Tahukah kamu bahwa setelah sakit tubuh perlu bekerja lebih keras untuk memperbaiki dan membangun kembali jaringan yang rusak? Jangan dianggap sepele, lho. Pasalnya, hal ini pun membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Nah, agar lekas pulih seutuhnya, maka kamu perlu mengonsumsi sejumlah asupan nutrisi – ini juga menjadi cara menjaga imunitas tubuh yang penting untuk diterapkan.

Ketika masa sakit atau dalam proses penyembuhan, sebagian orang, mungkin termasuk kamu mengeluh tidak berselera untuk makan. Padahal, mengonsumsi makanan sehat dalam jumlah yang cukup akan membantu pemulihan, nih.

Nutrisi yang cukup dari makanan bergizi berperan besar dalam proses penyembuhan setelah sakit. Ya, memang ada beberapa nutrisi tertentu yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga kamu tak lagi mudah sakit di kemudian hari.

Lantas, apa saja sih nutrisi yang wajib dikonsumsi untuk membantu pemulihan? Berikut ini 4 di antaranya. Simak informasinya secara lengkap, yuk, Enervoners!

 

 

1. Protein

Credit Image - lifestyle.okezone.com

Rutin mendapat asupan protein menjadi salah satu cara menjaga imunitas tubuh yang ampuh, lho. Gak percaya? Selain sebagai sumber energi, protein berfungsi untuk membangun otot, meningkatkan kekuatan tulang, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Protein adalah makronutrien, yaitu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah besar. Akan tetapi, beberapa jenis asam amino pembentuk protein tidak bisa diproduksi oleh tubuh, sehingga untuk mencukupi kebutuhannya, kamu harus mengonsumsi makanan sumber protein setiap hari.

Protein terbagi ke dalam dua jenis, yakni protein hewani yang bisa diperoleh dari daging, ikan, telur, susu, dan produk olahannya. Serta protein nabati yang didapati dari kacang-kacangan, tahu, temple, atau edamame.

Kedua sumber protein di atas sama baiknya, tetapi protein hewani memang mengandung asam amino yang lebih lengkap dibandingkan protein nabati. Selain itu, protein jenis ini lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Selain dari makanan, kamu juga bisa memperoleh protein dari susu terutama jika selama masa penyembuhan kamu masih cenderung malas makan. Susu yang mengandung protein whey, kasein, dan soy bahkan bisa memberikan kombinasi manfaat protein hewani dan protein nabati.

Pastikan juga susu yang dikonsumsi mengandung beta-hydroxy-beta-methylbutyrate (HMB), yakni senyawa hasil pemecahan asam amino esensial leusin.

Senyawa tersebut terbukti mampu menurunkan pemecahan protein dan meningkatkan pembentukan protein dalam tubuh untuk mengganti massa otot yang hilang selama sakit. Khasiat senyawa ini juga sangat berperan besar dalam mempercepat masa penyembuhan.

 

2. Karbohidrat

Sudah menjadi rahasia umum kalau karbohidrat merupakan nutrisi yang tak boleh dilewatkan, karena dapat membantu memberi energi pada tubuh.

Nah, selama penyembuhan setelah sakit, kamu perlu mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Tak hanya menjadi sumber energi, karbohidrat juga akan membantu proses penyembuhan luka dan berperan dalam menjaga kesehatan otot.

Pilihlah makanan sumber karbohidrat kompleks yang juga mengandung serat dan antioksidan, supaya gula darah tidak naik secara drastis. Contoh makanan dengan karbohidrat kompleks adalah ubi, oatmeal, nasi merah, nasi coklat, dan sayur-sayuran.

 

3. Lemak

Credit Image - healthlibrary.askapollo.com

Cara menjaga imunitas tubuh setelah sakit selanjutnya adalah mendapat asupan lemak yang cukup. Tenang, lemak tak selalu berdampak buruk pada tubuh, kok. Justru, kamu tetap membutuhkan asupan yang satu ini – asal memilih sumbernya yang tepat!

Sebagian orang mungkin akan menjauhi makanan yang mengandung lemak karena takut mengalami kolesterol tinggi atau obesitas. Padahal, bila dikonsumsi secukupnya dan jenisnya baik, lemak memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk mempercepat masa penyembuhan setelah sakit.

Beragam manfaat lemak antara lain memberi energi bagi tubuh, mendukung pertumbuhan sel, melindungi organ, meningkatkan imunitas, mengontrol peradangan, menjaga tubuh tetap hangat, membantu produksi hormon dan enzim, serta membantu penyerapan beberapa nutrisi penting.

Untuk memperoleh manfaat-manfaat tersebut, kamu harus selektif dalam memilih makanan sumber lemak. Konsumsilah makanan yang mengandung lemak baik, seperti ikan salmon, alpukat, keju, kacang-kacangan, chia seeds, atau yoghurt.

 

4. Vitamin dan Mineral

Cara menjaga imunitas tubuh yang terakhir, yaitu mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral – keduanya berperan penting dalam proses pemulihan tubuh setelah sakit.

Banyak jenis buah dan sayur yang mengandung beragam vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh, seperti vitamin A, C, D, dan E. Untuk memperoleh manfaat ini, kamu bisa mengonsumsi sayuran berdaun hijau, wortel, stroberi, jeruk, atau jambu biji.

Selain vitamin, buah dan sayur juga mengandung serat yang berperanan penting dalam menjaga berat badan tetap stabil dan menyehatkan saluran cerna.

Guna mempercepat proses pemulihan setelah sakit, tubuh juga membutuhkan beberapa jenis mineral, seperti asam folat, zat besi, zinc, dan selenium. Nah, kamu bisa mendapatkan mineral-mineral tersebut dari pasta dan roti yang telah difortifikasi, ayam, sea food, daging, atau yoghurt.

Baik vitamin maupun mineral memang dapat diperoleh dari makanan. Tapi, terkadang pemenuhan kebutuhannya belum maksimal, nih. Yang bisa kamu lakukan adalah rutin mengonsumsi multivitamin dari Enervon, ya.

Konsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang berguna untuk menjaga stamina agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu agar tidah mudah terserang penyakit.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat bantu mengoptimalkan metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. Yuk, tetap aktif bersama Enervon Active!

Tunggu apa lagi? Yuk, segera dapatkan produk Enervon Active pilihan kamu dengan membelinya di official store di Tokopedia.

 

Mendapatkan sejumlah asupan nutrisi tepat memang menjadi salah satu cara menjaga imunitas tubuh, termasuk setelah sakit. Dan agar pemulihan lebih cepat, kamu juga perlu banyak beristirahat – dan minum air putih yang cukup, ya!

 

 

Featured Image – mygnp.com

Source – alodokter.com