perhatikan tanaman hias

Credit: life.trubus.id

Tanaman hias yang diletakkan dalam rumah bisa menyebarkan jamur, terutama jika kelebihan penyiramannya. Karena tingkat kelembaban yang tinggi bisa membuat jamur tumbuh.

Selain itu, beberapa jenis tanaman hias bisa berbahaya dan beracun bagi anak. Karena anak- anak senang bereksplorasi dengan tangan, bahkan memasukkan segala sesuatu ke dalam mulutnya.

6. Kebersihan tirai jendela juga harus diperhatikan

Credit: hello-PET.com

Tirai di jendela seringkali luput dari perhatian. Padahal, kebersihan tirai juga wajib diperhatikan. Kamu bisa mencucinya sebulan sekali, atau menghilangkan debu dari tirai dengan penyedot debu secara rutin.

 

Rumah sehat dan bersih tentunya akan membuat keluarga semakin nyaman. Ajaklah seluruh keluarga untuk membantu membersihkan rumah. Kegiatan ini bisa jadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan bersama keluarga, lho. Selain rumah sehat dan bersih, untuk menjaga kesehatan keluarga, jangan lupa untuk mengonsumsi vitamin C dari Enervon yang bisa membantu untuk jaga daya tahan tubuh.

 

Featured Image - hellosehat.com